• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Berbagai Jenis Ayam Kate, Ayam Hias Asli Indonesia yang Cocok Jadi Peliharaan

02 August 2023

Share

Berbagai Jenis Ayam Kate, Ayam Hias Asli Indonesia yang Cocok Jadi Peliharaan

Dikenal sebagai ayam pendek yang unik, simak apa saja jenis ayam kate yang awal mulanya berasal dari Indonesia ini dan juga perawatannya.


Selain diternak untuk dimanfaatkan telur dan dagingnya, ayam juga biasa dijadikan hewan peliharaan di rumah.

Biasanya, di pagi hari ayam akan berbunyi “kukuruyuk” dan suara kokok ayam ini bisa menjadi alarm natural yang akan membangunkan kamu.

Memelihara ayam tidak begitu sulit, hanya perlu memperhatikan kebersihan kandang dan memberi makanan yang tepat, maka ayam akan tumbuh sehat. 

Jika Toppers baru ingin belajar memelihara ayam, ada pilihan unggas peliharaan yang cocok untuk kamu: Ayam Kate.

Ayam Kate merupakan jenis ayam hias asli Indonesia yang dikenal dengan keunikan bentuknya yang sangat kecil, dengan ukuran  ⅔ dari ayam biasanya.

Terdapat tiga tipe ayam kate, yaitu ori atau asli, miniatur yang merupakan hasil persilangan, dan ayam kate hasil rekayasa genetika.

Berbagai macam ayam kate sudah tersebar di seluruh dunia, dengan corak dan keunikannya masing-masing yang menambah nilai kecantikannya.

Simak lebih lanjut untuk mengetahui jenis-jenis ayam kate apa saja yang banyak ditemukan di Indonesia beserta cara merawatnya agar tumbuh sehat dan coraknya yang cantik tetap terjaga.

Baca Juga: 11 Hewan Peliharaan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan di Rumah

Jenis-jenis Ayam Kate

1. Ayam Serama

Pertama-tama, ada ayam Serama. Ayam ini merupakan jenis ayam kate yang paling digemari dan dipelihara oleh masyarakat Indonesia.

Ciri-ciri ayam serama adalah ekor lurus panjang dan postur tubuh kecil namun tegak. Corak ayam serama beragam tergantung jenisnya, karena sudah banyak terdapat persilangan ayam ini sehingga coraknya pun beragam.

Meskipun kecil, ayam serama pernah dijual dengan harga mencapai Rp 30.000.000 di kontes kecantikan ayam, lho! Semakin kecil bentuknya, semakin tinggi juga harga belinya. Menarik, bukan?

2. American Game Bantam

Berikutnya adalah American Game Bantam. Jenis ayam hias kate ini berasal dari Amerika serikat.

Meskipun termasuk ke dalam kategori ayam hias, tidak sedikit orang yang menjadikan American Game Bantam sebagai ayam aduan.

Berbentuk kecil dengan corak warna yang cantik tidak mengurangi kekuatan yang dimiliki ayam kate jenis ini. Kekuatannya tidak kalah dari ayam petarung lainnya.

3. Ayam Kate Berbulu

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa ayam ini memiliki bulu yang lebat sehingga disebut ayam kate berbulu.

Tau gak sih, Toppers, ternyata bulu jenis ayam kate ini lebatnya hanya di kaki saja. Bentuknya yang kecil dan tumpukan bulu di kakinya membuat ayam kate berbulu semakin menggemaskan.

4. Ayam Kate Pictave

Jenis ayam kate PIctave memiliki corak yang warnanya hampir sama dengan ayam Jago: didominasi warna hitam, putih, dan merah keorens-orenan.

Bentuk posturnya pun mirip, tetapi bedanya adalah ayam ini berukuran kecil dan tidak bisa tumbuh sebesar ayam jago. 

5. Ayam Kate Burma

Ayam Kate Burma (Burma’s Chicken) merupakan jenis ayam kate dari Burma, dengan penampilan paling unik.

Bulu kepala ayam kate ini sangat lebat, sampai-sampai matanya tidak bisa terlihat jelas. Dengan bulu yang didominasi warna putih, kamu harus sedikit rajin untuk merawat agar ayam ini tidak terlihat kumuh.

Baca Juga: 8 Merk Makanan Terbaik untuk Ikan Peliharaan

6. Ayam Kate Batik

Jenis ayam kate ini mendapatkan namanya karena memiliki corak yang bentuknya cantik seperti batik.

Kekhasan dan keunikan dari ayam hias ini adalah di setiap ujung bulunya terdapat garis berwarna hitam sehingga bentuknya terlihat seperti corak batik.  

Meskipun banyak ditemukan di Indonesia dan diberi nama batik, ayam kate batik sebenarnya berasal dari Inggris.

Motif atau corak pada bulu ayam kate batik bervariasi, namun biasanya didominasi warna putih, emas, dan coklat.

7. Ayam Rosecomb Bantam

Ayam kate jenis Rosecomb Bantam berasal dari Inggris dan termasuk ke dalam tipe ori yang berarti tidak terdapat versi besarnya. Ciri-ciri ay

am hias ini adalah mayoritas warna bulunya gelap campuran hitam dan hijau, kepala berwarna merah, dan jenggernya yang berwarna putih.

Keunikan dari ayam Rosecomb Bantam adalah bulu ekornya berhelai besar dan terpisah, menambah nilai kecantikan ayam hias ini.

8. Ayam Kate Jepang

Jenis ayam kate ini berasal dari Jepang, dengan kekhasan warna yang menyerupai warna negara asalnya.

Bulu di badannya berwarna putih, warna merah di kepala dan jenggernya, dan ekor yang biasanya berwarna hitam. Perpaduan warnanya membuat ayam hias ini terlihat elegan.

9. Ayam Kate Jambul Mekar

Kali ini ada jenis ayam kate menyerupai ayam Cemani yang identik dengan warna hitam pekat.

Perbedaannya dengan ayam Cemani adalah meskipun bulunya berwarna hitam, bagian badan yang ada di dalam bulu berwarna putih kecoklatan.

10. Belgian Bearded d’Anvers

Nah, terakhir ada jenis ayam kate dengan nama paling sulit nih, Toppers. Belgian Bearded d’Anvers merupakan ayam kate yang berasal dari Belgia, dengan corak unik dan muka yang sangat lucu.

Jenis ayam kate ini memiliki paling banyak nama lain, yaitu: Antwerp Belgian, Antwerpse baardkriel, dan Bearded d’Anvers Bantam. 

Baca Juga: 5 Jenis-jenis Kelinci Paling Lucu yang Cocok Jadi Peliharaan

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Ayam Kate

Setelah mengetahui berbagai macam jenis ayam kate, ada beberapa hal mendasar yang perlu kamu ketahui tentang cara merawat ayam kate.

Hal-hal di bawah ini perlu kamu lakukan agar ayam kate bisa tumbuh sehat, memiliki warna yang cantik, dan pada akhirnya bisa memiliki nilai jual tinggi.

  • Beri Makanan yang Sesuai

Agar ayam kate sehat dan bulunya tetap cantik, makanan yang diberikan harus sehat dan sesuai dengan porsi yang dianjurkan: 2 kali sehari.

Makanan yang dianjurkan adalah biji-bijian seperti beras merah, jagung, voer ayam, dan juga tambahan vitamin. 

Khusus untuk memberi makan anak ayam kate, haluskan terlebih dahulu agar bisa dicerna dengan sempurna.

  • Jaga Kebersihan Kandang

Jika ingin ayam kate peliharaan kamu tumbuh sehat, kebersihan kandang harus sangat diperhatikan.

Bersihkan kandang dua hari sekali menggunakan air bersih agar tidak dipenuhi kotoran ayam atau sisa makanan dan tidak lembab serta licin.

  • Perawatan Khusus Anak Ayam Kate

Karena bulunya belum tumbuh sempurna, anak ayam kate sangat sensitif terhadap suhu sekitar dan rentan terkena penyakit.

Tambahkan penutup kedap air di atas kandangnya dan kalau mau perlindungan ekstra, pasang lampu yang bisa menjadi semacam pemanas di sekitarnya agar tetap hangat. 

  • Bersihkan Bulu Secara Rutin

Bulu ayam kate merupakan bagian penting yang paling dilihat ketika mengikuti kompetisi atau ingin dijual.

Jika dirawat dengan baik, bulu dan corak yang ada pada ayam hias ini akan terlihat sangat cantik. 

  • Beri Waktu Bermain yang Cukup

Nah, ini merupakan tips merawat yang paling penting tetapi sering dilupakan. Sesekali di pagi atau sore hari, keluarkan ayam kate peliharaan kamu dari kandang dan biarkan bermain di taman rumah. Hal ini dilakukan agar ayam tidak stres dan bulunya tidak rontok.

Baca Juga: Jenis-jenis Hamster Jinak untuk Jadi Hewan Peliharaan

Itu dia, berbagai macam jenis ayam kate yang ada di Indonesia dan dijual secara bebas. Jika kamu memutuskan untuk menjadikan ayam kate sebagai hewan peliharaan di rumah, jangan lupa untuk mengikuti cara merawat yang tepat agar ayam kate bisa tumbuh secara sehat dan berkembang biak dengan baik, ya. Sederhana, kan?

Pastikan kamu melengkapi semua perlengkapan hewan peliharaan yang dibutuhkan mulai dari kandang ayam, tempat makan dan minum, dan juga jenis makanan yang tepat. Dapatkan semuanya secara lengkap dengan harga yang terjangkau, hanya di Tokopedia.

promo official store
Ingin beli barang yang dijamin ori? Cek di sini!

Share

Nada Karisma OktaviaNada Karisma Oktavia

Related Articles

10 Fakta Unik Kucing Caracal, Keistimewaan Kucing Asal Afrika
Perawatan Hewan
10 Fakta Unik Kucing Caracal, Keistimewaan Kucing Asal Afrika
© 2009-2024, PT Tokopedia