• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Menilik Sejarah Internet, Sudah Ada di Indonesia Sejak Tahun 1990-an!

26 September 2022
Share
Menilik Sejarah Internet, Sudah Ada di Indonesia Sejak Tahun 1990-an!

Sejarah internet dimulai pada tahun 1960-an, dan mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1990an. Simak informasinya berikut!


Saat ini, di era modern penggunaan internet sudah melekat pada kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga lansia sudah akrab dengan internet. Semua sektor juga membutuhkan internet untuk mobilisasinya.

Internet merupakan singkatan dari interconnected network, yaitu jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer dengan jaringan komputer di seluruh dunia. Internet memungkinkan kita terhubung dengan orang dari belahan bumi lainnya untuk berkomunikasi tanpa batas.

Tapi, apakah kamu tahu bagaimana sejarah perkembangan internet di dunia? Faktanya, internet mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1990-an, loh! Yuk, simak informasi berikut ini untuk mengetahui sejarah internet!

Baca Juga: Cek Pemilik Nomor Telepon: 9 Cara Aman dan Tepat

Sejarah Internet di Dunia

Internet sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dengan internet, semua orang dapat terhubung dengan mudah meskipun jauh. Uniknya, dahulu internet hanya digunakan untuk kepentingan militer! Namun, seiring berjalannya waktu, publik dapat menggunakan internet. 

1969: Awal Kemunculan Internet

Internet ketika masih menjadi Arpanet.

Sumber Gambar: Tadviser.ru

Internet berawal pada tahun 1969 dan pada saat itu internet hanyalah sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA. ARPA merupakan bagian dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek tersebut diberi nama ARPANET. Yakni singkatan dari Advanced Research Project Agency Network.

Proyek tersebut mendapatkan hasil temuan tentang bagaimana perangkat lunak (software) komputer yang berbasis UNIX dapat berpadu padan dengan perangkat keras (hardware).

Sehingga, para pengembangnya mulai menyadari bahwa hal tersebut dapat membantu manusia untuk berkomunikasi jarak jauh melalui saluran telepon. Padahal, pada awalnya hanya akan digunakan untuk kepentingan militer saja.

Baca juga: Cara Reset iPhone: Mudah Hapus Data, Seperti Baru

1986: Sistem Domain Mulai Diperkenalkan

Seorang peneliti internet yang berada di dekat tabung pengolahan data.

Sumber Gambar: Wikimedia

Setelah itu, pada tahun 1986 sistem nama domain mulai diperkenalkan kepada masyarakat, atau yang saat ini kita kenal dengan istilah DNS alias Domain Name System. DNS ini berfungsi untuk menyamakan sistem pemberian nama alamat yang ada pada jaringan komputer.

1990-an: Mulai Masuk ke Indonesia

Ilustrasi orang terhubung dengan dunia melalui satu genggaman.

Sumber Gambar: Freepik

Mulai tahun 1990, ARPANet dibubarkan tapi internet terus berkembang sampai sekarang. Lalu di tahun 1993, menjadi momentum dimana internet mulai dikenal oleh kalangan masyarakat, ditandai dengan kemunculan pilihan website.

Kemudian pada tahun 1994 lah, internet mulai masuk ke Indonesia dan dapat digunakan oleh masyarakat. Saat itu, IndoNet menjadi ISP komersial pertama di Indonesia yang menjadi cikal bakal kemunculan jasa akses internet lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Cara Buat Email Baru, Mulai dari Handphone hingga Laptop

Itulah sejarah internet, Toppers! Yang pasti, perkembangan internet akan terus dilanjutkan dan siapa tahu nanti akan banyak fitur-fitur baru yang bahkan kita belum terbayangkan! Saat ini, kita paling banyak menggunakan internet untuk media sosial atau mengerjakan tugas sehari-hari. 

Terhubung dengan internet setiap saat dengan mengisi paket data dan pulsa termurah untuk berbagai internet provider hanya di Tokopedia! Temukan juga berbagai smartphone terbaru dan lengkap di aplikasi Tokopedia.

Yuk, buka aplikasi Tokopedia sekarang juga!

Penulis: Nabilah Muhamad

Share
Melly Yustin AuliaMelly Yustin Aulia

Related Articles

18 HP dengan Harga Murah 2023, Spek Dewa!
Gadget dan Teknologi
18 HP dengan Harga Murah 2023, Spek Dewa!
© 2009-2023, PT Tokopedia