• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

30 Kata Motivasi Puasa yang Bijak & Membuat Semangat

04 March 2024

Share

30 Kata Motivasi Puasa yang Bijak & Membuat Semangat

Agar semangat menjalani puasa Ramadan. Berikut kata-kata bijak yang dapat kamu bagikan untuk memotivasi orang lain untuk berpuasa.


Puasa merupakan kewajiban umat muslim yang terasa ringan bila dijalankan dengan penuh ketaatan dan rasa syukur. Namun, sebagai manusia biasa, ada waktunya puasa menjadi terasa lebih berat dari biasanya.

Alasannya bisa karena kondisi tubuh sedang tidak fit, tidak bangun untuk sahur atau karena alasan aktivitas yang berat dan menguras tenaga. Oleh karena itu, kita membutuhkan motivasi agar tetap terjaga dan menjalankan ibadah puasa secara penuh.

Selain itu, kata-kata-motivasi Ramadan juga dibutuhkan untuk menyemangati anak-anak yang mulai ikut berpuasa. Apa saja yang bisa dikatakan untuk jadi motivasi menuju bulan suci? Simak selengkapnya di sini!

Baca Juga: Persiapan Sambut Puasa, Bulan Ramadan Semakin Berkah

Kata-Kata Motivasi Bulan Puasa

keluarga muslim puasa bersama

Sumber Gambar: Homage Malaysia

Nah, untuk kamu yang sedang membutuhkan suntikan semangat agar bisa meneruskan puasa hingga hari Lebaran tiba, berikut ini kata motivasi puasa yang baik untuk kamu baca dan bagikan pada orang lain mulai dari teman terdekat hingga keluarga tercinta baik yang kecil, muda, maupun tua!

1. "Ramadan bukan hanya tentang menagan lapar, tapi juga tentang mengelola emosi dan isi hati. Semoga Ramadan ini jadi pintu bagi kita untuk memperbaiki diri, selamat berpuasa!"

2. “Bulan Rajab adalah bulan bercocok tanam. Bulan Sya'ban adalah bulan menyiram. Bulan Ramadan adalah bulan tuaian hasil tanaman.”

3. “Dengan berpuasa, kita mengatakan: Ya Allah, aku menyukai makan dan minum. Aku suka memenuhi hasratku akan makanan dan minuman. Namun, aku lebih mencintaimu daripada makanan dan minuman. Oleh karenannya, aku berhenti melakukan apa yang aku cintai untuk mengikuti perintah-Mu.”

4. “Menahan lapar dan haus adalah 1% dari kewajiban saat puasa ramadhan. 99% sisanya adalah kewajiban untuk membawa hati dan jiwamu lebih dekat pada Allah SWT.”

5. "Bulan yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW untuk berpuasa sunah adalah bulan Sya'ban, kemudian beliau menyambungnya dengan puasa Ramadan."

6. "Kesempatan menabung pahala sayang untuk dilewatkan. Ramadhan adalah waktunya mengeratkan hubungan dengan yang Maha Esa sebab fajar Ramadhan menghampiri dunia seperti selembar sutra yang menghapus noda, sucikan hati, dan bersihkan jiwa."

7. "Orang yang bergembira akan hadirnya bulan Ramadan, jasadnya tidak akan tersentuh sedikitpun oleh api neraka."

8. "Dengan berpuasa, manusia akan semakin bersyukur karena paham bahwa dirinya telah diberi nikmat begitu banyak dibanding orang-orang fakir, miskin, dan yatim piatu yang sering merasakan rasa lapar."

9. “Barangkali Ramadan tahun ini adalah Ramadan terakhir kita, mari didik lisan agar lebih redup lagi dari celaan dan cacian. Terangkan lagi lisan kita dengan kalimat-kalimat yang menenangkan dan meneduhkan. Sebab lisan itu mampu menjadikan kita berada di surga atau neraka.”

10. “Ramadhan itu seperti bunga langka yang mekar setahun sekali dan saat kamu mulai mencium aroma harumnya, bunga itu menghilang untuk muncul di tahun berikutnya.”

11. "Hati yang teguh adalah hati yang tetap dekat dengan-Nya bahkan ketika terluka, tetap memanggil nama-Nya bahkan ketika sedang merasa sendiri, dan tetap percaya akan mukjizat-Nya ketika asa tampak tiada. Teguhkan hati di bulan suci, semoga kita bisa merasakan nikmat dan berkahnya Ramadan tahun ini."

12. “Puasa adalah tameng yang akan melindungimu dari panasnya api neraka dan mencegahmu jatuh ke dalam dosa.”

13. “Doa orang berpuasa yang didaraskan saat waktu berbuka akan dikabulkan dan tidak pernah ditolak.”

14. "Ramadan adalah bulan memberi pertolongan dan bulan Allah memberikan rezeki kepada mukmin di dalamnya."

15. “Ramadan adalah bulan sabar, sedangkan sabar pahalanya adalah surga.”

Baca Juga: Dasar Perhitungan Kalender Hijriah dan Perbedaannya dengan Masehi

16. “Di bulan Ramadhan gerbang surga terbuka, sedangkan gerbang neraka tertutup dengan iblis terantai di dalamnya.”

17. “Taklukkan hasrat dan nafsumu, maka kebajikanmu akan disempurnakan.”

18. “Obat yang terbaik adalah istirahat dan berpuasa.”

19. "Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Berpuasa dan mintalah pada Allah maka dosamu akan diampuni.”

20. “Ramadhan adalah waktu untuk mengurangi dosa dengan bonus pahala, silaturahmi yang lebih erat, dan badan yang lebih sehat.”

21. “Bulan suci Ramadan adalah momentum yang sangat membantu kita untuk mawas diri, melakukan introspeksi, dan memperbaiki diri.”

22. "Rajab adalah bulan istighfar, Sya'ban ialah bulan salawat kepada Nabi SAW, manakala Ramadan adalah bulan Al-Quran."

23. "Ibarat bunga yang hanya mekar setahun sekali, harum dan indahnya Ramadan terlalu berharga untuk dilewati. Persiapkan diri sejak dini, tingkatkan iman dalam 30 hari!"

24. “Bulan Ramadan, siapa yang siap berlaga, maka surga akan menyambutnya di alam baka.”

25. "Awal bulan Ramadan dipenuhi rahmat, pertengahan bulan Ramadan adalah pintunya ampunan, dan pengujung bulan Ramadan adalah kebebasan dari api neraka. Ketika nikmat diberikan segitu mudahnya, tugas kita adalah menyambutnya dengan tangan terbuka. Semangat ibadah di bulan Ramadan! 

26. "Puasa adalah bukti kesabaran dan pengendalian diri. Semakin keras ujian, semakin besar pahala yang Allah sediakan untukmu."

27. "Saat lapar dan dahaga menghampiri, ingatlah betapa beratnya perjuangan hidup nabi-nabi dan para sahabat. Puasamu adalah bagian dari ikhtiar menuju kesempurnaan iman."

28. "Puasa mengajarkan kita untuk merasakan kepedihan orang-orang yang kurang beruntung. Jadikan puasamu sebagai wadah untuk berbagi dan memberi kepada sesama."

29. "Setiap detik puasa adalah kesempatan untuk menghapus dosa-dosa lalu. Gunakan dengan bijak, dan perbaikilah dirimu di bulan yang mulia ini."

30. "Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan lidah dari perkataan buruk, hati dari kebencian, dan tindakan dari perbuatan yang tak berkenan kepada Allah."

Semoga kata-kata ini dapat memberikan semangat dan motivasi dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan ini.

Baca Juga: Doa Berbuka Puasa Ramadhan yang Benar serta Arti dan Kapan Membacanya

Itulah kata motivasi puasa yang baik untuk kamu baca dan kamu bagikan agar puasa ramadhan jadi lebih semangat. Nah, bagi kamu yang memerlukan kebutuhan sehari-hari selama Ramadan, kamu bisa membelinya dengan penawaran terbaik di Tokopedia!

tokopedia salam

Temukan semua kebutuhan umat muslim, mulai dari perlengkapan ibadah hingga zakat hanya di Tokopedia Salam!

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

Share

Amanda Rafiqah PutriAmanda Rafiqah Putri

Related Articles

6 Rukun Iman dalam Islam: Urutan dan Maknanya
Salam
6 Rukun Iman dalam Islam: Urutan dan Maknanya
© 2009-2024, PT Tokopedia