15 Makanan Khas Palembang Lezat selain Pempek

1232
Makanan khas Palembang

Makanan Khas Palembang – Jika berbicara mengenai kuliner khas Palembang, Toppers pasti langsung teringat pada kuliner pempek, khususnya pempek kapal selam yang memang sudah sangat populer di penjuru nusantara. Namun, makanan lezat Palembang nggak cuma sekedar pempek alias empek-empek saja, lho?

Buat Toppers yang hendak berkunjung ke Palembang, yuk cari tahu makanan khas Palembang lainnya agar wisata kuliner di Palembang jadi makin maksimal!

Baca juga: 7 Makanan Khas Indonesia yang Namanya Unik Banget

Makanan Khas Palembang

1. Pindang Patin

Makanan Khas Palembang - PindangSumber gambar: Wikimedia

Pindang Ikan Patin adalah kuliner Palembang yang sekilas terlihat seperti sup ikan kuah kuning. Makanan khas Palembang ini memiliki cita rasa menyegarkan asam dan pedas dari berbagai bumbu dan rempah. Rasa asam dari kuah pindang ini didapat dari potongan buah nanas atau terkadang menggunakan belimbing wuluh, sedangkan rasa pedas didapat dari potongan cabe rawit.

Untuk Toppers yang nggak suka atau alergi ikan, makanan Palembang satu ini juga bisa diganti jadi menggunakan Iga. Pindang Iga juga nggak kalah lezat daripada Pindang Patin, lho!

2. Mie Celor

makanan khas palembang - mie celorSumber gambar: Wikimedia

Jika di Jepang ada Ramen, di Palembang ada Mie Celor! Mie Celor adalah mie khas Palembang yang disajikan menggunakan toge, potongan telur, dan disiram dengan kaldu udang yang kental. Cita rasa gurih dari kaldu udang di kuah Mie Celor dijamin akan buat Toppers ketagihan sama Mie khas Palembang ini.

3. Tempoyak

makanan khas palembang - tempoyakSumber gambar: Wikimedia

Buat pecinta rasa pedas dan buah durian, Tempoyak adalah sambal khas Palembang yang boleh dicoba. Dibuat dari fermentasi daging buah durian yang dicampur ulekan cabe kriting menjadikan tempoyak memiliki rasa pedas dan segar yang unik! Kuliner khas Palembang ini juga kaya akan bumbu lainnya dan bisa juga dijadikan sebagai bumbu untuk membuat pepes bakar, lho! Tertarik mencoba?

4. Matsuba

makanan khas palembang - matsubaSumber gambar: Cookpad

Matsuba adalah kue khas Palembang yang sekilas terlihat seperti kue lapis legit. Cara pembuatannya pun menyerupai. Rasa dari kue matsuba sangat manis, dan rasa manis tersebut didapat dari susu kental manis. Kue Palembang ini biasanya menjadi sajian wajib saat Idul Fitri tiba.

5. Kue Delapan Jam

kuliner khas palembangSumber gambar: Lezat

Kue Palembang selanjutnya memiliki nama kue delapan jam, dan seperti yang sudah bisa ditebak hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang memakan waktu hingga delapan jam. Kue tradisional Palembang ini menggunakan bahan utama telur bebek dan mentega ini juga menggunakan susu kental manis untuk memberikan cita rasa manis yang legit.

6. Lempok

makanan khas palembang - lempokSumber gambar: Wikimedia

Satu lagi kuliner tradisional Palembang yang berbahan dasar buah durian, Lempok. Makanan tradisional palembang ini sekilas menyerupai dodol yang juga kaya akan rasa manis. Camilan tradisional Palembang ini nggak cuma bisa ditemui di Palembang, tetapi juga beberapa wilayah sekitar Sumatera Selatan.

7. Burgo

makanan khas palembang - burgoSumber gambar: Kesiniaja

Burgo adalah makanan tradisional Palembang yang terbuat dari gulungan dadar yang terbuat dari tepung beras. Dadar gulung ini kemudian diiris dan disiram kuah santan dan berbagai bahan makanan lainnya. Rasa gurih dari Burgo menjadikannya makanan yang enak disantap sebagai sarapan di pagi hari.

8. Malbi

makanan khas palembang - malbiSumber gambar: Bango

Sekilas Malbi terlihat seperti Rendang, tetapi juga terlihat seperti semur. Malbi memiliki tekstur yang tidak sekering rendang, namun nggak sebasah semur. Rasa dari Malbi juga cenderung lebih manis. Malbi yang kaya rempah ini paling enak dijadikan lauk untuk disantap bersama nasi putih yang masih hangat!

 

9. Kojo

makanan khas palembang - kojoSumber gambar: Tokopedia

Kue tradisional Palembang lainnya adalah Kue Kojo yang sekilas terlihat seperti Kue Matsuba, namun berwarna kehijauan. Bahan utama makanan tradisional Palembang satu ini adalah telur bebek dan mentega seperti bahan kue khas Palembang lainnya. Yang membedakannya hanyalah penggunaan daun suji yang menjadikan kuliner tradisional ini berwarna kehijauan dan juga memiliki aroma harum yang berbeda.

10. Engkak

makanan khas palembang - ENGKAKSumber gambar: Masak Memasak

Makanan tradisional Palembang selanjutnya adalah kue Engkak yang berbahan dasar Ketan. Yang unik dari Kue khas Palembang ini adalah penggunaan Santan Glondo alias santan yang dimasak terlebih dahulu hingga minyaknya keluar. Dari segi penampilan, kuliner tradisional Palembang ini terlihat seperti kue khas Palembang lainnya.

11. Sambal lingkung

makanan khas palembang - sambel lingkungSumber gambar: Wikimedia

Berbicara soal sambal, Sambal lingkung khas Palembang ini sangat jauh berbeda dengan bayanganmu akan sambal. Sekilas terlihat sambal lingkung terlihat seperti abon namun dengan tekstur yang lebih halus. Bahan utamanya juga berbeda, yaitu menggunakan ikan (umumnya ikan gabus atau tenggiri). Sambal lingkung biasa disantap dengan roti ataupun nasi. Dijadikan sarapan bersama bubur juga bisa banget jadi pilihan menikmati makanan Palembang ini.

 

12. Es Kacang Merah

makanan khas palembang - es kacang merahSumber gambar: Java News Online

Setelah kenyang menyantap berbagai makanan tradisional Palembang, sebagai penutup Toppers bisa menyantap es kacang merah yang segar. Es kacang merah khas Palembang dengan cita rasa segar dan manis ini umumnya menggunakan es serut yang disiram santan dan juga gula jawa. Terkadang juga, dipermanis lagi dengan susu kental manis rasa coklat.

13. Model Gandum

makanan khas palembang - model gandumSumber gambar: Open Snap

Salah satu turunan dari kuliner Palembang yang terkenal, Pempek, adalah model. Model umumnya menggunakan pempek berisi tahu, namun pada model gandum, pempek tahu ini diganti menjadi adonan gandum yang digoreng. Kuliner ini memiliki tekstur renyah pada bagian luar dan empuk pada bagian dalam. Disiram dengan kuah gurih, model gandum pasti bikin Toppers ketagihan.

14. Kerupuk Kemplang

makanan khas palembang - kemplangSumber gambar: Wikimedia

Kerupuk kemplang adalah camilan khas Palembang yang terbuat dari adonan daging ikan yang dipanggang atau digoreng. Camilan Palembang ini nikmat disantap bersama nasi atau disantap sebagai camilan bersama dengan kuah cuko yang biasa digunakan untuk menyajikan pempek.

15. Celimpungan dan Laksan

makanan khas palembang - burgoSumber gambar: Wikimedia

Cilimpungan dan Laksan bisa dikatakan sebagai salah satu makanan turunan dari pempek. Dengan adonan persis seperti pempek, yang membedakannya adalah kuah yang digunakan untuk laksan dan cilimpungan adalah kuah santan dengan berbagai rempah-rempah. Menarik untuk dicoba bukan makanan tradisional Palembang satu ini?

Baca juga: 32 Makanan Khas Betawi Lezat yang Wajib Kamu Coba

Ternyata selain pempek, masih ada banyak sekali bukan makanan khas Palembang yang bisa Toppers coba selama melakukan wisata kuliner di kota “wong kito galo” ini? Kuliner tradisional Palembang mana yang paling ingin Toppers coba?

tiket kereta