10 Manga Terbaik Sepanjang Masa, Romance, Action & Adventure

0
334
manga terbaik isekai
Sumber gambar: Japan Web Magazine

Berikut ini daftar manga terbaik sepanjang masa yang asik dan seru untuk diikuti. Untuk kamu yang butuh referensi bacaan, yuk, cek list nya di artikel ini.


Manga merupakan komik atau novel kartun yang beras dari Jepang. Memiliki sejarah yang panjang, manga tidak hanya dibuat untuk anak-anak tetapi remaja hingga orang dewasa sekalipun dapat membaca manga.

Selain ditulis dalam bahasa Jepang ciri khas manga lainnya adalah memiliki gambar serta isi yang berbeda dengan komik-komik asal negara lainnya.

Sejak abad 19 hingga saat ini manga berhasil bertahan dan semakin berkembang dengan genre yang semakin banyak juga.

Hingga saat ini ada sekitar 45 genre manga yang telah diterbitkan, beberapa di antaranya seperti Fantasy, Drama, Slice of Life, Sport, Martial Art, Sci-Fi, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini sudah ada 10 manga terbaik sepanjang masa dengan total penjualan hingga puluhan juta kopi, penasaran apa saja? Yuk, simak selengkapnya.

figure hot toys

Daftar Manga Terbaik, dari Klasik hingga Modern

1. Case Closed: Detective Conan

manga terbaik
Sumber South China Morning Post

Cased Close atau lebih dikenal dengan Detective Conan merupakan manga klasik yang sempat populer pada era 1996 ini merupakan salah satu manga terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Memiliki kesan serupa dengan Sherlock Holmes, Conan tokoh utama dalam manga ini merupakan seorang anak jenius yang banyak berkontribusi membantu kepolisian Jepang dalam mengungkap kasus-kasus rumit. Versi Tankobon dari manga ini berhasil terjual sebanyak 230 juta kopi di seluruh dunia.

2. Slam Dunk

manga terbaik
Sumber gambar: Viz Blog

Takehiko Inoue sepertinya merupakan salah satu komikus berbakat asal Jepang, yang beberapa karyanya berhasil mendunia.

Selain Vagabond, salah satu manga legendaris lainnya adalah Slam Dunk. Merupakan komik tentang olahraga, Slam Dunk bercerita tentang sebuah klub basket SMA Shohoku.

Berhasil menjual 121 juta kopi di jepang, Inoue dianugerahi penghargaan khusus oleh Asosiasi Bola Basket Jepang karena ikut berkontribusi mempopulerkan olahraga basket di negeri tersebut.

BACA JUGA: 10 Anime Tersedih Ini Pasti Sukses Mengaduk Emosi-mu

3. Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba

manga terbaik
Sumber gambar: Qoon App

Terjual sebanyak 80 juta kopi per 2020 kemarin, Demon Slayer masuk dalam salah satu manga terbaik tahun ini.

Ditulis oleh Koyoharu Gotoge, manga ini menceritakan perjalanan Tanjiro  Kun yang terpaksa menjadi seorang pemburu monster untuk balas dendam sekaligus bisa menyelamatkan jiwa adiknya agar kembali menjadi manusia.

Versi animenya sendiri mendapat banyak penghargaan dan disebut-sebut sebagai anime terbaik pada dekade 2010-an.

4. Hunter x Hunter

manga terbaik
Sumber gambar: HBO Max

Jika kamu salah satu pecinta seri manga shounen dengan banyak adegan brutal di dalamnya Hunter x Hunter merupakan yang terbaik.

Ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi sejak 1998 hingga 2016, manga ini berhasil terjual sebanyak 72 juta kopi di Jepang pada 2018.

Manga ini menceritakan petualangan Gon Freecs yang memutuskan untuk menjadi seorang pemburu agar bisa bertemu dengan ayahnya. Mirip seperti One Piece, Hunter x Hunter juga banyak diwarnai dengan adegan berburu harta karun, hewan langka, serta para pelanggar hukum.

5. One Punch Man

manga terbaik
Sumber gambar: Wallpaper Flare

One Punch Man juga merupakan serial manga superhero yang populer dan paling antimainstream diantara jenis manga lainnya.

Pertama kali diterbitkan pada 2009, One Punch Man berhasil menjual sebanyak 11 juta kopi. Berkat kesuksesan tersebut, pada 2015 manga ini kemudian diangkat dalam serial anime.

Untuk jalan ceritanya sendiri, mengisahkan Saitama tokoh protagonis sekaligus hero dalam cerita yang dianugerahi dengan kekuatan luar biasa yaitu dapat mengalahkan musuh-musuhnya hanya dengan satu pukulan saja.

BACA JUGA: 20 Daftar Anime Action Terbaik yang Direkomendasikan Otaku

6. One Piece

manga terbaik
Sumber gambar: Video Tape News

Cerita Luffy dan teman-teman rupanya berhasil mencuri hati penggemar Manga hampir di seluruh dunia.

Tidak heran One Piece disebut-sebut sebagai salah satu manga terbaik, dengan total penjualan sebanyak 7.709.667 pada 2020 dan sudah diterjemahkan dalam 40 bahasa.

Ditulis dan diilustrasikan oleh Eiichiro Oda, One Piece menggambarkan kehidupan para bajak laut.

Tidak hanya memiliki jalan cerita yang menarik, manga ini semakin disukai karena karakter serta monster-monster di dalamnya yang cukup unik.

7. Vagabond

manga terbaik
Sumber gambar: Selipan

Saat membuat Vagabond Takehiko Inoue terinspirasi dari sebuah Novel berjudul Musashi karya Eiji Yoshikawa.

Manga ini menceritakan kisah seorang petarung paling ambisius Miyamoto Musashi yang ingin menjadi nomor satu di dunia.

Selain alur cerita menarik, keunggulan manga Vagabond adalah ilustrasinya yang indah. Meskipun sempat menuai kritik pedas karena adegan kekerasan berlebihan, namun Takehiko dianugerahi penghargaan Kebudayaan Osamu Tezuka berkat Vagabond.

BACA JUGA: Dari Gin Tama Hingga Narogami, Inilah 25 Anime Terbaik Sepanjang Masa

8. Oyasumi Punpun

manga terbaik
Sumber gambar: Player One

Meskipun tidak sepopuler manga lainnya yang sudah disebutkan tadi, Oyasumi Punpun merupakan salah satu seri manga  slice-of life dan drama terbaik.

Disebut terbaik karena manga psikologis ini menawarkan pembaca untuk melihat realitas pahit dan manisnya kehidupan. 

9. Berserk

manga terbaik
Sumber gambar: Game Spot

Salah satu manga klasik terbaik yang terbit pada 1989, Berserk menceritakan petualangan Guts yang kabur bersama seorang wanita dari kerajaan iblis.

Serupa dengan genre manga seinen lainnya, Berserk diwarnai aksi berkelahi, petualangan, dan fantasy khas komik-komik jepang. Selain anime, manga ini juga diadaptasi dalam bentuk video game.

10. Kaichou wa Maid-Sama

manga terbaik
Sumber gambar: Fanpop

Serupa dengan judulnya Kaichou wa Maid-Sama memiliki arti ketua kelas adalah seorang pelayan menceritakan kisah Misaki dan Takumi yang terjebak cinta lokasi. Memiliki nuansa romantis-komedi, manga Maid-Sama sangat populer dikalangan remaja perempuan.

BACA JUGA: 30 Anime Slice of Life Terbaik dan Terpopuler

Itu dia Toppers 10 manga terbaik sepanjang masa, beberapa diantaranya mungkin sudah kamu ketahu.

Selain ceritanya seru manga juga memiliki banyak pesan moral di dalamnya. Beli manga atau komik kesukaan kamu terlengkap cuma di Tokopedia! Temukan juga action figure dan beragam mainan terbaru dan terlengkap hanya di Tokopedia.

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Penulis: Andina Apriliani