• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Makanan Asli Indonesia Yang Lebih Populer Di Luar Negeri

Share

7 Makanan Asli Indonesia Yang Lebih Populer Di Luar Negeri

Makanan populer Indonesia ⎼ Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak sekali kekayaan yang jarang ditemukan di negara lain. Mulai dari kekayaan unsur alam, sampai ke kekayaan rempah-rempah eksotis. Kekayaan rempah dari negara Indonesia ini menghasilkan banyak sekali makanan asli Indonesia dengan cita rasa yang sempurna.

Namun ironisnya, dengan perkembangan dan pengaruh masakan luar negeri yang semakin kencang, popularitas makanan asli Indonesia pun semakin menurun. Bahkan, ada banyak sekali orang Indonesia yang belum mengenal masakan khas Indonesia.

Tidak hanya itu saja, lebih ironisnya lagi adalah ketika makanan khas Indonesia justru lebih populer di negara lain. Yuk, lihat beberapa makanan asli Indonesia yang lebih hits di luar negeri!

Baca juga: 6 Produk Asli Indonesia yang Dikira Produk Luar

Makanan Asli Indonesia Viral di Luar Negeri

1. Gado-gado

makanan asli Indonesia

Sumber: Wikipedia

Gado-gado adalah makanan khas Betawi yang secara harfiah diartikan sebagai ‘campur-campur’. Makanan ini lekat dimakan dengan tambahan bumbu kacang pedas dan lontong.

Makanan yang sudah lama menjadi andalan para vegetarian ini sangat populer dulunya. Namun, semakin ke belakang popularitas gado-gado pun menurun lantaran adanya alternatif-alternatif bahan masakan vegetarian yang lebih ramah lidah.

Semenjak beberapa tahun yang lalu, gado-gado menjadi makanan yang populer di beberapa negara lainnya termasuk Australia.

2. Nasi Padang

Makanan asli Indonesia

Sumber: Bunsreveries

Siapa sih yang belum pernah mendengar tentang nasi Padang? Walaupun makanan asal Sumatra Barat ini tetap menjadi makanan populer, ketenaran nasi Padang di Indonesia sudah mulai tersusul di negara lain, khususnya negara-negara di Eropa.

Saking terkenalnya, nasi Padang terenak di negara Belanda pun dihargai sekitar Rp180.000. Nah, apakah Toppers masih tidak penasaran untuk lebih mengenal makanan ini? Jika, Toppers berminat, Toppers juga dapat mengunjungi kota Semarang yang penuh dengan restoran-restoran Padang terenak.

3. Rendang

Makanan asli Indonesia

Sumber: Wikipedia

Satu lagi masakan khas asal Minangkabau yang ramai dibincangkan oleh para turis adalah rendang. Bagi Toppers yang belum tahu, rendang adalah daging sapi (biasanya) yang dimasak dan dicampur dengan bumbu-bumbu khas seperti kunyit, serai, pekak, kembang lawang, dan juga santan.

makanan khas Indonesia

Rasanya yang eksotis pun menarik perhatian baik orang Indonesia maupun turis asing. Saat ini, rendang menjadi makanan umum di negara Amerika Serikat. Makanan ini sempat dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia pada tahun 2011.

4. Bika Ambon

Makanan asli Indonesia

Sumber: Broewnis

Selain menu masakan utama, Indonesia juga unggul dalam makanan manis pencuci mulutnya. Contohnya adalah Bika Ambon. Bika Ambon berasal dari kota Medan yang memang sudah viral popularitas kulinernya.

Popularitas bika Ambon tidak terlalu meningkat semenjak banyaknya makanan manis luar negeri yang masuk ke Indonesia. Bahkan anak muda pun hanya pernah mendengar tentang bika Ambon tanpa pernah mencobanya.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Bika Ambon bisa dengan mudah Toppers dapatkan di Malaysia dan juga Belanda. Di Belanda, harga bika Ambon bisa mencapai Rp130.000, lho.

5. Gudeg

Makanan-asli-Indonesia

Sumber: Wikimedia

Ini dia makanan khas kota Yogyakarta yang rasanya unik sekali. Gudeg mencampurkan buah nangka muda dengan bahan-bahan masakan pedas seperti bawang merah, ketumbar, bawang putih, dan juga merica.

Gudeg juga mempunyai beberapa varian seperti gudeg Solo, gudeg basah, dan gudeg Purwokerto. Gudeg pun sering diajukan ke kompetisi makanan seputar Asia maupun internasional. Dan hebatnya lagi, banyak situs-situs luar negeri yang mulai menyebarkan resep gudeg.

Baca juga: 7 Makanan Khas Indonesia yang Namanya Unik Banget

6. Es dawet

Selain bika Ambon, ada lagi es langka yang rasanya cocok untuk lidah para turis mancanegara. Es langka ini tidak lain dari es dawet. Es dawet merupakan minuman asli Indonesia yang dapat ditemukan di berbagai daerah.

Walaupun rasa dari tiap-tiap daerah berbeda-beda, rasa pasti yang dimiliki semua es dawet seluruh Indonesia adalah rasa gula arennya. Namun lagi-lagi minuman manis dengan cendol ini lebih populer di kalangan orang Belanda. Bahkan ada beberapa restoran di Belanda yang khusus dibuka untuk menyajikan es dawet dan soto Betawi.

7. Nasi goreng

Makanan asli Indonesia

Sumber: Abierachman

Popularitas nasi goreng mulai meningkat pesat semenjak makanan ini di-mention oleh vokalis band internasional Owl City. Sama seperti es dawet, nasi goreng pun menjadi masakan khas banyak daerah di Indonesia.

Hebatnya, banyak restoran asal internasional di Indonesia yang menyajikan masakan nasi goreng dengan campuran rasa-rasa luar negeri. Di negara Austria, nasi goreng khas Indonesia menjadi menu makanan populer dengan harga yang bombastis tingginya. Sangat berbeda dengan harga nasi goreng di Indonesia yang hanya berkisar Rp10.000 saja.


Bagaimana? Sangat disayangkan bukan jika makanan asli Indonesia malah lebih populer di negara-negara lain? Untuk itu, yuk mulai mencoba masakan khas negara ini. Jika Toppers ingin mencoba masakan khas, tentunya Toppers harus juga mengunjungi daerah-daerah atau kota-kota asalnya.

Namun, Toppers juga bisa mempelajari resep-resep makanan khas Indonesia dan coba membuatnya sendiri di rumah.

Makanan khas Indonesia

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Menu Tom Sushi Indonesia, Lengkap dengan Harga!
Travel dan Kuliner
Menu Tom Sushi Indonesia, Lengkap dengan Harga!
© 2009-2024, PT Tokopedia