• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Keuntungan Menjalani Kehidupan yang Sederhana

20 May 2022

Share

10 Keuntungan Menjalani Kehidupan yang Sederhana

Berikut ini keuntungan hidup sederhana yang akan membuat hidup kamu lebih bermakna. Gaya hidup yang sederhana juga bisa membuat kamu bahagia, Toppers.


Keuntungan menjalani kehidupan sederhana bukanlah membiarkan diri berada di kehidupan terpuruk. Melainkan, hidup tanpa kekhawatiran akan segala huru hara finansial.

Zaman sekarang, semuanya membutuhkan uang. Namun, bagi beberapa orang uang bukanlah segalanya. Ada yang ingin bahagia dengan hidup secara sederhana.

Toppers, mulailah hidup sederhana dengan belajar hidup hemat terlebih dahulu. Untuk berubah menjadi lebih baik akan membutuhkan proses, tapi keuntungannya sangatlah besar bagi kehidupanmu.

Keuntungan Hidup Sederhana

Tertarik untuk hidup sederhana, Toppers? Pola hidup ini bakal membuat hari-hari kamu menjadi lebih efektif dan bahagia. Cek daftar berikut ini untuk mengetahui keuntungan hidup sederhana yang penuh manfaat.

1. Terbebas dari Utang

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Keuntungan pertama hidup sederhana adalah hidup kamu terbebas dari utang. Ini artinya, setiap uang yang kamu hasilkan akan dialokasikan untuk hal yang lebih berguna. Untuk menabung atau disimpan menjadi dana darurat, misalnya.

Kamu tidak lagi hidup dari gaji ke gaji. Karena orang dengan gaya hidup sederhana tidak akan terlena untuk memenuhi kepuasan pribadi, dia tahu mana kebutuhan yang harus dibeli dan sesuai kemampuannya.

2. Mengurangi Stres

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Hidup sederhana mampu mengurangi stress, lho, Toppers. Bagaimana bisa? Dengan hidup sederhana tekanan hidup kamu bakal berkurang karena selalu merasa berkecukupan untuk segala hal.

Secara tidak sadar kamu juga bakal merasa bersyukur dengan kehidupan yang seperti ini. Damai dan tentram, tidak lagi ada ambisi memiliki ini dan itu, kamu bisa menemukan kebahagiaan versi dirimu sendiri.

3. Investasi dan Berbagi

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Toppers, alokasi uang kamu bisa digunakan untuk investasi jangka panjang, baik itu reksa dana ataupun saham. Sebelum masuk ke dunia investasi, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu produk investasi yang akan kamu beli, ya.

Manfaat investasi jangka panjang akan terasa setelah beberapa tahun kemudian. Dengan investasi aset kamu akan semakin bertambah. Setelah itu, orang yang hidup sederhana jika memiliki uang berlebih akan merasa senang untuk membagikan sebagian hartanya kepada orang yang membutuhkan.

4. Hidup Tanpa Beban

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Ya, keuntungan dari hidup sederhana yang lain adalah kamu dapat hidup tanpa beban. Kamu tidak lagi memiliki keharusan untuk membeli barang yang lagi hits atau sesuatu yang tidak memiliki kepentingan. Dengan kata lain, kamu sudah merasa cukup dengan kehidupan kamu sekarang ini.

5. Mampu Memilah Kepentingan

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Hidup sederhana artinya pola hidup kamu harus bijak. Toppers harus menyesuaikan pendapatan dengan kebutuhan secara hemat, tahu mana dana yang digunakan untuk menabung atau untuk berbagi.

Kamu juga perlu menentukan skala prioritas demi menyeleksi kebutuhan atau hanya keinginan belaka. Dengan adanya skala prioritas, pengeluaran kamu lebih terencana secara efektif.

6. Memiliki Waktu Luang

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Pola hidup yang sederhana, kamu akan memiliki waktu luang lebih banyak. Kamu bakal fokus ke hal-hal yang penting untuk hidup kamu, seperti bekerja, belajar, bersosialisasi secukupnya, beribadah, hingga beristirahat.

Ya, kamu bakal memikirkan kembali kegiatan mana saja yang bermanfaat kamu, sehingga memiliki waktu luang lebih banyak. Gunakanlah waktu luang tersebut untuk hal-hal yang positif.

7. Belajar Hal Baru

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Dengan adanya waktu luang yang lebih, kamu bisa gunakan waktu untuk belajar hal baru. Tidak perlu jauh-jauh, hidup sederhana memungkinkan kamu untuk menghemat kebutuhan makan, oleh sebab itu kamu perlu membuat makanan sendiri.

Jadinya, kamu belajar skill memasak yang begitu penting untuk menghemat kebutuhan primer. Selain itu, kamu dapat belajar juga skill yang dibutuhkan sekarang ini, contohnya coding, melukis, desain gambar, menulis, dan lain sebagainya.

8. Tidak Bergantung pada Orang Lain

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Gaya hidup sederhana memungkinkan kamu untuk hidup mandiri, tanpa bergantung dari orang lain. Karena, kamu telah memiliki keamanan finansial yang terjamin serta tujuan hidup yang sebenarnya.

Kamu hanya perlu fokus kepada meningkatkan diri sendiri dan hidup hemat. Jangan sampai tergoda untuk meniru hidup orang lain yang berfoya-foya.

9. Lebih Bersyukur Menjalani Kehidupan

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Menerapkan gaya hidup sederhana, kamu akan lebih bersyukur atas nikmat dari hal-hal kecil dalam hidupmu. Karena tujuan utama dari hidup sederhana selain hemat adalah bisa lebih mensyukuri apa yang telah dimiliki.

Kamu akan menerima kondisi hidup yang sekarang ini dan semakin dekat dengan dirimu. Buatlah kebahagiaan versi kamu sendiri dengan hidup sederhana, Toppers.

10. Hidup Lebih Sehat

Keuntungan Hidup Sederhana

Sumber Gambar: Unsplash

Jika sudah menentukan untuk melaksanakan pola hidup sederhana, maka kamu akan komitmen menjaga kesehatan. Tidak lain karena sehat itu mahal harganya, sehingga lebih baik mencegah daripada mengobati.

Oleh karena itu, Toppers, buatlah rencana olahraga rutin setiap hari. Tidak perlu ke gym, lakukanlah home workout yang simple agar tubuhmu tetap bugar dan kuat.

Baca juga:

Keuntungan menjalani hidup besar sangat banyak, ya, Toppers. Kamu bakal lebih bahagia dan masa depan lebih terjamin dengan melakukan investasi.

Bingung untuk mencari tempat investasi yang pas? Coba ikuti investasi reksa dana atau emas di Tokopedia. Karena investasi di sini aman diawasi oleh OJK dan bisa menguntungkan.

Penulis: Melly Yustin Aulia

Share

Keefe AdrianKeefe Adrian

Related Articles

Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Mengaktifkannya, Bisa Online!
Keuangan
Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Mengaktifkannya, Bisa Online!
© 2009-2024, PT Tokopedia