• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa Meminjam Uang ke Bank

Share

7 Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa Meminjam Uang ke Bank

Memiliki bisnis pribadi yang mampu memiliki hasil secara jangka panjang adalah harapan semua pebisnis baru. Bahkan sudah banyak anak muda bercita-cita untuk menjadi seorang businessman dan menjadi bos di tempat kerjamu sendiri, bukan pekerja kantoran.

Sayangnya mimpi untuk memiliki bisnis seringkali pupus karena tidak ada atau keterbatasan modal untuk mewujudkannya. Memang membuka sebuah bisnis tentunya tidak dengan uang sedikit, sehingga kamu membutuhan modal usaha. Tetapi tidak usah khawatir, ada banyak cara untuk mendapatkan modal untuk mewujudkan mimpi bisnis dan usaha mu tanpa mengajukan pinjaman ke bank. Berikut 7 cara mendapatkan modal usaha tanpa meminjam uang ke bank.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mendapatkan Uang dengan Modal Smartphone

Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa Meminjam Uang ke Bank

menabung modal usaha

Sumber gambar: Pixabay

Gadaikan Barang-barang mu

Tidak punya modal usaha sama sekali? Manfaatkan barang yang sudah kamu miliki.

Mungkin kamu berpikiran untuk menjual beberapa barang mu, tetapi rasanya sangat berat atau tidak rela untuk menjual barang berharga ataupun barang kesayangan. Solusinya adalah gadaikan dulu saja barang tersebut. Di lembaga penggadaian, cukup dengan “menitipkan” sementara barang-barang yang kamu miliki, lalu dapat ditebus kembali setelah pinjaman yang diberikan oleh lembaga penggadaian dilunasi.

Masih ragu akan keamanan barang yang akan digadaikan? Tenang saja, menggadaikan barang adalah aman dan bunganya relatif kecil dibanding pinjaman dari bank. Kamu juga dapat memperpanjang waktu jika pada saatnya jatuh tempo masih belum memiliki uang untuk menebusnya.

Datang ke Seminar untuk mendapatkan Investor

Butuh modal untuk usaha dalam jumlah besar? Investor solusinya.

Asalkan sudah memiliki konsep bisnis secara detail dan memiliki prospek menjanjikan, investor akan tertarik untuk menjadi penyokong dana mu.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa datang ke acara seminar yang diadakan oleh beberapa perusahaan dan lembaga-lembaga yang bergerak di industri. Di seminar tersebut, tidak hanya bertemu dengan pembicara-pembicara hebat dan berpengalaman, tetapi kamu juga bisa bertemu dengan para wirausahawan yang bisa menjadi calon investor bisnis mu untuk mendanai modal usaha.

Kunjungi dan Gunakan Situs Crowdfunding

Cukup dengan internet dan laptop, kamu bisa mendapatkan modal usaha.

Caranya ialah dengan crowdfunding. Crowdfunding ini adalah dengan cara menawarkan jenis bisnismu melewati sebuah situs, lalu pengunjung yang tertarik akan menyumbangkan uangnya untuk modal usaha mu melalui situs tersebut, mirip dengan kerja sponsorship. Lalu kamu akan memberikan imbal balik ke para sponsor dengan hal yang sudah dijanjikan dan jelaskan di situs tersebut.

Pinjam Uang Online

Berhemat dan Gunakan Uang Tabungan

Salah satu cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis mu adalah dengan menggunakan uang pribadi mu di tabungan.

Cobalah menabung dengan gaji yang sudah kamu dapatkan pada setiap bulannya. Jika kamu mendapatkan modal usaha dari tabungan mu sendiri, risiko yang akan ditanggung tidak sebesar jika meminjam ke orang lain atau bank karena kamu tidak dibebani biaya atau bunga pinjaman.

Sisihkan gaji mu per bulannya, misalnya:

  • Gaji 1 bulan = Rp. 5.000.000
  • Modal usaha yang dibutuhkan = Rp. 20.000.000
  • Sisihkan Rp. 1.000.000 per bulan

Dalam kurang dari 2 tahun, kamu sudah dapat mengumpulkan modal yang dibutuhkan. Memang perlu dedikasi dan kesabaran cukup besar dengan hidup hemat, tetapi semua usahamu akan terbayar dengan membuat usaha milikmu sendiri.

Jual Barang Tidak Terpakai

Untuk modal usaha, kamu bisa menjual beberapa barang berharga yang tidak dipakai lagi.

Buka lemarimu, carilah barang berharga seperti gadget, jam tangan,sepatu dan tas designer dengan harga jual tinggi, kamera, dan barang-barang lainnya. Barang-barang ini dapat dijual jika kamu membutuhkan dana cepat dan barang-barang ini tidak dijual dengan sia-sia karena kamu pun tidak menggunakannya lagi.

Adakan garage sale dan jual perabot rumah yang sudah tidak terpakai seperti meja, kursi, ataupun baju dengan harga murah meriah. Kamu pun akan mendapatkan tambahan modal untuk usaha-mu.

Manfaatkan Pinjaman Online!

Meminjam uang kepada teman dan saudara mungkin bisa jadi pilihan, tapi terkadang orang terdekat bisa saja memiliki kebutuhan finansial tersendiri. Mengajukan pinjaman uang kepada lembaga keuangan selain Bank bisa jadi solusi meminjam uang untuk modal usaha. Apalagi, kini Toppers sudah bisa mengajukan pinjaman lewat aplikasi jual beli Tokopedia, lho. Mendapatkan uang lewat pinjaman online jadi semakin mudah, kan.

Buat Usaha bersama Teman

Jika kamu memiliki teman yang ingin membangun usaha di bidang yang sama, buat satu usaha dengan teman mu adalah ide bagus untuk menghemat biaya modal.

Dengan bergabung bersama teman, biaya tanggungan modal usaha menjadi lebih ringan karena dibagi. Jika ada masalah juga dapat diselesaikan bersama-sama. Hanya perlu komunikasi dan hubungan baik, kamu pun bisa membuat usaha dengan teman mu. Pilih teman terpercaya dan bisa diandalkan untuk menjadi partner bisnis mu.

Baca juga: Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Ini 4 Hal untuk Diketahui

Itulah 7 cara mendapatkan modal usaha tanpa meminjam uang ke bank dan bebas hutang. Dengan perencanaan yang baik, kamu pasti bisa membangun bisnis tanpa meminjam uang ke bank dan menarik banyak pihak untuk meminjamkan dana untuk mu.

Buat kartu Kredit Online

Share

Namira FazaNamira Faza

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia