• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Manfaat Berolahraga Ketika Mencoba untuk Hamil

Share

Manfaat Berolahraga Ketika Mencoba untuk Hamil

Kamu sedang dalam program hamil atau berencana punya anak dalam waktu dekat? Cobalah untuk berolahraga. Berikut penjelasan manfaat olahraga ketika kamu dalam program hamil.


Jika Anda saat ini sedang berusaha untuk hamil dan memiliki rutinitas berolahraga, itu merupakan langkah bagus.

Namun jika belum, tidak ada kata terlambat. Menyiapkan badan fit untuk kehamilan bermanfaat untuk Anda dan calon bayi Anda nantinya. Bahkan, berolahraga teratur dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

Anda tentunya sudah tahu bahwa berolahraga memiliki peran dalam kesehatan secara umum. Jika Anda ragu apakah berolahraga sebelum hamil aman untuk pembentukan dan kesehatan janin, baca beberapa hal yang perlu Anda tahu mengenai berolahraga berikut ini.

Baca juga: 7 Cara Alami Mengatasi Mual dan Pusing Berlebihan Saat Hamil

Mulai berolahraga

Tidak ada kata terlambat jika Anda sebelumnya tidak pernah berolahraga. Memulai olahraga sebagai kebiasaan baik baru Anda ketika Anda berusaha untuk hamil dapat menambah peluang Anda untuk berhasil hamil, dan menjaga suasana hati juga stamina selama kehamilan.

Berolahraga dapat membantu kesuburan Anda ketika Anda berjuang untuk mengandung karena masalah polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau karena kelebihan berat badan. Temukan olahraga yang tepat untuk mencapai berat badan ideal sebelum hamil.

Tidak perlu menunggu sampai hamil untuk mulai berolahraga, semakin cepat Anda memulai rutinitas baru ini, lebih mudah Anda terbiasa untuk menjalaninya ketika sudah hamil dan mempermudah Anda ketika Anda sudah hamil dan harus membawa beban tambahan beberapa kilogram di perut Anda. Jantung ibu juga terhubung dengan kesehatan bayi sehingga Anda ingin kesehatan jantung Anda dalam kondisi prima.

Manfaat berolahraga sebelum hamil

American College of Obstetricians and Gynaecologists (ACOG) menganjurkan wanita yang berencana hamil untuk menjadi lebih aktif secara fisik. Olahraga teratur membuat tubuh Anda dalam kondisi terbaik dengan mengencangkan otot termasuk jantung, yang harus memompa hingga 50 persen lebih banyak darah untuk memasok Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh.

Olahraga mengurangi stres, yang telah ditunjukkan oleh banyak penelitian untuk menghalangi upaya pembuahan terbaik, dan ini membantu Anda untuk tidur lebih baik. Berolahraga secara teratur juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, karena kelebihan berat badan atau obesitas selama kehamilan dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti diabetes gestasional dan preeklampsia.

Ketika Anda akhirnya hamil, rutinitas olahraga memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi risiko komplikasi kehamilan, gejala kehamilan yang umum dialami para ibu seperti sakit punggung dan kembung, dan manfaat bagi bayi seperti menunjang perkembangan otak bayi dan kesehatan jantungnya. Kondisi Anda yang sehat juga akan membantu proses persalinan lebih lancar.

Perkuat core Anda

Saat Anda hamil, perut dan payudara Anda akan membesar, dan pusat gravitasi Anda bergeser, yang dapat menyebabkan ketegangan pada bagian lain dari tubuh Anda. Jika Anda memperkuat otot-otot perut dan punggung Anda dari sebelum hamil, Anda akan mengurangi risiko sakit punggung ketika hamil. Memiliki core strength yang baik juga memberi Anda keseimbangan dan postur yang lebih baik, yang penting ketika hamil.

Seberapa banyak – atau keras – olahraga yang diperbolehkan

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Meskipun berolahraga sebelum hamil sangat dianjurkan, ketahui batasnya. Latihan dengan interval intensitas tinggi masih diperbolehkan sebelum hamil, namun sebaiknya dihentikan ketika Anda hamil dan ditunda sampai setelah bayi Anda lahir. Lakukan rutinitas olahraga yang lebih moderat, seperti berjalan, hiking, dan berenang. Jika Anda menyukai jenis olahraga lain, konsultasikan pada dokter kandungan Anda.

Baca juga: Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil dan Cara Mengatasiny

Itu dia, Toppers beberapa manfaat ketika mencoba untuk hamil. Pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.

Kamu juga bisa mendapatkan berbagai produk kesehatan lainnya dengan mudah dan cepat hanya di Tokopedia!

banner promo susu popok
Dapatkan semua kebutuhan si kecil mulai dari susu hingga popok bayi termurah dan terlengkap hanya di Tokopedia

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Obat Batuk untuk Ibu Hamil di Apotik, Efektif Bantu Redakan Batuk
Kids and Parenting
Obat Batuk untuk Ibu Hamil di Apotik, Efektif Bantu Redakan Batuk
© 2009-2024, PT Tokopedia