Mengenal Jenis-Jenis Asuransi dan Manfaatnya

0
1936
jenis asuransi manfaat asuransi

Toppers, apa Anda sudah ketahui jenis asuransi beserta manfaat asuransi yang kamu miliki? Program asuransi bisa membantu kita di saat-saat yang tidak terduga, sekaligus menjamin kelangsungan hidup kita dan keluarga nantinya. Jadi, ada jenis asuransi apa saja di Indonesia, dan apa manfaat asuransi tersebut? Simak ulasan singkatnya berikut!

Buat Asuransi Online

Asuransi jiwa

Jenis asuransi pertama adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa pada dasarnya berfungsi untuk melindungi keluarga saat ajal menjemput pemegang polis. Jangka waktu berlaku asuransi bervariasi dari 1 hingga 10 tahun. Salah satu manfaatnya termasuk penawaran uang pertanggungan langsung kepada penerima manfaat saat tertanggung meninggal dunia.

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang paling sering ditemui di Indonesia. Manfaat program asuransi satu ini adalah menjamin biaya kesehatan dan rawat inap apabila tertanggung jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Manfaat asuransi ini salah satunya benefit rawat inap yang meliputi biaya rumah sakit, laboratorium, biaya melahirkan, hingga UGD.

Baca juga:  Seberapa Pentingnya Asuransi Kesehatan?

Asuransi kendaraan bermotor

Asuransi khusus kendaraan ini berfungsi sebagai jaminan untuk mobil atau motor Anda. Selain membebaskan Anda dari beban keuangan, jenis asuransi ini juga memiliki manfaat untuk memberi perlindungan pada pemilik kendaraan saat terjadi hal-hal yang tidak terduga.

Asuransi properti

Asuransi properti adalah jenis asuransi pelindung rumah atau properti Anda dari bencana alam, kebakaran, sambaran petir, dan hal-hal tak diinginkan lainnya. Asuransi ini memberi manfaat bagi pemegang dengan cakupan besarnya, yakni rumah dan seisinya termasuk furnitur.

Asuransi pendidikan

Program asuransi pendidikan berfungsi untuk menyediakan sejumlah dana untuk kelangsungan pendidikan anak pemegang polis. Manfaat asuransi ini selain menjamin kelanjutan pendidikan anak, juga memberi ketenangan bagi orang tua yang beban ekonominya diringankan asuransi.

Asuransi bisnis

Jenis asuransi ini adalah asuransi khusus untuk pelindung bisnis atau usaha. Dengan membeli asuransi bisnis Anda dapat manfaat mengalihkan resiko ke pihak lain, seperti kebakaran, kecelakaan, bencana alam, dan lainnya. Tapi ingat, kegagalan bisnis Anda biasanya tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Asuransi umum

Asuransi umum adalah jenis asuransi pemberi jaminan pada pemegang polis dari nilai kerugian finansial saat terjadi musibah, dimana resiko dan jumlah penggantiannya dijamin di dalam polis. Manfaat asuransi umum untuk pemegang polis asuransi ini salah satunya meminimalisir kerugian pada pihak pemegang polis saat terjadi bencana.

Pinjam Uang Online

Dengan mengetahui jenis-jenis asuransi di atas beserta manfaatnya, tentun Anda sudah tidak pungkiri lagi pentingnya asuransi untuk menjaga kelangsungan hidup kita dan orang-orang tercinta. Mari cari program asuransi terbaik untuk Anda dari Tokopedia hari ini.

Bagikan Artikel