Tips Memilih kacamata

7 Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

/   Fashion Wanita, Gaya dan Fashion Pria, Tips dan Trik

Sebagian besar dari kita berpikiran bahwa aspek terpenting dalam memilih bingkai kacamata adalah bagaimana penampilannya di wajah kita, apakah cocok atau tidak sesuai dengan bentuk wajah.

Kamu bisa mencoba setiap pasang kacamata di optik untuk mengetahui bagaimana masing-masing kacamata terlihat di wajah-mu, namun hal ini dapat membuang banyak waktu. Hal termudah untuk menentukan kacamata apa yang pas untuk wajah ialah dengan menentukan bentuk wajah serta pahami gaya dan warna kacamata mana yang paling bagus untukmu.

Berikut adalah tips untuk memilih kacamata sesuai bentuk wajah yang dapat Toppers ikuti pada saat akan membeli kacamata.

Tips Memilih Kacamata

Kacamata untuk bentuk wajah Oval

Wajah oval dianggap bentuk wajah ideal karena proporsinya yang seimbang. Untuk menjaga keseimbangan wajah berbentuk oval, carilah bingkai kacamata yang selebar (atau lebih lebar dari) bagian terluas wajah, atau bingkai yang berbentuk dan terlihat tidak terlalu sempit pada wajah mu.

Kacamata untuk bentuk wajah Hati

Bentuk wajah ini memiliki bagian bawah yang kecil dan bagian dahi yang lebar. Untuk meminimalkan lebar di bagian atas wajah, coba bingkai kacamata yang lebih lebar di bagian bawahnya. Pilih warna dan material yang ringan dengan gaya bingkai tanpa bingkai, lensa hanya dipasang di tempat oleh beberapa sekrup, tanpa bingkai di sekitarnya.

Kacamata untuk bentuk wajah Panjang

Wajah berbentuk panjang memiliki garis pipi lurus yang panjang dan terkadang memiliki hidung panjang juga. Untuk membuat wajah berbentuk panjang atau lonjong tampak lebih pendek dan lebih seimbang, cobalah bingkai yang tidak lebar, atau dengan bridge kacamata yang rendah untuk ilusi hidung lebih pendek.

Kacamata untuk bentuk wajah Persegi

Wajah persegi memiliki garis rahang yang kuat dan dahi yang lebar, ditambah dengan lebar dan panjangnya dalam proporsi yang sama. Untuk membuat wajah persegi terlihat lebih panjang dan melembutkan setiap sudutnya, cobalah gaya bingkai kacamata yang sempit.

Kacamata untuk bentuk wajah Berlian

kacamata bulat

Wajah berbentuk berlian ialah bentuk wajah yang sempit di garis mata dan rahang, dan memiliki tulang pipi lebar yang tinggi. Ini adalah bentuk wajah yang paling jarang ditemui. Untuk menyorot mata dan melembutkan tulang pipi, cobalah kacamata tanpa bingkai atau bentuk kacamata oval dan cat-eye.

Kacamata untuk bentuk wajah Bulat

Wajah bulat memiliki garis melengkung dengan lebar dan panjang dalam proporsi yang sama dan tanpa sudut. Untuk membuat wajah bundar tampak lebih kurus, cobalah bingkai kacamata dengan sudut sempit untuk memanjangkan wajah, bridge transparan yang melebarkan mata, seperti bentuk persegi panjang.

Kacamata untuk bentuk wajah Segitiga

Wajah segitiga memiliki dahi yang sempit dan melebar di daerah pipi dan dagu. Untuk menambahkan lebar dan menyeimbangkan sepertiga bagian atas yang sempit, cobalah bingkai cat eye atau mata kucing.

Yang terpenting, pilih kacamata yang tidak hanya menyeimbangkan fitur wajah mu, tapi juga melengkapi gaya pribadi yang mencerminkan diri mu, kacamata yang akan nyaman dan yang lebih penting lagi, membuat mu percaya diri saat mengenakannya.

Setiap model kacamata memiliki karakternya tersendiri. Jika kamu menyukai kacamata model aviator atau cat eye tapi kamu takut apakah kacamata tersebut cocok atau tidak denganmu, cobalah ke optik terlebih dahulu. Jika tips di atas tidak menyarankan model kacamata yang kamu suka sesuai bentuk wajah mu tetapi kamu percaya diri menggunakannya, go for it! Jangan jadikan tips di atas penghambat kamu untuk mencoba gaya kacamata lainnya, ya.

kacamata aviator

THEAUTHOR

Namira Faza

Namira Faza has written 59 Article, See all posts