Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Menabung: Mulai Sekarang Agar Tidak Menyesal!

26 July 2021
Share
10 Manfaat Menabung: Mulai Sekarang Agar Tidak Menyesal!

Agar tidak menyesal di hari tua, ayo mulai menabung sekarang juga! Berikut ini merupakan 10 manfaat menabung yang bisa kamu dapatkan di masa depan.


Sejak kecil dulu, kita pasti sudah dikenalkan dengan kebiasaan menyisihkan sebagian uang jajan untuk disimpan dalam celengan.

Pada saat kecil, kita memiliki berbagai motivasi untuk menabung mulai dari membeli peralatan sekolah, mainan, hingga sepeda.

Namun, seiring berjalannya waktu, beberapa orang justru mulai kehilangan kebiasaan baik ini. Beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit atau jasa peminjaman uang bahkan mendorong penggunaan uang yang kurang bijak.

Menginjak usia dewasa, kita pasti akan memiliki banyak kewajiban dan keinginan. Keinginan dan kewajiban ini bisa terpenuhi jika kamu menabung.

Nah, jika kamu memerlukan motivasi untuk menabung, bacalah 10 manfaat menabung yang perlu kamu tahu.

Tujuan dan Manfaat Menabung

1. Dana Kebutuhan Mendadak

manfaat menabung
Sumber gambar: Pexels

Beberapa hal dalam hidup memang bisa kita rencanakan. Namun, beberapa lainnya bisa datang tiba-tiba sebagai keadaan darurat.

Hal-hal seperti kecelakaan atau saluran air yang rusak bisa jadi membutuhkan uang yang cukup banyak.

Hal ini akan semakin membuatmu bingung jika tidak memiliki tabungan. Ada banyak opsi untuk mendapatkan uang dalam keadaan mendesak seperti pinjaman atau menjual barang berharga yang kamu miliki. Namun, dana-dana tersebut sulit untuk cair dalam waktu yang cepat.

Baca Juga: 13 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021 & Sumber Kekayaannya

2. Bertahan Saat Tidak Bekerja

Ada banyak kondisi yang mendorong ketidakstabilan ekonomi, contohnya adalah pandemi Covid-19.

Kondisi krisis ini bisa juga memberi dampak langsung pada kondisi ekonomimu secara langsung, khususnya ketika perusahaan tempatmu bekerja merumahkan karyawannya.

Tabungan akan sangat membantu untuk bertahan hidup di situasi ini. Jika kamu menyiapkan beberapa uang untuk ditabung, kamu bisa mencari pekerjaan atau peluang baru dengan lebih tenang.

3. Ketenangan dan Rasa Aman

Ada perasaan tenang ketika kamu memiliki tabungan yang cukup. Baik itu untuk dana darurat atau kamu gunakan sebagai dana untuk bersenang-senang. Kamu mungkin perlu sedikit berhemat agar tak perlu was-was di kemudian hari.

4. Mengurangi Utang

manfaat menabung
Sumber gambar: Pexels

Ada banyak alasan untuk menabung, salah satunya adalah membatasi jumlah hutang. Menabung di hari ini akan mengurangi kemungkinan untuk berhutang di saat keadaan mendesak.

Menabung juga akan sangat menguntungkan karena kamu tidak perlu membayar bunga dari pinjaman karena kebutuhan yang mendadak.

5. Biaya Liburan

manfaat menabung
Sumber gambar: Pexels

Untuk kamu yang hobi melakukan travelling, menabung sangat wajib hukumnya karena hobi yang satu ini membutuhkan biaya yang besar. Meski ini bukan hobi utamamu, kamu bisa menjadikannya motivasi menabung karena bisa saja kamu merasa lelah setelah bekerja dalam waktu yang lama.

investasi emas
Investasi emas masa kini dengan cara yang lebih praktis dan aman di sini!

6. Dana Melanjutkan Pendidikan

manfaat menabung
Sumber gambar: Pexels

Apakah kamu masih tertarik untuk melanjutkan pendidikan? Jika iya, artinya kamu harus mulai menyiapkannya dari sekarang.

Hal ini sangat penting terlebih jika pendidikan lanjut bisa menunjang penambahan kompetensi di bidang kariermu.

Baca Juga: 10 Orang Terkaya di Dunia & Bisnis yang Membuat Mereka Kaya

7. Mempercepat Membeli Hunian

manfaat menabung
Sumber gambar: Pexels

Membeli rumah menjadi impian banyak orang meski kini rumah memiliki harga yang tinggi dan membuat pembelian rumah sulit untuk dicapai. Salah satu cara untuk memiliki hunian adalah dengan menyicilnya.

Namun, biasanya kamu harus memiliki uang muka. Uang muka inilah yang harus membuatmu perlu menabung lebih banyak. Jika kamu sudah memiliki uang yang cukup untuk membayar uang muka, artinya kamu bisa selangkah lebih dekat dengan rumah impian, Toppers!

8. Biaya Pernikahan

manfaat menabung
Sumber gambar: Pexels

Banyak dari kita menginginkan pesta pernikahan yang meriah dan dapat dikenang seumur hidup. Terkadang beberapa konsep pesta pernikahan impian memerlukan biaya yang besar.

Untuk mewujudkannya, jangan sampai kamu menggunakan uang hasil pinjaman atau utang, Toppers! Oleh karena itu, pernikahan bisa juga menjadi salah satu motivasi untuk menabung.

9. Membeli Kendaraan

manfaat menabung
Sumber gambar: Pexels

Memiliki kendaraan pribadi akan memudahkan mobilisasi. Selain itu, memiliki kendaraan pribadi menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Dengan menabung, kamu akan memiliki uang muka yang lebih banyak bahkan bisa membelinya tanpa menyicil sehingga harga mobil jauh lebih murah.

10. Dana Pensiun

manfaat menabung
Sumber gambar: Pexels

Selain kebutuhan-kebutuhan jangka pendek, menabung juga perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang salah satunya adalah dana pensiun. Saat kamu sudah memenuhi kebutuhan dasar dan dana darurat, kamu bisa menabung untuk kebutuhan yang satu ini. Hal ini sangat perlu untuk dilakukan karena uang pensiun tidak selalu melengkapi kebutuhan.

Baca Juga: Cara Mengatur Gaji Agar Tetap Bisa Nabung & Berinvestasi

Nah, itulah manfaat menabung yang perlu kamu resapi, Toppers! Bagaimana, sudah lebih termotivasi, kan, untuk menyisihkan uang untuk ditabung?

Sekarang, menabung tidak hanya bisa dilakukan di bank saja, Toppers. Kamu bisa menyisihkan uang dan menyimpannya di berbagai instrumen keuangan seperti reksa dana dan emas. Produk keuangan tersebut juga bisa kamu temukan di Tokopedia! Jadi, tunggu apa lagi. Kunjungi Tokopedia sekarang juga dan penuhi seluruh kebutuhanmu.

baner reksa dana tokopedia
Investasi reksa dana lebih mudah melalui Tokopedia

Penulis: Nabila

TAGS
    Share
    TokopediaTokopedia

    Related Articles

    Cara Menghitung Zakat Mal dan Contohnya
    Topik Seru Lainnya
    Cara Menghitung Zakat Mal dan Contohnya
    © 2009-2023, PT Tokopedia