Ide Kreatif Sensory Play untuk Anak 1 Hingga 2 Tahun

0
256
sensory play

Melatih perkembangan otak anak bisa dengan cara yang menyenangkan melalui permainan. Simak ide sensory play yang bisa kamu berikan pada si kecil.


Kata Sensory Play tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu yang memiliki anak. Diambil dari kata sense yang artinya panca indera dan play yang artinya bermain.

Ssensory play merupakan permainan anak yang merangsang indera anak seperti sentuhan, penciuman, pengecapan, gerakan, keseimbangan, dan pendengaran.

Membuat permainan sensori juga sangat mudah. Bahan-bahannya pun gampang ditemukan dan rata-rata sudah tersedia di rumah kamu. 

Nah, Toppers, berikut ini 7 ide permainan sensori yang bisa diberikan kepada Si kecil di rumah.

Daftar Permainan Sensory Play

1. Pasta Kering dengan Berbagai Bentuk

sensory play permainan sensori
Sumber Gambar: Fun at home with kids

Bentuk pasta yang bermacam-macam dapat dijadikan ide untuk permainan sensori. Kamu bisa merebusnya setengah matang agar lebih aman jika tertelan oleh Si kecil. 

Kamu bisa membeli berbagai jenis pasta dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda lalu tuangkan dalam satu wadah dan bermain dengan Si kecil dengan cara mengelompokkan pasta sesuai bentuk.

Ide lain yang bisa kamu coba adalah dengan menambahkan pewarna di setiap pasta dan ajak anak untuk memisahkan pasta-pasta sesuai warna.

Temukan beragam mainan edukasi yang dapat menstimulus perkembangan otak anak hanya di Tokopedia

2. Koran yang Dibasahi

sensory play permainan sensori
Sumber Gambar: Pinterest

Koran yang direndam air atau bubur koran juga bisa dijadikan ide permainan sensory play. Bahannya yang simpel dan tidak ribet, cocok banget nih untuk dijadikan ide untuk melatih otak anak. 

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu hanya tinggal menyiapkan air di wadah dan mencampurkan potongan-potongan kertas koran kedalamnya. Koran akan berubah menjadi bubur yang bisa dimainkan anak.

Agar lebih kreatif, kamu bisa mencampurkan sedikit pewarna ke dalam air agar bubur koran menjadi warna-warni.

BACA JUGA: JENIS JENIS MAINAN UNTUK MENDUKUNG PERKEMBANGAN OTAK ANAK

3. Kantung yang Diisi Slime

sensory play permainan sensori
Sumber Gambar: Hands on as we grow

Slime merupakan bahan yang sangat populer untuk dijadikan ide permainan sensori. Sebenarnya, kamu bisa saja menggunakan slime tanpa dimasukkan ke kantung. 

Tapi, jika kamu tidak ingin membuat berantakan, memasukkan slime ke dalam kantung juga bisa kok dijadikan permainan sensori.

Kamu bisa memasukkan slime dengan warna yang berbeda-beda ke setiap kantung ziploc transparan. Kamu juga bisa menambahkankan manik-manik atau glitter ke dalam kantung untuk menambah tekstur dan warna.

4. Water Beads

sensory play permainan sensori
Sumber Gambar: Busy bean

Water beads adalah butiran berukuran kecil yang terbuat dari air dan polimer penyerap air. Saat water beads kering direndam dalam air, butiran tersebut akan mengembang seperti spons. 

Cara paling mudah untuk bermain water beads adalah dengan cara menaruhnya di dalam wadah besar dan membiarkan Si kecil mengaduknya sambil merasakan teksturnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa water beads tidak dapat dimakan. Penggunaan water beads sebagai sensory play sangat dianjurkan untuk anak yang lebih tua atau dengan pengawasan penuh orang dewasa.

5. Playdough

sensory play permainan sensori
Sumber Gambar: The Daily Meal

Kamu dapat menggunakan playdough untuk sensory play sekaligus melatih imajinasi anak. 

Biarkan ia membentuk model-model yang ia sukai. Kamu juga bisa membimbingnya dengan cara membuat permainan tebak binatang. Minta ia buat bentuk binatang dari playdough dan kamu menebaknya.

Jika kamu khawatir playdough akan termakan oleh Si kecil, kamu bisa membuat playdough yang aman untuk dimakan.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu meleleh kan marshmallow dan minyak kelapa, lalu mencampurkannya ke pewarna makanan dan tepung jagung.

6. Potongan Buah dengan Berbagai Tekstur

sensory play permainan sensori
Sumber Gambar: Mashed

Potongan buah-buahan bisa juga lho menjadi bahan untuk sensory play. Selain warna dan teksturnya yang beragam, buah juga aman jika termakan oleh anak. 

Akan tetapi, jika anak masih terlalu kecil, hindari penggunaan buah yang keras seperti apel untuk menghindari si kecil tersedak.

Untuk buah dengan tekstur agak keras kamu bisa menggunakan buah pepaya, naga, dan semangka.

Sementara itu, untuk buah dengan tekstur lembut kamu bisa menggunakan mangga, alpukat, dan tomat.

BACA JUGA: RESEP MAKANAN LEZAT DAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN NAFSU MAKAN ANAK

7. Beras Warna Warni

sensory play permainan sensori
Sumber Gambar: mamapappabubba

Sensasi bermain dengan beras warna-warni dengan tangan kosong dapat merangsang indera penglihatan dan indera peraba anak. Visual yang menarik dipadukan dengan tekstur yang unik bisa membuat anak tertarik untuk memainkannya.

Cara membuatnya pun juga mudah. Kamu hanya perlu menambahkan beberapa tetes pewarna makanan yang berbeda ke dalam beberapa wadah yang diisi beras, lalu kocok hingga warna tercampur rata. Setelah kamu menjemur beras dan membiarkannya kering, beras bisa dimainkan.

Kamu juga bisa menggunakan beras berwarna tersebut untuk mengajarkan anak pada konsep bentuk dan huruf.


Itulah 7 ide sensory play yang bisa kamu coba dirumah. Selain dapat melatih otak anak, bermain sensory play bersama anak juga dapat membangun ikatan yang intensif antara anak dan orangtua. 

Kamu tak perlu khawatir dan repot, karena alat dan bahan untuk membuat permainan sensori tersedia secara online di Tokopedia.

Nah, bagi Toppers yang berencana membeli mainan untuk melatih kecerdasan anak maupun hiburan si buah hati, kamu juga bisa mengunjungi Tokopedia untuk mendapatkan pilihan beragam maupun promo yang menarik.

Beragam kebutuhan anak lainnya seperti pakaian, vitamin, dan susu formula juga tersedia lengkap dengan penawaran terbaik hanya di Tokopedia! Yuk, kunjungi Tokopedia sekarang juga.

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Penulis: Naura Az-Zahra