• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Membaca Buku untuk Anak Sekolah hingga Dewasa

14 September 2023
Share
10 Manfaat Membaca Buku untuk Anak Sekolah hingga Dewasa

Apa saja manfaat membaca buku? Yuk, ketahui berbagai manfaat membaca buku dan bagaimana kebiasaan membaca dapat mengubah hidupmu!


Buku adalah jendela dunia yang membuka peluang tak terbatas untukmu. Saat membaca, kamu membuka dirimu pada pengetahuan yang tak terbatas, mengasah kreativitas, dan meningkatkan pemahamanmu tentang berbagai hal.

Membaca buku secara rutin juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk diri kamu. Beberapa manfaat membaca buku di antaranya seperti meningkatkan fokus dan daya ingat, serta mengurangi stress.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Healing Terpopuler 2023
article

Siap-siap berpetualang di koleksi cerpen dan dongeng terbaik Bobo dari tahun 70-90an! Yuk, klik banner di atas untuk Pre-Order Bobo Edisi Koleksi 50 Tahun Cerpen & Dongeng, dapatkan harga spesial serta bonus eksklusif.

Manfaat Membaca Buku Bagi Anak-anak hingga Dewasa

apa manfaat membaca buku

Sumber Gambar: Unsplash

Membaca buku dapat memberikan manfaat yang baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Penasaran apa saja manfaat baca buku lainnya? Simak berikut ini!

1. Stimulasi Otak

Membaca secara rutin dapat menstimulasi kerja otak menjadi lebih baik. Membaca dapat menjaga kerja otak menjadi lebih aktif dan mencegah penurunan daya ingat seiring dengan bertambahnya usia.

Sama seperti otot, otak juga membutuhkan latihan agar dapat menjaga kemampuan berpikir kritis dan analitis. Sehingga membaca dapat menjadi salah satu pilihan untuk tetap merangsang kerja otak secara aktif.

2. Mengurangi Stress

Membaca merupakan salah satu cara untuk mengurangi beban dan stress yang dihadapi. Kamu dapat meluangkan waktu sejenak untuk menemukan buku yang tepat untuk kamu. Pilihlah buku dengan genre yang kamu minati, maka membaca tidak lagi terasa memberatkan.

Membaca dapat menjadi terapi sederhana untuk mengalihkan kamu dari hiruk pikuk pekerjaan dan tekanan disekitar, cobalah meluangkan waktu seminggu sekali untuk membaca dan melepas penat.

3. Menambah Pengetahuan

Pernah dengar istilah bahwa buku merupakan jendela dunia? hal ini benar adanya, kamu bisa mendapatkan berbagai pengetahuan dengan rutin membaca buku, kamu juga bisa menemukan informasi yang selama ini kamu cari dengan buku yang tepat.

Pengetahuan kamu tidak akan berhenti sampai disana jika kamu terus memperbesar kapasitas diri dengan rutin memberikan pengetahuan baru melalui buku bacaan kamu.

4. Memperluas Kosakata

Manfaat membaca buku selanjutnya adalah dapat memperluas kosakata. Bila selama ini kamu kesulitan untuk merangkai kata yang tepat, dengan membaca kamu dapat mengatasi hal tersebut. Rutin membaca berbagai buku akan memberikan kosa kata yang lebih beragam pada dirimu.

Hal tersebut tentu saja dapat membantu kamu dalam aktivitas maupun kegiatan sehari-hari, dengan kosa kata yang lebih beragam, kata-kata yang kamu rangkai akan lebih bermakna dan tafsiran yang luas.

5. Meningkatkan Memori

Ketika kamu membaca buku, secara tidak sadar kamu akan terbawa dalam karakter, suasana maupun latar belakang cerita di dalamnya. Hal ini akan membantu kamu untuk meningkatkan dan melatih daya ingat.

Semakin sering membaca buku, semakin terlatih juga untuk mengingat sesuatu dengan mudah, termasuk ini akan berguna dalam hal belajar atau ujian. Kamu akan lebih mudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Novel Wattpad Best Seller, Kisah Seru dan Unik!

6. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Bila kamu membaca sebuah buku misteri atau genre tertentu, kamu akan dipaksa berpikir dan  terbawa dalam naskahnya. Kamu akan mulai menebak-nebak dan menganalisa apa yang akan terjadi dalam alur cerita tersebut.

Kemampuan untuk menganalisis sesuatu dapat kamu tingkatkan melalui baca buku, terutama dalam bacaan tertentu yang dapat membawa kamu berpikir semakin kritis.

7. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Manfaat membaca buku yang satu ini memang tidak terbantahkan! Saat membaca buku, kamu dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Semakin kamu terbawa dalam alur buku tersebut, maka semakin kamu berkonsentrasi hanya pada cerita dan tulisannya.

Hal ini akan membawa dampak yang baik dalam pekerjaan atau rutinitas harian kamu. Tentu saja kamu juga bisa menerapkannya dalam aktivitas dan kegiatan sehari-hari yang membutuhkan konsentrasi tambahan.

8. Merangsang Kreativitas

Membaca buku juga dapat merangsang kreativitas kamu. Hal ini berguna dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mendapatkan berbagai ide cemerlang yang terinspirasi dari buku-buku yang kamu baca

bahkan kamu bisa melatih imaginasi kamu agar dapat bekerja menghasilkan sesuatu yang baru dan kreativ yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

9. Memberikan Ketenangan

Membaca buku dapat memberikan ketenangan bagi kamu, terutama bila topik yang kamu baca mengenai kedamaian dan penguasaan diri. Pemikiran kamu akan semakin dibuka untuk mengenal diri sendiri.

salah satunya, kamu bisa membaca buku spiritual, buku tersebut dapat memberikan motivasi, ketenangan diri dan membantu kamu mengatasi hal-hal tertentu yang membuat kamu gelisah saat itu.

10. Hiburan yang Bermanfaat

Membaca dapat menjadi hiburan yang paling bermanfaat, mungkin kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sebesar jika kamu berlibur di luar negri. Dengan membaca kamu bisa mendapatkan hiburan sekaligus pengetahuan yang dapat kamu gunakan hingga hari tua nanti.

Manfaatnya tentu jauh lebih banyak dibanding biaya yang dapat kamu keluarkan untuk membeli buku. Investasikan masa depan kamu dengan hiburan bermanfaat seperti membaca.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Buku Anak Terbaru untuk Usia 1-4 Tahun

Itulah beberapa manfaat membaca buku yang bisa kamu dapatkan. Bagaimana Toppers, tidak rugi kan jika kamu gemar membaca? Jadikan membaca sebagai bagian dari rutinitas kamu agar kamu bisa menikmati setiap waktu yang kamu gunakan untuk membaca dan memperluas pengetahuan.

Bagi kamu yang ingin menambah koleksi buku, Kamu bisa temukan koleksi buku terlengkap di Tokopedia. Temukan juga berbagai perlengkapan belajar dan sekolahmu seperti alat tulis hingga tas sekolah hanya di Tokopedia.

jual buku

Isi waktu luang dengan lebih berkualitas dengan buku-buku pilihan terbaik di sini!

Penulis: Claudia Angelista

© 2009-2023, PT Tokopedia