• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Ginkgo Biloba: Dukung Kesehatan Otak

Share

11 Manfaat Ginkgo Biloba: Dukung Kesehatan Otak

Manfaat ginkgo biloba untuk kesehatan. Kandungannya berkhasiat tingkatkan fungsi otak, memelihara mata hingga atasi disfungsi seksual.


Selama pandemi, kebutuhan suplemen dan multivitamin menjadi kebutuhan pokok untuk menjaga kesehatan. Terdapat banyak pilihan kandungan suplemen yang berkhasiat bagi tubuh salah satunya adalah ginkgo biloba.

Ginkgo biloba kini populer dikonsumsi dalam bentuk kaplet atau kapsul suplemen. Suplemen ini berasal dari tanaman ginkgo atau biasa disebut juga sebagai tanaman rambut gadis.

Tanaman asal China ini dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Flavonoid sebagai kandungan ginkgo biloba memiliki sifat antioksidan dan terpenoid yang bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga: Manfaat Kurma: Buah Nabi dengan Khasiat ‘Suci’

Manfaat/Khasiat Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba diketahui mampu membantu memperlancar aliran darah, mengatasi peradangan hingga menjaga kesehatan otak. Berikut daftar khasat ginkgo biloba selengkapnya yang wajib Toppers tahu:

1. Melancarkan Aliran Darah

ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Saat dikonsumsi, ginkgo biloba dapat melancarkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah. Khasiat ginkgo biloba ini baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Dengan aliran darah yang lancar, kamu dapat mengurangi risiko terjadinya beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan penyakit arteri perifer.

2. Membantu Mengurangi Peradangan

ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Beberapa penyakit kronis dapat menyebabkan respons peradangan bahkan saat tidak ada penyakit atau cedera. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan dan DNA tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak ginkgo biloba dapat mengurangi tanda-tanda peradangan pada sel manusia dan hewan dalam beberapa penyakit.

Adapun penyakit-penyakit tersebut meliputi radang sendi, iritasi usus besar, kanker, penyakit jantung, dan stroke.

3. Meredakan Sakit Kepala

ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Jika kamu sering merasakan sakit kepala atau migrain, kamu dapat mengurangi konsumsi obat warung dengan meminum suplemen ginkgo biloba karena suplemen ini dapat menekan stress pemicu rasa sakit.

Manfaat ginkgo biloba yang dapat melancarkan peredaran darah ini juga secara tidak langsung berfungsi untuk menghilangkan sakit kepala akibat pembekuan darah.

Dalam dosis tertentu, ginkgo biloba juga dapat meredakan vertigo.

4. Menjaga Kesehatan Otak

manfaat ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Kandungan ginkgo biloba dapat memperbaiki dan meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kesehatan otak dapat terjaga.

Oleh karena itu, ginkgo biloba bermanfaat untuk memelihara dan meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus.

5. Mengurangi Gejala Gangguan Psikiatri dan Demensia

manfaat ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Tak hanya menjaga kesehatan otak, mengonsumsi ginkgo biloba juga dapat menurunkan risiko terjadinya pikun atau demensia.

Secara spesifik, demensia yang berpotensi besar untuk terobati oleh ginkgo biloba adalah jenis demensia vaskular.

Manfaat ini merupakan efek dari  ginkgo yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah ke otak.

madu murni
Jaga kesehatan setiap hari dengan madu murni terbaik di sini!

Baca Juga: Manfaat Madu: Beri Kebaikan di Segala Sisi Kehidupan

6. Meredakan Nyeri Haid

manfaat ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Nyeri saat haid menjadi masalah banyak perempuan. Saat PMS, perubahan hormon dapat memberikan rasa tidak nyaman terhadap beberapa bagian tubuh seperti payudara.

Dengan mengonsumsi suplemen ginkgo biloba, kamu dapat mengurangi rasa nyeri ini.

7. Memelihara Kesehatan Mata

khasiat ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Salah satu manfaat ginkgo biloba adalah untuk memelihara kesehatan mata. Lebih spesifik, ginkgo biloba dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit pada mata, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. 

Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui tingkat efektifitasnya dalam hal penyembuhan penyakit.

8. Mengatasi depresi

khasiat ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Tak hanya kesehatan fisik, ginkgo biloba juga bermanfaat untuk kesehatan jiwa. Salah satu khasiat ginkgo biloba adalah mengatasi depresi yang berasal dari stres.

Ginkgo biloba dapat mengatasi stres dengan cara menangkal efek dari produksi hormon stres seperti adrenalin dan kortisol.

Ginkgo biloba juga dipercaya dapat mengurangi gejala kecemasan. Hal itu memungkinkan karena ginkgo memiliki kandungan antioksidan.

9. Mengobati Gangguan Pernapasan

khasiat ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Ginkgo biloba dapat mengurangi gejala bronkitis dan asma. Hal ini memungkinkan karena manfaat anti-inflamasi pada ginkgo biloba dapat mengurangi peradangan pada sistem pernapasan.

Hal itu dibuktikan oleh sebuah penelitian di mana terdapat penurunan gejala batuk dan bronkitis cukup besar dari orang yang mengonsumsi ginkgo biloba, dibandingkan dengan orang yang tak mengonsumsinya.

10. Mengatasi Disfungsi Seksual

kandungan ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Jika kamu mengalami disfungsi seksual, ginkgo biloba adalah jawabannya. Ginkgo dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang akan meningkatkan sirkulasi melalui pelebaran pembuluh darah.

Oleh karena itu, ginkgo berguna untuk mengobati berbagai gejala disfungsi seksual dengan meningkatkan aliran darah ke area penis.

11.  Memperlambat Penuaan

kandungan ginkgo biloba
Sumber Gambar: Pexels

Tak hanya fungsi kesehatan, ginkgo biloba juga menunjang fungsi estetika. Ginkgo biloba ini  dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini karena kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Namun, untuk fungsi yang satu ini, kamu perlu menggunakan tanaman ginkgo biloba (bukan suplemen) dan beberapa bahan lain. Seperti bubuk kunyit, madu, dan ekstrak ginseng untuk dijadikan bahan masker alami.

Baca Juga: Manfaat Kunyit Putih: Obati Maag hingga Tangkal Kanker

Nah itu dia manfaat dan khasiat dari tanaman ginkgo biloba. Manfaat ini akan kamu dapatkan jika mengonsumsinya dengan dosis yang sesuai.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk konsultasikan konsumsi suplemen ini pada dokter agar manfaat dan khasiat dirasakan secara optimal.

Jika kamu sudah mengkonsultasikannya pada dokter, kamu dapat menyiapkan stok suplemen ginkgo biloba andalan di Tokopedia!


jual kurma
Berpuasa lebih sehat dengan mengonsumsi kurma!

Penulis: Nabila Khaerunnisa

© 2009-2024, PT Tokopedia