Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

3 Jenis Kucing Anggora dan Cara Merawatnya

28 January 2022
Share icon
Share
3 Jenis Kucing Anggora dan Cara Merawatnya

3 jenis kucing anggora yang bisa menjadi referensi jika ingin mengadopsi kucing. Yuk, cek jenis dan cara merawatnya!


Memelihara kucing menjadi salah satu hal yang menyenangkan bagi pecinta kucing. Dikenal sebagai hewan bulu yang menggemaskan, memelihara kucing dapat menjadikan hari-hari lebih ceria dan menyenangkan.

Faktanya, memelihara kucing juga memiliki banyak manfaat. Kehadiran kucing di sekitar kita dapat membantu mengendalikan mood, menurunkan stres dan kecemasan, menumbuhkan empati, serta mengurangi rasa sedih yang sedang dialami. Selain itu, kucing juga bisa menjadi teman yang setia, lho, Toppers!

Jenis kucing anggora menjadi salah satu jenis kucing yang banyak diminati. Untuk kamu yang berencana mengadopsi kucing anggora, ini dia 3 jenis kucing anggora yang bisa kamu jadikan hewan peliharaan, berikut cara merawatnya. Simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 JENIS KUCING PELIHARAAN FAVORIT YANG BERSAHABAT

3 Jenis Kucing Anggora

Kucing anggora dikenal sebagai kucing yang indah dan elegan. Bagaimana tidak, bulu halus yang lebat menyelimuti tubuh kucing anggora menjadi ciri khas yang disukai banyak orang. Anggora sendiri merupakan kucing yang berasal dari negara Turki dan sering disebut sebagai kucing Ankara di negara asalnya.

Pada dasarnya, jenis jenis kucing anggora terdiri dari 3 macam, yaitu peranakan asli anggora dengan anggora, perkawinan silang antara anggora dan persia, juga perkawinan silang antara anggora dan kucing kampung. Berikut ini ulasan 3 jenis kucing anggora untuk Toppers:

1. Anggora x Anggora

article

Sumber Gambar: iStockPhoto

Jenis kucing anggora asli merupakan jenis kucing yang harganya cukup mahal di Indonesia. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini harga yang perlu kamu bayarkan untuk mengadopsi kucing anggora asli di rumah:

  • Untuk usia 3 bulan, harganya berkisar 3 juta - 7 juta rupiah.
  • Untuk usia 6 bulan, harganya mulai dari 8 juta - 12 juta rupiah.

Variasi harga adopsi kucing anggora biasanya dibedakan dari usia kucing dan status vaksinasi. Kucing yang sudah divaksin tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan yang belum.

Ciri kucing anggora peranakan asli adalah wajahnya yang runcing, hidung mancung, tulang besar, dan tubuh panjang. Umumnya, kucing anggora memiliki warna bulu putih bersih dan tidak mudah berubah. Ini dia yang menjadi ciri khas kucing anggora yang disukai banyak orang.

2. Anggora x Persia

article

Sumber Gambar: hewany.com

Jenis kucing anggora selanjutnya merupakan hasil perkawinan silang antara kucing anggora dan kucing persia. Tentunya, harga kucing ras campuran ini tidak semahal harga kucing anggora asli. Jika kamu ingin mengadopsi jenis kucing anggora ini, berikut ini budget yang perlu kamu siapkan:

  • Untuk usia 3 bulan, harganya berkisar 600 ribu - 1 juta rupiah.
  • Untuk usia 6 bulan, harga adopsi kucing Anggora x Persia berkisar 1,5 juta - 2,5 juta rupiah.

Ciri khas kucing Anggora x Persia memiliki bentuk tulang yang besar dan tubuh yang panjang seperti kucing Anggora. Namun, wajah agak bulat dan hidung pesek seperti kucing Persia. Perpaduan unik dan menggemaskan ini menjadi salah satu ciri khas kucing Anggora x Persia yang disukai banyak orang.

3. Anggora x Kampung

article

Sumber Gambar: hewany.com

Jenis kucing anggora yang ketiga adalah hasil perkawinan silang antara kucing anggora dan kucing kampung (domestik). Jenis kucing anggora yang satu ini paling banyak ditemukan di Indonesia dan memiliki harga adopsi yang paling terjangkau. Berikut ini ringkasannya:

  • Untuk usia 3 bulan, harganya berkisar dari 200 ribu - 500 ribu rupiah.
  • Untuk usia 6 bulan, harganya mulai dari 600 ribu rupiah.

Hasil peranakan kucing anggora dan kucing kampung juga dikenal dengan sebutan kucing anggora domestik. Kucing ini memiliki ciri khas pada bagian wajah yang mirip kucing anggora, namun memiliki badan lebih kecil dan bulu yang lebih pendek mengikuti kucing kampung.

BACA JUGA: 5 CARA MERAWAT KUCING PERSIA, HEWAN LUCU DENGAN BULU INDAH

Cara Merawat Kucing Anggora

Jenis kucing anggora mempunyai cara perawatan yang tidak jauh berbeda dengan kucing domestik atau kucing-kucing jenis lainnya. Secara umum, kamu hanya perlu melakukan perawatan dasar di bawah ini ketika memutuskan untuk memelihara kucing anggora. Berikut ini cara merawat kucing anggora untuk kamu yang berencana memelihara kucing jenis ini:

1. Beri Makan Bernutrisi dan Tepat Waktu

Sama seperti jenis kucing lainnya, kamu bisa memberi makan kucing anggora dengan cat food dari merek tertentu yang khusus untuk kucing anggora. Selain itu, hewan peliharaan ini juga bisa diberikan makanan bergizi buatan sendiri, seperti daging dan ikan.

2. Melakukan Vaksin

Penting untuk melakukan vaksinasi pada kucing peliharaan. Vaksinasi bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kucing peliharaan kesayanganmu agar terhindar dari gangguan kesehatan dan berbagai macam penyakit.

3. Potong Kuku secara Rutin

Sama layaknya dengan kucing pada umumnya, kucing anggora memiliki kuku panjang yang wajib dipotong rutin. Kuku kucing yang panjang dapat membahayakan kucing yang suka menggaruk, juga pemiliknya. Alih-alih dicakar, lebih baik memotong kuku kucing sebagai bentuk pencegahan, kan, Toppers?

4. Rajin Menyisir Rambut

Kucing anggora memiliki rambut lebat dan panjang. Pemilik hewan dapat menyisir rambut kucing secara rutin menggunakan sisir kucing yang biasanya berbentuk sikat logam bergigi. Selain itu, memiliki bulu bersih yang terawat juga akan membuat kucing peliharaanmu nyaman.

5. Cek dan Bersihkan Telinga

Dikarenakan memiliki rambut yang lebat dan panjang, seringkali rambut menutupi telinga kucing anggora. Pemilik kucing dapat membeli peralatan dan perlengkapan untuk membersihkan telinga kucing, seperti korek kuping kucing dan pembersih telinga kucing yang berbentuk obat tetes. Dengan begitu, tentunya akan lebih memudahkan dalam proses membersihkan telinga kucing kesayanganmu.

7. Rutin Menyikat Gigi

Rutin menyikat gigi kucing juga wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan dan mencegah dari kemungkinan timbulnya berbagai penyakit mulut dan gigi. Membersihkan gigi kucing dapat dilakukan memakai sikat berbulu lembut sebagai sikat gigi kucing dan pasta gigi khusus kucing.

8. Rutin Membawa ke Dokter Hewan

Kontrol ke dokter hewan juga merupakan salah satu cara merawat kucing anggora yang dianjurkan. Sebab, beberapa kucing rentan terserang penyakit jika tidak dirawat dengan baik.

Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga perlu melakukan medical check-up atau pemeriksaan medis secara umum untuk mengetahui kondisi medis yang dimiliki kucing. Hal ini dapat dilakukan dengan membawanya dokter hewan. Tujuannya, agar kita dapat mengetahui dan bahkan mencegah kemungkinan terjadinya penyakit atau gangguan kesehatan tertentu pada kucing. Dokter hewan bisa membantu supaya kucing tetap sehat dan tidak mudah sakit.

BACA JUGA: 8 MERK MAKANAN KUCING TERBAIK DAN BERNUTRISI


Itu dia 3 jenis kucing anggora dan cara merawatnya yang bisa kamu jadikan referensi sebelum mengadopsi kucing anggora. Semua jenis kucing anggora memiliki ciri khas tersendiri dan sama-sama dapat menjadi teman yang baik untuk menemani hari-harimu.

Persiapkan makanan kucing, perlengkapan kucing, dan produk perawatan kucing sebelum memelihara kucing impianmu! Semua kebutuhan kucingmu kini bisa didapatkan di Tokopedia. Produk lengkap, berkualitas dengan harga yang variatif, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kucingmu. Yuk, cek Tokopedia sekarang!

article

Penulis: Nabila Zahra Apriliani

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    Daftar Juara Uber Cup dari Masa ke Masa, Siapa Terbanyak?
    Hobi dan Gaya Hidup
    Daftar Juara Uber Cup dari Masa ke Masa, Siapa Terbanyak?
    Editor Picks
    Daftar Juara Uber Cup dari Masa ke Masa, Siapa Terbanyak?
    Daftar Juara Uber Cup dari Masa ke Masa, Siapa Terbanyak?
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia