Jenis-Jenis Mainan yang Bisa Mendukung Perkembangan Anak

2380
Mainan anak untuk menunjang perkembangan
Sumber gambar: Pixabay

Mainan untuk Mendukung Perkembangan Anak – Bagi buah hati Bunda, bermain tentunya menjadi hal yang paling ia sukai dan dapat membuatnya gembira. Namun Bunda dapat menjadikan permainan yang ia lakukan sebagai media untuk belajar dan mengembangkan kecerdasannya. Tidak hanya itu, Bunda juga dapat memanfaatkan mainan untuk melatih kemampuan motorik si kecil.

Kira-kira mainan untuk merangsang pertumbuhan dan kemampuan si kecil seperti apa yang bisa jadi pilihan Bunda? Simak jenis-jenis mainan untuk menunjang perkembangan anak berikut:

Baca juga: 5 Brand Pompa ASI Terbaik untuk Referensi Bunda

Mainan untuk Mendukung Perkembangan Anak

1. Puzzle gambar

permainan untuk mengasah otak
Sumber foto: Meetup.com

Pada saat bermain puzzle, si kecil akan berpikir bagaimana cara menyusun potongan-potongan gambar menjadi satu gambar yang utuh, sehingga dapat melatih kemampuannya dalam memecahkan masalah. Selain itu, mainan ini juga dapat melatih nalarnya, serta mengembangkan koordinasi antara otak, mata dan tangannya.

2. Puzzle huruf dan angka

jual mainan edukatif anak - jual puzzle kayu

Jika ingin mengenalkan jenis-jenis huruf dan angka kepada anak, puzzle huruf dan angka ini merupakan media yang paling tepat. Dengan puzzle yang warna-warni, akan membuat si kecil lebih mudah untuk mengingat huruf dan angka tersebut.

3. Rattle

Mainan anak untuk menunjang perkembangan
Sumber gambar: Heavy

Rattle merupakan salah satu mainan yang paling cocok untuk mendukung perkembangan motorik anak yang masih berusia 9-12 bulan. Mainan ini akan membantu buah hati Bunda dalam melatih kekuatan dan ketangkasan otot tangannya. Suara yang dikeluarkan oleh mainan ini juga akan membuat si kecil senang, sekaligus melatih indera pendengarannya.

4. Lego

Jual Lego Brick

Selain menyenangkan, permainan lego bisa merangsang imajinasi dan kreatifitas anak. Pada saat bermain lego, buah hati Bunda akan berusaha untuk menciptakan ide-ide baru mengenai bentuk apa yang ingin mereka buat dari potongan-potongan lego. Tidak hanya itu, permainan yang bisa membantu perkembangan anak ini juga dapat dijadikan sebagai cara untuk melatih kesabaran dan ketelitian si kecil.

5. Rubik

permainan untuk mengasah otak
Sumber foto: Geeknation.com

Rubik adalah mainan yang bisa mendukung perkembangan anak lainnya. Selain melatih kecerdasan otak si kecil, permainan berbentuk kubus ini juga dapat Bunda gunakan untuk melatih kesabarannya. Tidak hanya itu, permainan rubik juga dapat melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah, dan melatih koordinasi jari-jari tangan si kecil.

6. Boneka

Mungkin banyak diantaranya Bunda yang menganggap bahwa mengajak boneka berkomunikasi akan membuat anak menjadi aneh karena berbicara dengan benda mati. Namun ternyata bermain dengan boneka justru dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan berbicaranya.

Saat berbicara dengan boneka, anak akan mengeluarkan kata atau kalimat yang berasal dari pemikirannya sendiri sehingga akan melatih keterampilannya dalam berkomunikasi.

7. Alat musik mainan

Mainan anak untuk menunjang perkembangan
Sumber gambar: Tokopedia

Jenis mainan yang bisa membantu perkembangan anak selanjutnya adalah permaianan alat musik. Selain membuat buah hati Bunda jadi gembira, alat musik mainan seperti gitar dan piano kecil akan mengembangkan kecerdasan musikalnya. Mengenalkan musik sejak dini kepada si kecil juga dapat merangsang pertumbuhan jaringan sel otaknya.

Baca juga: Jauhkan Si Kecil dari Penyakit dengan 10 Vitamin Daya Tahan Tubuh Anak Terbaik

Bagaimana Bunda, sudah tahu kan mainan seperti apa yang ingin dipilih agar mampu membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan si kecil? Dengan mainan-mainan di atas, Bunda dapat mengajak si kecil bermain sekaligus belajar dalam waktu yang bersamaan. Si kecil senang, kecerdasannya dan kemampuannya juga berkembang.

Tak perlu khawatir repot karena berbagai pilihan mainan untuk menunjang perkembangan anak di atas semuanya bisa ditemukan dengan mudah secara online melalui aplikasi Tokopedia! Tak hanya mainan, berbagai kebutuhan anak seperti pakaian anak, susu formula, hingga vitamin anak bisa ditemukan semuanya di Tokopedia!

jual kebutuhan ibu dan anak
Temukan semua kebutuhan ibu dan anak terlengkap dengan harga termurah di sini!

Bagikan Artikel