konsol game terbaik

7 Konsol Game Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Coba!

/   Entertainment, Gadget dan Teknologi, Informasi

Dunia gaming memang semakin berkembang seiring pesatnya kemajuan teknologi. Berbagai jenis platform gaming telah lahir dan beberapa bahkan meraih kesuksesan yang cukup fenomenal. Termasuk fenomena konsol game yang sempat merebak di era 80-an hingga kini!

Dan dari sekian banyak, inilah platform gaming console terbaik yang wajib para gamers coba!

7 Konsol Game Terbaik

Atari 2600

Konsol gameSumber gambar: Lifewire

Meskipun jadul, Atari 2600 tentu wajib masuk dalam jajaran konsol game terbaik. Sebagai pelopor, Atari 2600 hadir sebagai konsol game pertama dan masih terbuat dari panel kayu. Bisa dikatakan kesukesan Atari 2600 nggak hanya membuat munculnya Atari generasi selanjutnya, tetapi juga mendorong munculnya berbagai teknologi gaming lainnya!

Nintendo Entertaining System (NES)

konsol game Sumber gambar: Nintendo

Konsol game Nintendo merupakan salah satu ikon gaming pada era 80-an. Berbagai seri game yang dikeluarkan oleh Nintendo Entertainment System atau NES seperti Super Mario Bross, The Legend of Zelda, dan Mega Man bahkan masih terkenal hingga sekarang! Selain itu, NES juga merupakan perangkat konsol game dengan game terbanyak dari berbagai genre mulai dari action, sports, RPG, dan lain-lain.

SEGA Genesis

konsol gameSumber gambar: Android Authority

Hadir di era yang sama, SEGA Genesis merupakan pesaing berat dari konsol game Nintendo kala itu. Meski dari segi grafis SEGA masih kalah unggul, beberapa konsol game yang dihasilkan SEGA Genesis mampu bersaing kompetitif. Bahkan, salah satu game andalannya, “Sonic the Hedgehog” disebut-sebut sebagai “Mario Killer” karena dianggap pesaing dari game “Super Mario Bross”. SEGA Genesis juga tak segan menghadirkan “Mortal Combat” yang sempat menjadi kontroversi karena menampilkan banyak kekerasan.

Playstation 1

PlaystationSumber gambar: Wikipedia

Kemunculan konsol game Sony Playstation pada 1995 merupakan era baru dari dunia gaming. Meski bukan yang pertama menghadirkan CD based game system, PS 1 mampu menarik perhatian karena tampil dengan desain yang friendly dan pilihan game dengan jalan cerita yang berkesan!

Bahkan, meski sudah disusul generasi selanjutnya yang juga nggak kalah fenomenal PS 2 hingga PS 4, beberapa game PS 1 seperti “Harvest Moon: Back to Nature” dan “Crash Bandicoot Adventure” di-remake kembali karena saking fenomenalnya game-game ini pada masanya!

Playstation Portable

PSPSumber gambar: niespodzianka

Playstation Portable atau PSP layak disebut sebagai salah satu konsol game portable terbaik karena platform gaming satu ini berhasil membuat portable gaming menjadi terangkat kembali dan berhasil mengalahkan platform home console gaming. Berbeda dengan portable gaming pada era perintis, PSP hadir dengan berbagai game berkualitas dan juga grafik kelas tinggi!

Nggak heran setelah kesuksesannya beberapa brand juga ikut merilis portable game mereka masing-masing.

Xbox 360

XboxSumber gambar: ExtremeTech

Salah satu fitur yang menjadikan Xbox 360 ini istimewa dan layak disebut sebagai salah satu gaming console terbaik adalah fitur “Xbox Live”. Melalui “Xbox Live”, Microsoft membuktikan komunitas online gaming merupakan trend baru dari dunia gaming. Bisa dikatakan Xbox 360 adalah pelopor dari online console gaming.

Xbox One

XboxSumber gambar: VG247

Xbox One yang dikembangkan oleh Microsoft ini merupakan pesaing berat dari Playstation 4 Pro. Di rilis pada November 2013, Xbox mampu menarik perhatian pasar meski memiliki spesifikasi sedikit di bawah Playstation 4 Pro. Hal ini dikarenakan kehadiran game fenomenal seperti Final Fantasi 15 pada Xbox One.

Itulah ketujuh konsol game terbaik sepanjang masa. Tentu beberapa diantaranya mungkin kini sudah tak diproduksi karena telah tergantikan oleh teknologi baru. Namun, jika ada kesempatan tentu para penggila gaming nggak boleh melewatkan kesempatan untuk mencoba memainkan konsol game terbaik tersebut!

Lalu, yang manakah konsol game terbaik favoritmu?

 

THEAUTHOR

Markus Yohannes

Markus Yohannes has written 112 Article, See all posts