• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Jenis Konten Instagram yang Menarik & Sedang Tren

Share

Jenis Konten Instagram yang Menarik & Sedang Tren

Ingin membuat konten Instagram yang seru dan tingkatkan jumlah followers? Mari simak beberapa inspirasi konten Instagram yang sedang tren!


Konten Instagram – Bukan sekadar media sosial untuk have fun, kini Instagram sudah menjadi platform yang besar dan powerful banget untuk membangun brand, promosi bisnis, dan juga menarik audiens. Tak sedikit, lho, orang yang menyewa jasa konten Instagram dan mempekerjakan profesional untuk mendesain konten Instagram miliknya.

Nah, untuk Toppers yang ingin mempromosikan diri, brand, bisnis, komunitas, atau kegiatan lainnya melalui Instagram tetapi belum ada budget, kamu bisa kok mengelola konten Instagram secara mandiri.

Saat sedang memulai untuk membuat konten Instagram, wajar banget kalau Toppers bingung mencari konten yang mampu menarik atensi para Instagrammers.

baca juga: Suka Nulis? Ini dia Cara Membuat Blog: Salurkan Bakat & Hobi-mu!

Inspirasi Konten Instagram Menarik

Tidak usah bingung-bingung lagi, Toppers. Berikut ini adalah beberapa inspirasi konten Instagram yang menarik untuk Instagram page kamu!

1. Bikin Kuis!

Quiz
Sumber Gambar: Pexel

Instagram memiliki fitur seperti stiker question box di Instagram Story di mana kamu bisa berinteraksi dengan jawaban followers kamu dari pertanyaan yang kamu lemparkan. Toppers bisa memanfaatkan fitur ini untuk menyelenggarakan kuis iseng-iseng tapi seru!

Kamu bisa melemparkan pertanyaan, entah itu tebak-tebakan lucu, kuis trivia, atau yang lainnya. Ini akan mengundang engagement dari followers kamu, Toppers! Kamu pun bisa membagi jawaban-jawaban yang menarik di Instagram Story.

Selain itu, karena interaksi yang dijalin, followers kamu juga akan merasa terlibat dan lantas merasa lebih dekat dengan kamu, dan juga sebaliknya.

2. Ikuti Challenge

Ikuti Challenge
Sumber Gambar: Pexel

Toppers perlu banget untuk memperhatikan perkembangan tren yang sedang naik daun. Jika ada suatu challenge yang lagi seru diikuti oleh banyak orang, boleh banget, nih, kamu ikut join dalam tren tersebut! Saat kamu melakukan challenge yang sama dengan followers kamu, ini akan membantu terciptanya rasa kebersamaan dan sense  of community di platform kamu.

Oh iya, bukan berarti kamu perlu mengikuti semua challenge yang lagi trending, ya. Sesuaikanlah juga dengan image atau brand yang ingin kamu bangun. Pilihlah challenge yang sekiranya sejalan dengan hal tersebut.

3. Adakan Giveaway

Giveaway
Sumber Gambar: Pexel

Followers mana, sih, yang nggak suka giveaway? Dengan banyaknya orang yang ingin ikut dalam giveaway kamu, otomatis engagement kamu pun akan ikut naik.

Giveaway juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan followers, lho! Kok bisa? Sebab, seringkali memfollow adalah salah satu syarat atau peraturan dari partisipasi giveaway, Toppers. Persyaratan umum lainnya yang kerap diberikan adalah meninggalkan like dan juga comment di suatu post.

4. Bincang-bincang dengan Kreator Lain

Kolaborasi
Sumber Gambar: Pexel

Kolaborasi merupakan salah satu cara untuk memperluas audiens kamu, Toppers. Kamu bisa menyelenggarakan Instagram Live dengan kreator lain dan menginterview mereka. Jika interview terkesan terlalu kaku, kamu bisa juga mengemasnya menjadi konten ngobrol-ngobrol santai.

Toppers bisa melakukan riset juga untuk menentukan kreator yang disukai, atau akan disukai oleh market atau followers kamu.

5. Tutorial atau Tips

Tutorial
Sumber Gambar: Pexel

Tutorial atau Tips adalah jenis konten yang cukup populer! Mulai dari memasak, makeup, skincare, sampai bersih-bersih rumah, semuanya bisa lho kamu jadikan konten tutorial atau tips.

Toppers bisa menyesuaikan tutorialnya dengan fokus dari Instagram Toppers. Contohnya, jika fokus dari page kamu adalah keluarga dan parenting, kamu bisa memberi tutorial memasak MPASI, atau makanan rumah. Jika Instagram kamu adalah akun untuk promosi bisnis kue, kamu bisa membuat konten seperti tips membersihkan oven.

6. Playlist Musik

Toppers bisa membuat playlist lagu dan membagikannya ke followers kamu! Dengan fitur Instagram, kamu bisa membagikan lagu dan juga playlist dari Spotify ataupun Apple Music. Siapa tahu banyak yang suka dan satu selera!

Berbagi musik kesukaan dan mendengarkan lagu yang sama dapat membantu menciptakan dan mempererat connection kamu dan followers kamu! Hal ini juga dapat mengundang diskusi dan pembicaraan yang asik!

7. Opini Followers

Opini
Sumber Gambar: Pexel

Yang terakhir ini menarik banget, Toppers! Kamu bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan seru kepada followers kamu. Lalu, Toppers dapat membagikan jawaban-jawaban yang kamu sukai, tentunya, dengan seizin mereka. Instagram merupakan platform yang seru banget untuk diskusi sehat dan bertukar pikiran. Followers kamu mungkin saja memiliki berbagai perspektif yang orinisil dan unik, lho!

baca juga: Hobi Selfie? Yuk Tiru 10 Gaya Foto Selfie Terpopuler Ini!


Itu dia Toppers, beberapa konten yang menarik dan sedang tren di sosial media kala ini. Bisa kamu coba untuk meningkatkan popularitas dan juga followers di akun sosial media. Siap mencobanya?

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Penulis: Talitha Gati

© 2009-2024, PT Tokopedia