Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

22 Manfaat Minyak Zaitun: Rahasia Awet Muda hingga Rambut Sehat

03 November 2020
Share icon
Share
22 Manfaat Minyak Zaitun: Rahasia Awet Muda hingga Rambut Sehat

Daftar manfaat minyak zaitun bagi kecantikan hingga kesehatan. Rahasia kulit sehat dan awet muda, rambut indah, hingga cegah kanker.


Sedang mencari obat alami yang membantu kamu melawan penuaan? Minyak zaitun bisa jadi jawabannya.

Namun, dari mana sih minyak zaitun ini berasal. Bagi kamu yang belum tahu, minyak zaitun sebenarnya adalah ekstrak buah Olea europaea (buah zaitun), yang pohonnya mudah ditemukan di daerah Mediterania atau Laut Tengah.

Selama bertahun-tahun, ekstrak buah zaitun ini memang populer digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan, sabun, maupun bahan produk kecantikan lainnya.

Bahkan, ratu Cleopatra dari Mesir saja diketahui sebagai pemakai rutin minyak zaitun semasa hidupnya. Tidak heran jika Cleopatra disebut sebagai perempuan yang kecantikannya awet.

COD Tokopedia
Belanja kian nyaman dan tenang berkat fitur Cash on Delivery (COD) Tokopedia, bayar di tempat aja!

Baca Juga: Tips dan Cara Mengatasi Kulit Kering Paling Efektif

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan dan Kesehatan

Memang, banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi minyak zaitun. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Menghindari Kulit Keriput

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Sumber Gambar: Pexels

Pertambahan usia dan kebiasaan hidup sehari-hari juga bisa mempengaruhi kerutan pada wajah kita.

Jika kulit tidak dirawat, bukan tidak mungkin timbulnya keriput pada wajah, leher dan pundak jadi lebih cepat. Untungnya, kamu bisa menghindari ini dengan menggunakan minyak zaitun, Toppers. Inilah manfaat minyak zaitun yang pertama.

2. Melindungi Wajah dari Kerusakan

khasiat minyak zaitun
Sumber Gambar: Pexels

Kondisi lingkungan tempat kamu tinggal juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Contohnya, bagi kamu yang tinggal di kota besar, polusi udara yang tinggi dapat merusak kulit tubuh dan wajah.

Tapi, jangan khawatir Toppers. Sebab, minyak zaitun memiliki khasiat melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan akibat polusi karena kandungannya yang akan anti-oksidan.

3. Mempersempit Pori-Pori Wajah

Sumber Gambar: Pexels

Pori-pori wajah yang lebar akan membuat wajah terlihat kurang menarik dan nampak tua. Untungnya, salah satu manfaat minyak zaitun adalah kemampuannya mengecilkan pori-pori wajah.

Jika kamu mengalami ini, segera oleskan wajah dengan minyak zaitun. Hal ini diseabkan karena minyak zaitun mengandung zat linoleic yang mampu mengecilkan pori-pori wajah dan membuat kamu jadi lebih terlihat muda.

4. Obat Jerawat Alami

manfaat minyak zaitun mencegah jerawat
Sumber Gambar: Allure

Kesal dengan jerawat yang selalu muncul di wajah? Jangan khawatir, Toppers sebab kini kamu bisa mengatasi masalahmu lebih cepat.

Salah satu caranya adalah dengan mengusapkan minyak zaitun ke wajah secara rutin. Asal kamu tahu, minyak zaitun memiliki khasiat sebagai obat jerawat alami berkat kandungan vitamin, anti racun dan infeksi, anti bakteri serta anti inflamasi.

5. Bikin Wajah Lebih Mulus dan Putih Bersinar

kegunaan minyak zaitun untuk kulit mulus
Sumber Gambar: Pexels

Jadikan minyak zaitun sebagai salah satu bahan untuk masker, dipadukan dengan buah-buahan yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Dengan rutin menggunakannya, kamu akan mendapatkan kulit wajah yang lebih halus dan mulus.

Selain membuat wajahmu lebih mulus, minyak zaitun juga berkhasiat dalam memberi warna kulit yang lebih putih dan cerah.

Kandungan polifenol lah yang berjasa untuk menjadikan kulit wajahmu menjadi lebih bersinar.

6. Mencegah Rambut Bercabang

manfaat zaitun untuk rambut sehat
Sumber Gambar: Pexels

Kalau Toppers punya rambut yang kasar, bercabang dan susah diatur, minyak zaitun juga bisa jadi senjata yang tepat untuk melawannya!

Pijat kulit kepalamu dengan minyak zaitun hangat, biarkan meresap selama satu jam, lalu bersihkan dengan shampoo dan conditioner seperti biasa. Inilah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut.

Baca Juga: Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit & Wajah

7. Menghilangkan Ketombe

manfaat zaitun menghilangkan ketombe
Sumber gambar: newscientist

Punya masalah ketombe yang sudah sangat mengganggu? Kamu bisa manfaatkan minyak zaitun untuk menghilangkan ketombe, Toppers.

Gunakan minyak zaitun dengan cara dioles dan diratakan dengan sisir. Jika perlu, tambah perasan air jeruk lemon agar hasil lebih maksimal. Jika sudah kering, bilas dengan air bersih dan keramas.

8. Melawan Kebotakan

kegunaan minyak zaitun
Sumber Gambar: Medical News Today

Rambut kamu sering rontok dan patah-patah? Atasi masalah ini dengan minyak zaitun. Karena minyak ini mampu membuat rambut lebih kuat hingga ke akarnya. Hasilnya akan lebih maksimal jika kamu menambahkan kuning telur, Toppers.

9. Melembapkan Rambut

manfaat zaitun
Sumber Gambar: Pexels

Olive oil adalah solusi bagi kamu yang memiliki rambut kering dan ‘kasar’. Usapkan minyak zaitun ke rambutmu secara merata, tunggu 10 hingga 15 menit, lalu bilas sampai tuntas. Khasiatnya akan langsung terasa.

10. Merawat Rambut Rusak

kegunaan minyak zaitun mencegah rambut rusak
Sumber Gambar: Wikihow

Rambut rusak dan bercabang mungkin hampir dialami oleh setiap orang. Apalagi kamu yang sering gonta-ganti gaya rambut dan mewarnai rambut.

Minyak zaitun bisa membantu membuat rambutmu menjadi sehat kembali dan meminimalisir rambut bercabang.

11. Memperlancar Kerja Pencernaan

manfaat zaitun untuk pencernaan
Sumber gambar: pexels

Menggunakan minyak zaitun alih-alih mentega/margarin ketika memasak makanan yang akan kita konsumsi adalah alternatif yang jauh lebih menguntungkan bagi kesehatan manusia.

Alasannya karena minyak zaitun mampu meningkatkan produksi peptida yang dapat membuat seluruh organ pencernaan manusia lebih sehat dan bekerja dengan lebih baik.

Ketika minyak zaitun masuk ke dalam usus, ia membantu usus menyerap lebih banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh seraya menyingkirkan kandungan makanan yang tidak terlalu bermanfaat.

Selain itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health menyatakan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi resiko terkena kanker pankreas.

aloe vera
Perbaiki dan pertahankan kesehatan kulit dengan rangkaian produk aloe vera pilihan di sini!

Baca Juga: Bahan Natural Skincare Terbaik untuk Kulit Cantik dan Bersinar

12. Mencegah Risiko Depresi

khasiat minyak zaitun untuk kecantikan
Sumber gambar: pexels

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak zaitun sebenarnya adalah lemak yang diekstrak dari buah zaitun.

Namun, jenis lemak yang terdapat dalam buah zaitun adalah monounsaturated fat, jenis lemak sehat yang berbeda dengan lemak trans-fat yang dikandung fast-food.

Sebuah penelitian yang dilakukan dokter Sanchez-Villegas dan timnya yang berasal dari sebuah universitas di Spanyol terhadap kurang lebih 12.000 orang.

Membuktikan bahwa dibandingkan dengan individu yang hanya mendapat asupan healthy fat dari minyak zaitun, individu yang rutin mengonsumsi trans-fat memiliki 48 persen lebih besar kemungkinan mengidap depresi.

13. Memerangi Penyakit Alzheimer

manfaat minyak zaitun
Sumber Gambar: Pexels

Alzheimer’s disease atau dementia adalah penyakit lupa ingatan yang menghantui sekitar 60-80 persen orang lanjut usia di dunia.

Di Indonesia sendiri, hingga saat ini sudah terdapat sekitar 2 juta kasus alzheimer yang terjadi tiap tahunnya.

Kabar baiknya, tim dokter yang dipimpin dokter Domenico Pratico menemukan bahwa konsumsi minyak zaitun terbukti memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk mengurangi resiko terserang penyakit alzheimer.

Hal ini karena minyak zaitun mengurangi produksi amyloid plaque dan phosporylated, dua protein jahat penyebab utama terjadinya kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab atas penyimpanan memori dan fungsi mental tubuh.

14. Meredakan Peradangan dan Rasa Sakit

khasiat minyak zaitun mengurangi rasa sakit
Sumber gambar: pixabay

Manfaat minyak zaitun yang lain adalah untuk mengurangi peradangan atau rasa sakit. Untuk teman-teman ketahui, banyak sekali penyakit kronis yang diawali oleh peradangan di dalam tubuh, contohnya berbagai jenis kanker, cardiovascular disease, hingga rheumatoid arthritis.

Minyak zaitun mengandung bahan-bahan antioksidan seperti oleic acid dan oleochantal yang ampuh untuk melawan peradangan tersebut.

Hasil dari sebuah penelitian mengenai manfaat minyak zaitun terhadap kesehatan yang diterbitkan British Journal of Medicine (2005) menyatakan bahwa 50 ml extra virgin olive oil berfungsi sama baiknya dengan 10 persen ibuprofen, yakni obat pengurang rasa sakit.

15. Mencegah Penyakit Kanker

manfaat minyak zaitun
Sumber gambar: pixabay

Seperti sudah disinggung di atas, kandungan dalam minyak zaitun memiliki sifat antioksidan yang tinggi, sehingga membuatnya dapat memerangi penyebab penyakit kanker. Hal ini berlaku terutama penyakit kanker payudara dan kanker kulit.

16. Melembapkan Kulit Kering

fungsi minyak zaitun
Sumber gambar: pixabay

Kulit wajah, badan, atau kulit kepala kamu yang kering? Coba cari produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun, Toppers!

Sebab, minyak zaitun dapat menyerap hingga ke lapisan terdalam kulit. Sehingga ia bagus sekali bila digunakan sebagai night cream atau pelembab sehari-hari.

Penggunaan minyak zaitun secara rutin bermanfaat menjaga kulit agar terlindung dari partikel-partikel asing dan memenuhi kebutuhan kulit akan adanya cairan.

Selain dapat melembabkan kulit, kombinasi minyak zaitun dan lemon dalam produk kecantikan juga dapat membuat kulit segar dan cerah.

Baca Juga: Exfoliating Toner Terbaik, Angkat Kulit Mati Mulai Rp 19 Ribuan!

17. Menunda Penuaan Kulit

manfaat minyak zaitun
Sumber gambar: pixabay

Minyak zaitun disebut-sebut sebagai salah satu bahan yang efektif untuk menunda hadirnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan flek hitam.

Hal ini karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang tinggi. Kedua vitamin tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik dalam melindungi permukaan kulit dari kerusakan atau polusi udara.

Selain itu, penggunaan minyak zaitun secara rutin juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

18. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

khasiat minyak zaitun
Sumber gambar: pexels

Jika kamu sering beraktivitas di luar ruang, apalagi saat siang hari, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai pelindung kulit. Dengan begini, kulitmu terhindar dari bahaya sinar ultraviolet.

19. Mengobati Gatal-gatal

manfaat minyak zaitun mengobati gatal gatal
Sumber gambar: pexels

Selain melindungi kulit dari panasnya sinar matahari, kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengobati gatal-gatal pada kulit.

Seperti yang telah disebutkan di atas, hal ini karena olive oil mengandung sifat anti inflamasi.

20. Meregenerasi Kulit

manfaat minyak zaitun untuk wajah
Sumber Gambar: Pxabay

Lakukan scrubbing secara teratur dengan mencampurkan minyak zaitun dengan gula pasir.

Oleskan setiap hari sebelum tidur pada kulitmu, dan bilas dengan menggunakan air hangat. Jika rutin melakan ini, kulit akan beregenerasi dan kamu terlihat lebih muda.

21. Membuat Kulit Bibir Lebih Merah

manfaat minyak zaitun untuk bibir
Sumber gambar: pixabay

Jika kulit bibir kamu terlihat gelap, kamu bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mencerahkan dan membuat bibirmu lebih sehat.

Asal Toppers tahu saja, kandungan di dalam minyak zaitun memiliki manfaat yang dapat membuat bibir lebih merah dan segar.

22. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah juga dapat diatasi dengan mengoleskan minyak zaitun secara rutin, Toppers. Jadikanlah olive oil sebagai scrub bibir yang alami. Ini akan membuat sel-sel kulit mati mengelupas dan digatinkan oleh sel baru yang lebih sehat.

Baca juga: Cara Cepat Memanjangkan Rambut dalam Waktu Singkat

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk wajah, bibir, kulit, rambut dan kesehatan tubuh. Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk menggunakan minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari, ya!

Kalau kalian kesulitan menemukannya, beli secara praktis dan dengan harga termurah hanya di Tokopedia! Jangan lupa, lengkapi kebutuhan kecantikan dan perawatan tubuh dengan berbagai penawaran menarik!

Jual Minyak Zaitun
Temukan minyak zaitun berkualitas untuk berbagai kebutuhan di sini!
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

Editor Picks
NFT, Masa Depan Seni Digital atau 'Fatamorgana'?
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia