13 Manfaat Buah Kecapi, Buah Menyegarkan yang Terlupakan

0
261
buah kecapi

Daftar manfaat buah kecapi untuk kesehatan dan kandungannya yang menyegarkan, tidak boleh terlupakan di meja makan!


Buah kecapi merupakan salah satu buah yang populer dan akrab di telinga masyarakat Indonesia. Meski terkenal, sepertinya banyak yang melupakan buah dengan rasa manis-asam menyegarkan ini.

Buah yang menginspirasi nama salah satu alat musik tradisional ini tidak hanya segar disantap dan dijadikan manisan. Tapi juga mampu memberikan manfaat kesehatan yang tak terlupakan bagi tubuh.

Sebelum membahas daftar khasiat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, berikut fakta informatif mengenai buah kecapi yang menarik untuk diketahui:

  • Buah ini menginspirasi alat musik kecapi, karena dahulu kayu pohonnya dijadikan material dasar pembuatannya.
  • Buah kecapi dihasilkan oleh pohon rimbun besar yang mampu tumbuh hingga setinggi puluhan meter dan batang berdiameter lebar.
  • Disebut juga dengan nama wild mangosteen atau manggis liar dan memiliki bentuk daging buah yang serupa dengan manggis.
  • Cara favorit mengonsumsi kecapi adalah dengan memakannya langsung, dimasak maupun dijadikan manisan segar.
  • Hampir semua bagian pohon kecapi berguna bagi manusia, batang untuk bangunan, serta daun, serbuk kulit dan akar untuk obat herbal.

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan, Si ‘Genit’ yang Kaya Gizi

Kandungan Buah Kecapi

kandungan buah kecapi
Sumber Gambar: Pinterest/Evie Bridges

Manggis liar memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Terutama serat, vitamin, kalsium, fosfor hingga zat besi. Berikut kandungan nutrisi lengkap kecapi:

  • Kalori
  • Lemak
  • Sodium
  • Potasium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Gula
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Selenium
  • Zinc

Manfaat Buah Kecapi

manfaat buah kecapi
Sumber Gambar: Thailand – FalkTime

Buah dengan nama ilmiah Sandoricum koetjape ini merupakan sumber mineral yang dibutuhkan untuk ‘membangun’ tubuh kita dari dalam. Berikut daftar manfaat buah kecapi, cegah kanker, tingkatkan imunitas tubuh hingga mendukung kesehatan ibu hamil.

1. Menangkal Kanker

Salah satu khasiat luar biasa yang tersimpan di dalam buah kecapi adalah sifatnya yang antikanker, berkat kandungan antioksidan melimpah.

Dengan kandungan tersebut, radikal bebas bisa ditekan secara efektif dan menghindari risiko terkena kanker berbahaya jika rutin dikonsumsi.

2. Mengatasi Kolesterol

Kolesterol jahat telah menjadi ‘musuh’ banyak orang, karena bisa mendatangkan penyakit serius, termasuk serangan jantung yang mematikan.

Mengonsumsi kecapi akan membantu menurunkan jumlah kolesterol yang merugikan tubuh dan menjaga kesehatan organ dalam.

3. Mengontrol Gula Darah

Buah yang juga dikenal dengan nama santol ini juga baik dikonsumsi bagi penderita penyakit gula atau diabetes.

Kecapi kaya serat dan memiliki indeks glikemik rendah. Serat memperlambat pencernaan makanan, sehingga mengurangi penyerapan gula ke dalam darah dan mengontrolnya.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Buah dengan warna kulit mirip duku ini memiliki serat larut dan tidak larut. Makanan kaya serat bisa membuat kita kenyang kenyang lebih lama.

Itu membuat ngidam makanan kita menjadi lebih ditekan, sambil meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan dengan semua senyawa nutrisi yang dimilikinya.

Banyak masalah kesehatan terkait dengan obesitas, seperti kardiomiopati, stroke, hipertensi, gangguan hormon diabetes, dan gangguan tidur. Kecapi mendukung kita untuk menghindari kemungkinan itu.

5. Menghindari Wasir

Struktur pembuluh darah di saluran anus yang membantu mengendalikan kotoran yang dibuang dari tubuh bisa menjadi berbahaya.

Itu bisa menjadi penyakit ketika berubah menjadi bengkak, meradang, berdarah dan trombosis (penggumpalan di pembuluh darah).

Kandungan dalam buah santol membantu mempromosikan endotel sehat dalam pembuluh darah. Serat membantu menjaga feses tetap lembut.

Ketika feses lunak, kita tidak perlu bersusah payah dalam proses buang air besar.

Mengejan secara konstan selama proses buang air besar diketahui membuat wasir, karena darah tidak dapat bersirkulasi secara normal dan kemudian terbentuklah trombosis.

6. Meredakan Peradangan

Jika merasakan tidak nyaman di tenggorokan, kandungan di dalam kecapi bisa mengatasi masalah ini. Tenggorokan akan terasa lebih enteng dan lega setelah mengonsumsi buah ini.

alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Baca Juga: Makin Langka, Ini Manfaat Buah Gowok untuk Kesehatan

7. Menurunkan Demam

Salah satu manfaat buah kecapi yang populer di masyarakat, yaitu khasiatnya yang terkenal efektif untuk menurunkan demam. Andalkan aja buah ini ketika kita atau anggota keluarga ada yang mengalami demam sebagai pertolongan pertama.

8. Membasmi Cacingan

Bagian serbuk kulit tanaman kecapi telah diketahui merupakan obat mujarab untuk pengobatan cacing gelang, terutama bagi anak-anak yang sering mengalaminya.

9. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah kecapi mengandung quercetin, antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita secara signifikan.

Quercetin adalah flavonoid yang dapat ditemukan di sebagian besar sayuran dan buah-buahan. Zat ini diketahui mendukung pencegahan dan pengobatan kanker.

Kandungan dalam buah ini membantu dalam mencegah kerusakan sel dan menjaga sel tumbuh normal, serta meningkatkan stamina.

10. Solusi untuk Sembelit

Serat yang terkandung dalam S. koetjape dapat membantu memperlancar proses buang air besar dan ampuh mengatasi sembelit atau konstipasi.

Serat di dalamnya dapat menarik air keluar dari usus besar atau menyerap air berlebih dari feses untuk menjaga feses tetap lembut. Ini membuat proses buang air besar lebih mudah.

11. Memperkuat Tulang dan Gigi

Mengonsumsi kecapi dapat merangsang kelenjar di mulut untuk menghasilkan lebih banyak air liur, sehingga mengurangi karies gigi dengan menurunkan jumlah bakteri mulut.

Kalsium dan fosfor dalam buah ini juga membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi, sehingga mencegah osteoporosis dan memperkuat email gigi.

12. Mengatasi Anemia

Anemia adalah suatu kondisi kekurangan sel darah merah yang sehat dalam tubuh. Buah ini terdiri dari zat besi, mineral yang sangat penting untuk memproduksi sel darah merah.

Ia juga mengandung vitamin C yang diketahui membantu usus menyerap zat besi secara efektif. Kandungan tersebut tentu bermanfaat bagi wanita hamil.

13. Memulihkan Tubuh Pasca Melahirkan

Diketahui bahwa air kulit kecapi yang direbus dijadikan sebagai tonik setelah melahirkan, untuk memulihkan sistem tubuh.

Baca Juga: Manfaat Buah Jamblang atau Duwet untuk Kesehatan

Manfaat buah kecapi tidak sembarang untuk mendukung kesehatan tubuh, menangkal penyakit berbahaya hingga mendukung wanita hamil. Berkat khasiatnya, buah segar ini tak akan lagi dilupa.

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!