Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Manfaat Masker Spirulina: Glowing Instant dalam Sekali Pakai

23 May 2022
Share icon
Share
9 Manfaat Masker Spirulina: Glowing Instant dalam Sekali Pakai

Ingin kulit glowing secara instant hingga bebas jerawat? Simak manfaat serta cara mudah membuat masker spirulina berikut ini!


Spirulina merupakan salah satu jenis tanaman ganggang yang kaya akan manfaat untuk tubuh. Tidak hanya mengandung antioksidan yang tinggi, spirulina juga kaya akan vitamin B dan zat besi. Manfaat antioksidan dan anti-inflamasinya membuat tanaman satu ini sudah digunakan pada berbagai perawatan kecantikan, termasuk untuk membuat masker wajah. Efek glowing dan kencangnya bisa kamu dapatkan sejak pemakaian pertama. Penasaran manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari masker spirulina? Simak manfaat selengkapnya dari masker spirulina untuk wajah berikut ini!

Baca Juga: Apa Itu Clay Mask? Simak Berbagai Manfaat & Cara Penggunaannya!

Manfaat Spirulina untuk Wajah

Spirulina tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga memberikan efek yang luar biasa pada kecantikan wajah dan kulit. Berikut ini merupakan berbagai manfaat yang bisa kamu terima dari masker Spirulina:

1. Mencegah Penuaan Dini

manfaat masker spirulina, penuaan dini

Sumber Gambar: Fimela

Berkat kandungan antioksidan didalamnya, Spirulina mampu mencegah penuaan dini. Untuk kamu yang setiap hari beraktivitas diluar ruangan, tentu saja kamu jadi lebih mudah terkena paparan radikal bebas, akibatnya kulit jadi lebih cepat menua. Solusinya, kamu bisa menggunakan masker Spirulina secara rutin, kandungan tanaman tersebut mampu menangkal paparan radikal bebas, serta mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Spirulina juga mengandung banyak asam amino penting, termasuk glisin dan prolin, yang menjaga kulit tetap kencang dan mendukung produksi kolagen tubuh.

2. Membantu Produksi Kolagen dan Mengencangkan Kulit

manfaat masker spirulina, produksi kolagen

Sumber Gambar: Beautyhaul

Spirulina mampu meningkatkan faktor pertumbuhan sel fibroblas dermal, sel ini membantu kulit untuk memproduksi kolagen dengan maksimal. Kolagen yang dihasilkan juga berfungsi untuk mengencangkan kulit. Spirulina juga mengandung asam amino, termasuk glisin dan prolin. Kandungan tersebutlah yang menjaga kulit tetap kencang, sambil mendukung produksi kolagen tubuh lebih maksimal.

3. Kulit Tampak Bercahaya

manfaat masker spirulina, kulit glowing

Sumber Gambar: Liputan 6

Spirulina memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan tersebut membantu mencerahkan kulit lebih maksimal. Bukan hanya cerah, kulit akan terlihat lebih lembut dan halus secara instant. Kamu bisa menggunakan masker spirulina secara rutin sebelum tidur, oleskan dengan merata di wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air mengalir.

4. Mencegah Infeksi Kulit Candida

manfaat masker spirulina, mencegah infeksi kulit

Sumber Gambar: Lifepack

Spirulina bersifat antijamur, sehingga bisa mencegah infeksi candida pada kulit. spirulina juga memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi. Kedua kandungan tersebut mampu mencegah infeksi kulit dari jamur jika digunakan secara rutin dengan cara yang tepat, selain itu sifat anti-inflamasinya juga bisa membantu meredakan peradangan.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

5. Mengobati Jerawat

Mengobati Jerawat

Sumber Gambar: Freepik

Spirulina memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang tinggi. Sehingga, bila maskernya dioleskan pada kulit yang berjerawat, dapat membantu penyembuhannya lebih cepat. Spirulina dapat menjadi pilihan pengobatan jerawat yang lebih baik, sebab selain terbuat dari bahan organik, khasiatnya pun sudah dibuktikan banyak orang.

6. Membantu Penyembuhan Psoriasis

manfaat masker spirulina, penyembuhan psoriasis

Sumber Gambar: Klikdokter

Psoriasis berbentuk bercak-bercak pada kulit, teksturnya juga kering dan gatal pada kulit pengidapnya. Ada berbagai macam pemicu psoriasis, namun spirulina dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasinya. Spirulina dikembangkan sebagai obat alami yang dapat digunakan untuk mengobati psoriasis, bila kamu mengidap psoriasis kamu bisa mencoba masker spirulina pada kulit yang gatal dan kering.

7. Melindungi Kulit dari Sinar UV

manfaat masker spirulina, melindungi dari sinar uv

Sumber Gambar: Liputan 6

Beraktivitas sepanjang hari diluar ruangan akan membuat kita terpapar sinar UV lebih sering. Paparan sinar UV tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kulit kamu, namun spirulina memiliki manfaat antioksidan yang tinggi. Sehingga kesehatan kulit kamu dapat lebih terjaga bila menggunakan masker spirulina dengan rutin.

8.  Mempercepat Penyembuhan luka

manfaat masker spirulina, mempercepat penyembuhan luka

Sumber Gambar: Suara

Spirulina memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan, sehingga penyembuhan luka dapat dilakukan dengan cepat. termasuk bila kamu memiliki bekas jerawat atau masih dalam tahap penyembuhan, spirulina dapat membantu penyembuhan lukas bekas jerawat kamu. 

9. Membantu Regenerenarasi Kulit

manfaat masker spirulina, regenerasi kulit

Sumber Gambar: Penn Medicine

Regenerasi kulit dapat membuat wajah tampak lebih halus dengan tekstur lebih lembut. Masker Spirulina bisa menjadi eksfoliator untuk membantumu mencapai kulit idaman kamu. Cara kerjanya masker ini cukup sederhana, ketika digunakan, spirulina akan mengangkat sel kulit mati secara perlahan, sehingga regenerasi kulit akan jadi lebih cepat.

Cara Membuat Masker Spirulina

Jika kamu ingin membuat masker spirulina sendiri, kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui beberapa langkah berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh madu
  • ½ sdt ekstrak spirulina atau 1 sdm bubuk spirulina

Petunjuk Penggunaan:

  1. Pertama-tama, campurkan bahan-bahan ke dalam mangkuk
  2. Bila sudah tercampur dengan rata, oleskan secara merata pada kulit wajah
  3. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bersihkan dengan air mengalir.
Baca Juga: Berbagai Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Wajah: Alami dan Ampuh!

Itu dia, Toppers beberapa manfaat yang bisa kamu terima dari masker Spirulina. Setelah membaca beberapa manfaat di atas, apakah kini kamu jadi tertarik untuk beralih ke masker Spirulina? Selalu jaga kesehatan kulit dengan menghindari sinar UV, rajin menggunakan skincare serta jaga pola hidup sehat. Selain itu, kamu bisa menemukan berbagai perawatan kulit wajah lainnya secara mudah hanya di Tokopedia!

jual produk kecantikan

Temukan berbagai kebutuhan perlengkapan kecantikan dari brand-brand terpercaya dan produk berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Claudia Jeheskiel

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

14 Masker Komedo Terbaik: Angkat Komedo, Buat Pori-Pori Bersih
Kecantikan
14 Masker Komedo Terbaik: Angkat Komedo, Buat Pori-Pori Bersih
Editor Picks
14 Masker Komedo Terbaik: Angkat Komedo, Buat Pori-Pori Bersih
14 Masker Komedo Terbaik: Angkat Komedo, Buat Pori-Pori Bersih
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia