Rekomendasi Makanan Khas Bali yang Terkenal, Halal dan Enak

0
320
makanan khas bali

Sedang mencari makanan khas Bali untuk menu santapan hari ini? Berikut ini rekomendasi 10 makanan khas bali yang lezat dan bisa kamu beli di Tokopedia.


Bali merupakan destinasi favorit turis domestik maupun mancanegara. Pesona laut dan pantainya membuat Pulau Dewata tidak pernah sepi dari wisatawan.

Namun, selain itu juga, ragam kuliner yang khas dan lezat dari Bali menjadi daya tarik tersendiri.

Makanan Bali terkenal dengan bumbunya yang kaya dan rasanya yang pedas. Beberapa yang menjadi favorit adalah bebek goreng bumbu Bali, ayam betutu, dan nasi campur pedas.

Ingin menikmati hidangan Bali tetapi tidak bisa berkunjung kesana? Jangan khawatir Toppers, karena di Tokopedia tersedia lengkap makanan khas Bali dari mulai makanan berat hingga camilan. 

Dengan hanya memencet beberapa tombol, makanan tersebut akan terkirim ke rumah kamu. Praktis bukan?

Berikut kumpulan rekomendasi makanan Bali yang lezat dan bisa kamu dapatkan di Tokopedia!

tokopedia nyam
Temukan kuliner Bali yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

Makanan Khas Daerah Bali yang Menggugah Selera

1. Nasi Campur Pedas (Bu Andika)

makanan khas bali
Sumber gambar: KR Jogja

Nasi pedas merupakan kuliner yang paling dicari wisatawan saat berkunjung ke Bali. Terkenal dengan sensasi pedasnya yang nikmat, nasi pedas merupakan nasi dengan campuran lauk pauk, sayuran, dan sambal. 

Salah satu restoran nasi pedas yang paling terkenal di Bali adalah nasi pedas bu Andika. Pilihan lauknya sangat beragam, pedas, dan semua menu nya halal. 

Jika kamu kangen dengan makanan khas Bali yang satu ini, kamu bisa memesannya lewat Tokopedia. Di Tokopedia, nasi pedas bu Andika dijual per lauk ukuran 100 gram. Dikemas secara frozen, sehingga kualitasnya terjamin tetap fresh saat sampai rumah kamu.

BACA JUGA: 15 Tempat Wisata di Bali selain Pantai yang Nggak Kalah Indah

2. Pia Bali (Legong & Eiji)

makanan khas bali

Pia atau Bakpia Bali tidak kalah enaknya dari bakpia Jogja dan Solo. Bedanya, bagian kulit pia Bali lebih crunchy dan isiannya rasa coklat dan keju. 

Dua merk pia paling terkenal di Bali adalah Pia Legong dan Pia Eiji. Buat kamu yang tinggal di luar Pulau Bali, keduanya bisa kamu beli lewat Tokopedia tanpa harus jauh-jauh ke Bali. 

Pia nya baru dibeli ketika ada order, sehingga tetap fresh karena pia Bali tidak menggunakan bahan pengawet.

3. Sate Lilit

makanan khas bali
Sumber gambar: Tastemade

Sate lilit adalah makanan jalanan favorit di Bali. Kelezatan tradisional ini biasanya dibuat dengan daging cincang yang dililitkan pada tusuk sate pipih. Semua jenis daging mulai dari sapi, ikan, babi, hingga ikan dapat dijadikan sate lilit.

Kamu bisa menemukan berbagai penjual sate lilit Bali di Tokopedia. Ada yang menjualnya dalam kondisi beku yang bisa kamu hangatkan sendiri, ada juga yang menjual nya dalam keadaan sudah matang yang tinggal kamu makan.

4. Bebek Goreng Bumbu Bali (Taliwang Bali)

makanan khas bali
Sumber gambar: TasteAtlas

Bebek Goreng Bali berbeda dari bebek lainnya karena wajib menggunakan bebek yang masih muda agar dagingnya tidak alot saat dikonsumsi.

Bumbunya pun berbeda karena menggunakan bumbu khas Bali yang diracik dengan menggunakan lengkuas, kencur, jahe, bawang putih, terasi goreng, ketumbar, gula, garam, dan merica.

Salah satu rekomendasi bebek goreng bumbu Bali yang bisa kamu beli secara online adalah bebek goreng dari Taliwang Bali yang disajikan lengkap dengan sambal dan tanpa bahan pengawet.

5. Kacang Bali (Tari Bali Meman & Matahari)

makanan khas bali
Sumber gambar: 7mall

Kacang merupakan cemilan yang cocok untuk segala suasana. Kacang dari Bali banyak digemari konsumen karena rasanya yang gurih, renyah, dengan aroma bawang putih yang sedap.

Ada 4 tipe kacang yang terkenal di Bali, yaitu kacang tanah, kacang kapri, kacang disco, dan kacang koro. Kamu bisa membeli kacang kapri Tari Bali Memang dan kacang tanah Matahari, dua merk kacang paling terkenal dan enak di Bali, secara online di Tokopedia.

6. Nasi Jinggo

makanan khas bali
Sumber gambar: Pinterest

Selain nasi pedas, Bali juga memiliki kuliner nasi lainnya yang tidak kalah enak, yaitu nasi jinggo. Perbedaannya ada pada ukuran dan lauknya.

Nasi Jinggo atau nasi kucing berukuran kecil dan dibungkus dengan daun pisang. Pembeli biasanya membeli 2 hingga 3 nasi jinggo agar kenyang. Lauk dalam nasi jinggo ada ayam suwir, telur pindang, orek tempe, mi goreng, dan sambal. 

Di Tokopedia banyak lho penjual nasi jinggo khas Bali. Pastinya dengan harga yang sangat terjangkau.

BACA JUGA: 8 Tempat Wisata Romantis di Bali, Cocok untuk Bulan Madu

7. Pie Susu (Asli Enaaak & Dhian)

makanan khas bali
Sumber gambar: ProductNation

Sebagaimana pie pada umumnya, pie susu Bali memiliki tekstur yang keras diluar dan lembut didalam. Namun, yang membedakannya, pie susu Bali berbentuk kecil dan dikemas individual.

Pie susu Bali terkenal karena rasanya yang manis susu dipadu dengan pinggiran pie yang renyah. Cemilan ini sering di borong wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Pie Susu Asli Enaaak dan Pie Susu Dhian bisa kamu temukan di Tokopedia. Pie susu tersebut datang dengan rasa original susu, keju, dan coklat.

8. Aneka Sambal Bali (Matah & Embe)

makanan khas bali
Sumber gambar: Balinewsinfromation

Kuliner Bali terkenal karena pedas dan menggunakan berbagai macam sambal yangs egar dan nikmat. Sambal matah dan embe khas Bali sering dijadikan pasangan saat menyantap makanan.

Sambal matah berarti “sambal mentah” yang terdiri dari cabai, bawang merah, serai, kecombrang, daun jeruk, dan jeruk limau. Sementara, sambal embe merupakan sambal terasi khas Bali.

Jika ingin menikmati aneka sambal dari Bali, kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia. Sambal biasa dijual dalam toples kaca atau plastik yang praktis dan terjaga kualitasnya.

9. Ayam Betutu

makanan khas bali
Sumber gambar: Asian Food Network

Istilah betutu diambil dari Bahasa Bali yang berarti campuran bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, cabai, terasi, dan kacang tanah yang semuanya digiling halus.

Ayam betutu sangat populer di Bali dan Lombok. Hidangan ini biasa disantap dengan sayur, kacang goreng, dan sambal.

Jika kangen dengan hidangan ini, kamu bisa membelinya secara online. Banyak sekali penjual yang menjual ayam betutu khas Bali yang segar dan enak di Tokopedia.

10. Sate Plecing (Arjuna)

makanan khas bali
Sumber gambar: Kompas

Di kebanyakan tempat di Indonesia, sate biasanya disajikan menggunakan bumbu kacang. Namun, di Bali, sate plecing disajikan tanpa bumbu kacang meski cara memasaknya hampir sama.

Sebagai gantinya, sate ini menggunakan sambal plecing dengan bahan utama tomat, cabai, kemiri, terasi, dan bawang putih.

Salah satu warung sate plecing yang tak pernah sepi di Bali adalah Sate Plecing Arjuna. Untungnya berkat Tokopedia, kamu dapat memesannya via online. Dikemas beku, sehingga aman sampai rumah kamu.

BACA JUGA: Refresh Otak & Pikiran di 10 Hotel Terbaik untuk Staycation di Bali

Nah, itu dia Toppers rekomendasi makanan dan camilan khas Bali yang bisa kamu nikmati dari rumah tanpa harus jauh-jauh pergi ke Bali.

Kamu cukup membelinya secara online lewat Tokopedia, dan menunggu hingga makanan tersebut sampai dirumah kamu. 

Yuk, belanja di Tokopedia untuk merasakan pengalaman berbelanja yang praktis, cepat, dan hemat!

tokopedia nyam
Temukan kuliner Bali yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

Penulis: Naura Az-Zahra