• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Daun Sirsak: Jinakkan Kolesterol hingga Kista

Share

11 Manfaat Daun Sirsak: Jinakkan Kolesterol hingga Kista

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan, khasiatnya tak main-main. Mampu atasi penyakit berbahaya yang banyak diderita masyarakat Indonesia.


Sirsak merupakan tumbuhan dengan buah berbentuk unik dengan rasa yang menyegarkan ketika dikonsumsi. Selain terkenal karena buahnya, tumbuhan berbunga asal Karibia dan Amerika Tengah ini juga punya bagian lain yang berguna.

Yaitu adalah daunnya. Ramuan daun sirsak telah lama digunakan sebagai obat herbal berkat khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Bahkan, kemampuannya untuk membantu mengatasi berbagai penyakit sangatlah luar biasa.

Biasanya, untuk mendapatkan khasiat daun sirsak, kita bisa mengonsumsinya dengan cara meminum air rebusan daun sirsak sebagai obat tradisional.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam: Rebusannya Manjur untuk Kesehatan?

Kandungan Daun Sirsak

manfaat daun sirsak, khasiat daun sirsak
Sumber Gambar: Pinterest/Serious Eats

Daun sirsak sendiri ternyata mengandung beberapa nutrisi dan vitamin yang penting bagi tubuh. Itulah mengapa ia memiliki dampak positif selama dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan. Berikut kandungan yang terdapat pada daun sirsak:

  • Kalori
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Asam folat
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Potasium
  • Magnesium
  • Fosfor

Baca Juga: Makanan Pencegah Kanker yang Ampuh Tangkal Radikal Bebas

Manfaat/Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Nah, penyakit apa sajakah yang bisa dihindari dan diatasi dengan rutin mengonsumsi air rebusan dari daun sirsak? Apakah seampuh itu? Simak daftar manfaatnya berikut ini:

1. Menurunkan Kolesterol

manfaat daun sirsak
Sumber Gambar: Pexels

Manfaat daun sirsak yang pertama adalah untuk menurunkan jumlah low-density lipoprotein (LDL). Hal ini karena ia mengandung antioksidan tinggi yang mampu membasmi kolesterol jahat dalam darah.

2. Meringankan Asam Urat

Manfaat daun sirsak lainnya adalah untuk menyembuhkan asam urat. Hal ini karena daun sirsak memiliki kandungan annocatalin, acetogenin, annomuricin, asam gentisic, asam linoleat, serta caclourin, dapat kamu manfaatkan untuk menyembuhkan asam urat, Toppers!

3. Mengobati Diabetes

manfaat daun sirsak bagi kesehatan
Sumber Gambar: Pexels

Salah satu manfaat daun sirsak bagi kesehatan selanjutnya, yaitu untuk mengobati penyakit gula alias diabetes.

Karena kandungan antioksidan seperti sponin, bioflavonoid, serta polifenol yang terdapat pada daun sirsak, kamu dapat menggunakannya untuk mengobati diabetes secara alami.

4. Menjinakkan Kanker

Selain untuk penyakit-penyakit di atas, kamu juga dapat bisa mendapatkan manfaat daun sirsak untuk mengobati kanker lho, Toppers.

Selain kandungan antioksidannya yang cukup banyak, daun sirsak juga mengandung acetogenin yang telah ditemukan dapat melawan pertumbuhan sel kanker dengan cukup efektif!

5. Mengobati Kista

manfaat daun sirsak
Sumber Gambar: Pexels

Kista ovarium dapat disebut juga sebagai tumor jinak dan penyakit ini hanya diderita oleh wanita. Tumor jinak ini pun jika dibiarkan saja, dapat berkembang menjadi kanker.

Untungnya, kamu dapat mengobatinya dengan manfaat daun sirsak yang satu ini! Sama seperti sebelumnya, caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirsak yang kemudian bisa dikonsumsi air hasil rebusannya.

obat penurun asam urat

Baca Juga: Manfaat Sambiloto: Daun Pahit tapi Khasiat Selangit

6. Meningkatkan Kesuburan

Nah, untuk kalian yang sedang ingin memiliki anak, ada baiknya kamu mencoba manfaat daun sirsak yang ini! Daun sirsak dapat membantu meningkatkan produksi sperma bagi pria dan juga bermanfaat untuk wanita karena dapat menyuburkan rahim.

7. Mengobati Penyakit Paru-paru

manfaat daun sirsak
Sumber Gambar: Pexels

Karena sifatnya yang anti bakteri, salah satu manfaat daun sirsak juga dapat mengobati penyakit paru-paru. Sama dengan cara-cara sebelumnya, kamu dapat menggunakan daun sirsak untuk mengobati penyakit paru-paru basah ataupun kering.

8. Membasmi Ketombe dan Kutu Rambut

Daun sirsak yang direbus bisa memiliki zat yang menguntungkan bagi kesehatan manusia. Namun, di sisi lain, ternyata kandungan pada daun sirsak bisa menjadi ‘racun’ bagi hewan parasit, yakni kutu.

Bahkan, manfaat air rebusan sirsak juga mampu mengatasi masalah ketombe. Untuk memanfaatkannya, kamu tinggal menggunakan air rebusan daun sirsak untuk mencuci rambutmu layaknya sampo.

9. Menghindari Penyakit Batu Ginjal

Sering menahan buang air kecil? Kebiasaan ini tak boleh dipelihara ya, Toppers. Sebisa mungkin ‘panggilan alam’ ini jangan ditunda-tunda, karena bisa berdampak buruk, yakni menimbulkan penyakit batu ginjal.

Namun, ada cara untuk menghindari ini selain tak menahan kencing, yakni mengonsumsi air rebusan daun sirsak. Kandungan alami pada daun ini dipercaya mampu mencegah pembentukan dan penimbunan garam kalsium pada urin di ginjal.

10. Mengatasi Rematik dan Penyakit Sendi

khasiat daun sirsak
Sumber Gambar: The Guardian

Satu lagi manfaat daun sirsak untuk kesehatan, yakni mengatasi penyakit rematik dan sendi. Penyakit yang biasa diderita orang tua ini mampu diatasi oleh daun sirsak.

Karena memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang berguna untuk memperkuat tulang, serta mencegah osteoporosis.

11. Atasi Stres dan Insomnia

Tak hanya ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang berbahaya. Daun sirsak juga ternyata andal untuk membantu mengatasi stres dan masalah sulit tidur.

Hal ini karena kandungan daun sirsak yang memiliki sifat sebagai obat penenang. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih rileks dan dapat beristirahat maksimal di malam hari.

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong: Tanaman Rambat, Khasiat Dahsyat

Cara Merebus Daun Sirsak

manfaat daun sirsak, khasiat daun sirsak
Sumber Gambar: Legit

Untuk mendapatkan khasiat dari daun sirsak, Toppers bisa membuat ramuan air rebusan dengan cara sebagai berikut:

  • Ambil 10-15 lembar daun sirsak, cuci bersih.
  • Siapkan tiga gelas air, kemudian tuang ke dalam panci.
  • Nyalakan api kecil secara perlahan, masukkan daun sirsak.
  • Tunggu hingga mendidih dan menguap hingga air tersisa sekitar satu gelas.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih: Obat Herbal Paling Terkenal

Itulah beberapa manfaat daun sirsak yang bisa kamu rasakan jika mengonsumsinya secara rutin, Toppers! Jika kamu menderita beberapa penyakit yang disebut di atas, ada baiknya kamu mencoba menggunakan daun sirsak untuk membantu mengobatinya.

Akan tetapi, tetap jangan berlebihan untuk mengonsumsinya ya Toppers. Harus dengan takaran yang tepat dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar pengobatan herbal bisa dilakukan secara efektif.

Selain daun sirsak, kamu juga dapat menemukan berbagai macam obat herbal dan obat tradisional lainnya di Tokopedia!

jual teh daun insulin
Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia