Mengulik Sejarah Internet di Dunia

510
sejarah internet

Mengulik Sejarah Internet di Dunia – Zaman sekarang internet seakan menjadi kebutuhan utama setiap orang. Internet digunakan hampir di setiap kegiatan dan kesempatan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali kegiatan yang terbantu dengan kehadiran internet sehingga dapat diselesaikan lebih cepat dari waktu yang seharusnya.

Namun, tahukah kamu sejarah dari internet itu sendiri? Internet ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang lho, Toppers! Ingin tau seperti apa? Nah, kebetulan kali ini kita akan membahas sejarah internet! Yuk simak artikel berikut ini!

Baca juga: Kumpulan Aplikasi Ini Buat Kuota Internet Kamu Jauh Lebih Hemat!

Sejarah Internet di Dunia

network cables
Sumber : Pexels

Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking, yang berarti jaringan komunikasi global yang menghubungkan milyaran jaringan komputer di seluruh penjuru dunia menggunakan media komunikasi seperti satelit dan telepon.

Internet berawal pada tahun 1969 dan pada saat itu internet hanyalah sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA. ARPA merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek tersebut diberi nama ARPANET. Yakni singkatan dari Advanced Research Project Agency Network.

computer office
Sumber : Pexels

Proyek tersebut mendapatkan hasil temuan tentang bagaimana perangkat lunak (software) komputer yang berbasis UNIX dapat berpadu padan dengan perangkat keras (hardware). Sehingga, para pengembangnya mulai menyadari bahwa hal tersebut dapat membantu manusia untuk berkomunikasi jarak jauh melalui saluran telepon. Padahal, pada awalnya hanya akan digunakan untuk kepentingan militer saja.

baner Maret Mantap

Kemudian, pada tahun 1986 sistem nama domain mulai diperkenalkan kepada masyarakat, atau yang saat ini kita kenal dengan istilah DNS alias Domain Name System. DNS ini berfungsi untuk menyamakan sistem pemberian nama alamat yang ada pada jaringan komputer.

Hingga kemudian pada tahun 2000-an, internet semakin berkembang dengan sangat pesat.

Berawal dari sebuah proyek militer, penemuan internet terus dikembangkan hingga pada akhirnya menjadi internet seperti yang kita kenal sekarang dan hingga kini, sejarah internet masih terus saja berkembang.

ipad
Sumber : pexels

Baca juga: 6 Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Mudah

Itulah sejarah internet, Toppers! Yang pasti, perkembangan internet akan terus dilanjutkan dan siapa tahu nanti akan banyak fitur-fitur baru yang bahkan kita belum terbayangkan! Saat ini, kita paling banyak menggunakan internet untuk social media. Bahkan terkadang kita tidak bisa lepas dari sosial media dan membutuhkan internet yang kencang untuk upload foto-foto kita di sosial media! Tapi jangan lupa Toppers, selain internet kencang, smartphone kamu juga musti kencang! Temukan ratusan jenisĀ smartphone terbaik dan termurah di Tokopedia!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Bagikan Artikel