• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Mainan Termahal di Dunia dari Rubik sampai Boneka

01 September 2023

Share

Mainan Termahal di Dunia dari Rubik sampai Boneka

Berikut ini sederet mainan termahal di dunia, harganya mulai dari sembilan jutaan rupiah hingga milyaran rupiah. Siap-siap tercengang, Toppers!


Apa yang terlintas dalam kepalamu saat mendengar kata mainan? Mungkin beberapa orang akan langsung teringat permainan anak-anak. Namun, orang dewasa sampai hewan peliharaan juga ternyata suka mengoleksi atau bermain dengan berbagai alat permainan.

Permainan sendiri memiliki banyak fungsi yaitu sebagai media hiburan serta edukasi. Beberapa contoh permainan edukasi untuk mengasah otak seperti video game, puzzle, rubik, catur, dan lainnya.

Tapi bagaimana jadinya kalau sebuah permainan harganya bisa sampai selangit bahkan bisa untuk membeli sebuah rumah. Hmm, penasaran semahal apa? Berikut ini 10 mainan termahal di dunia.

Tokopedia Funstation

Temukan Koleksi Mainan Favoritmu di Tokopedia Funstation diskon hingga 75% dan tumpuk promo Tokopedia dengan Bebas Ongkir!

Baca Juga: Jenis-Jenis Mainan yang Bisa Mendukung Perkembangan Anak

Deretan Mainan Termahal dan Harganya

Barang-barang di bawah ini memang mainan, tapi harganya tidak main-main! Penasaran sedalam apa kamu harus merogoh kocek untuk mainan di bwah ini? simak selengkapnya:

1. Boneka Termahal – L’Oiseleur

boneka termahal di dunia

Sumber gambar: Chirsties

Boneka merupakan jenis mainan tertua di dunia. Mainan ini banyak disenangi baik anak perempuan ataupun laki-laki.

Boneka seringkali dianggap sebagai teman paling dekat oleh anak, tidak heran ada banyak sekali jenis boneka yang diproduksi mulai dari hewan, anak kecil, bunga, dan banyak lainnya. Tapi toppers, tahukah kamu ternyata ada boneka yang harganya selangit, lho.

L’Oiseleur merupakan bonekaa setinggi 1,2 meter ini dijual dengan harga Rp82.2 milyar per buah. Alasan kenapa boneka ini sangat mahal yaitu pakaian L’Oiseleur berlapis 2.340 lapisan baja termasuk emas dan mutiara.

Yang lebih menakjubkan lagi, untuk membuat satu buah boneka L’Oiseleur dibutuhkan waktu 15.000 jam. 

2. Action Figure Termahal – G.I. Joe Soldier Prototype

action figure termahal

Sumber gambar: Live About

G.I Joe merupakan permainan action figure bertemakan militer asal Amerika. Nama perusahaan mainan tersebut adalah Hasbro.

Terdapat 4 set permainan G.I Joe yang terbagi Angkatan Darat Angkatan Udara (Air Force), (Army), Angkatan Laut( Navy), dan Marinir (Mariners).

Pada tahun 2003 G.I. Joe Soldier Prototype yang merupakan action figure pertama buatan Hasbro berhasil terjual di pasar lelang seharga 2,92 miliar. Tidak heran G.I. Joe Soldier Prototype kemudian masuk dalam jajaran mainan termahal di dunia.

3. Rubik Termahal – Rubik’s The Masterpiece Cube

rubik termahal

Sumber gambar: One Million Pound Blog

Pada tahun 1974 seorang ahli pemahat dan arsitektur asal Hongaria, Erno tidak sengaja  menciptakan sebuah permainan teka-teki mekanik yang hingga saat ini kita kenal dengan sebutan rubik. Rubik sangat populer dan dikenal oleh hampir seluruh orang di belahan bumi.

Saking eksisnya sampai ada perusahaan perusahaan bernama Diamond Cutters International membuat mainan rubik seharga Rp20 miliar. Rubik mewah ini terbuat dari emas 18 karat. Wow, sungguh luar biasa bukan?

4. Diecast Termahal – LamborGhini Aventador Gold

diecast termahal

Sumber gambar: Motor Show

Mainan termahal di dunia selanjutnya adalah LamborGhini Aventador Gold seharga Rp107,6 miliar. Mungkin kamu berpikir padahal ini cuma miniatur kok harganya bisa lebih mahal dari mobil aslinya ya? Jawabannya adalah  LamborGhini Aventador Gold terbuat dari lapisan emas 24 karat.

Dari penampilannya saja, diecast satu ini mewang terlihat mewah, ya!

5. Barbie Termahal – Barbie Stefani Canturi

barbie termahal

Sumber gambar: Kids Grid

Barbie merupakan salah satu jenis boneka yang paling diminati oleh anak-anak perempuan. Tampinyanya yang cantik, dengan rambut, baju, dan aksesoris lucu lainnya menjadi daya tarik permainan satu ini.

Tapi Toppers, kalau anak minta beli barbie yang satu ini mungkin tidak akan dikabulkan. Pasalnya barbie bernama Stefanie Canturi ini dibandrol dengan harga 4 miliar rupiah, wow.

Dibuat oleh seorang perancang perhiasan asal Australia Stefano Canturi, Barbie Stefani tampil cantik dan elegan berkat kalung berlian emerald diamond asli berukuran satu karat  dan beberapa berlian lainnya yang berukuran 3 karat. 

Baca Juga: Tips Memilih Mainan & Ide Kado untuk Perkembangan si Kecil

6. Gundam Termahal – RX-78-2 Gundam feat Robot Spirit

gundam termahal

Sumber gambar: Tamare Blog

Mainan robot Gundam awalnya terinspirasi dari sebuah serial TV anak yang populer sejak 1979.

Tidak hanya anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun ada yang membeli Gundam untuk dijadikan koleksi.

Berbagai jenis robot Gundam mulai dari yang murah hingga mahal. Salah satunya RX-78-2 Gundam feat Robot Spirit yang masuk dalam daftar mainan termahal di dunia. Satu buah RX-78-2 Gundam feat Robot Spirit dijual seharga Rp9.203.000.

7. Yoyo Termahal di Dunia

yoyo termahal

Sumber gambar: Worth Point

Sama seperti Boneka, Yoyo merupakan permainan klasik yang sudah ada sejak lama. Meskipun dikenal sebagai permainan anak-anak, namun tidak jarang juga orang dewasa yang suka bermain Yoyo. Saking populernya, beberapa orang menganggap yoyo sebagai cabang olahraga.

Ternyata ada juga nih yoyo termahal di dunia yaitu seharga Rp160 juta rupiah. Yoyo tersebut terbuat dari bahan alumunium yang dirancang khusus dengan rem spesial sehingga bisa merespon gerakan tangan dengan lebih cepat.

8. Kartu Yugioh Termahal – Blue Eyes Ultimate Dragon

kartu yugioh termahal

Sumber gambar: Antique

Toppers percaya atau tidak ada kartu yang dijual dengan harga  Rp5,4 miliar. Iya betul sekali, kartu itu adalah Blue Eyes Ultimate Dragon dari permainan kartu Yu-Gi Oh. Kartu jenis ini sangat langka dan hanya ada satu di dunia.

Selain Blue Eyes Ultimate Dragon ada juga kartu Yu-Gi Oh  Black Luster Soldier yang harganya tidak kalah mengejutkan yaitu Rp26,6 miliar.

9. Miniatur Kapal Perang HMS Terrible

mainan termahal di dunia

Sumber gambar: pinterest

Percaya nggak percaya, miniatur kapal perang HMS Terrible ini berhasil terjual kepada seorang kolektor mainan asal Inggris dengan harga 122.600 USD atau sekitar Rp1,56 milyar. Harga yang woww banget kan?

Wajar saja Toppers, karena bahan pembuatannya ternyata diambil langsung dari plat timah langka dari kapal aslinya loh. Miniatur kapal perang ini sendiri dibuat oleh pengrajin mainan Jerman, Marklin pada tahun 1905.

10. Steiff Teddy Bear

mainan termahal di dunia

Sumber gambar: antiques.lovetoknow

Penampakannya boleh saya sama dengan boneka Teddy Bear lain, tapi ternyata ada satu pembeda antara boneka ini dengan yang lainnya. Apa lagi kalau bukan harganya yang hampir tidak masuk akal, 193.000 USD atau mencapai Rp2,45 milyar!

Wajar saja Toppers, karena bulu Teddy Bear yang satu ini terbuat dari emas dan matanya terbuat dari batu safir dan berlian.

Ingin mencoba memeluk Teddy Bear lucu berlapiskan emas ini? Jika iya, kamu harus mengurungkan niat tersebut karena boneka mewah yang dibuat oleh pencipta Teddy Bear pertama di dunia ini hanya diproduksi sebanyak 125 buah dan semuanya sudah habis terjual.

Baca Juga: Rekomendasi Berbagai Mobil Mainan AKI PMB untuk Hadiah Anak


Gimana Toppers, masih shock melihat harga mainan-mainan mewah di atas? Daripada membeli mainan yang harganya hampir tidak masuk akal, lebih baik kamu membeli mainan berkualitas dengan harga yang terjangkau

Untuk kamu yang ingin melengkapi koleksi mainan, kamu bisa cari berbagai jenis mainan anak terlengkap, termurah, dan terbaru semuanya ada di Tokopedia!

mainan terlengkap

Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Penulis: Andina Apriliani

© 2009-2024, PT Tokopedia