• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

16 Oleh-Oleh Khas Makassar Favorit Pelancong

Share

16 Oleh-Oleh Khas Makassar Favorit Pelancong

Sebagai salah satu daerah tersibuk di bagian timur nusantara, Makassar merupakan tempat yang kaya akan warisan kebudayaan. Sebagai tujuan wisata, tidak heran bila Makassar mempunyai segudang oleh-oleh yang biasa diburu para pengunjungnya.

Nah dari sekian banyak oleh-oleh khas Makassar, Tokopedia punya rekomendasi oleh-oleh favorit yang bisa Toppers cari ketika berkunjung ke sana. Yuk, langsung simak di bawah!

Oleh-Oleh asal Makassar

1. Kacang Disco Makassar

Oleh-Oleh Khas Makassar
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Mungkin nama “Disco” pada kacang ini berasal dari bentuk bulatnya yang menyerupai bola disko? Tidak ada yang tahu tepatnya. Yang kita semua tahu pasti, rasanya yang gurih nan lezat membuat oleh-oleh asal Makassar ini jadi favorit semua kalangan, dari anak-anak hingga orang tua. Kacang Disco juga biasa jadi primadona menjelang hari lebaran.

2. Kerupuk Jintan

Oleh-Oleh Khas Makassar
Sumber gambar: Masakan Dapurku

Jajanan berbahan dasar sagu ini telah disempurnakan dengan, seperti namanya, jintan hitam bertekstur keras. Disebut kerupuk karena tekstur buah tangan khas Makassar ini yang sangat renyah.

Kerupuk Tradisional ini sudah cukup populer sebagai oleh-oleh asal Makassar, jadi tak perlu khawatir dalam mencarinya karena Kerupuk Jintan tersedia dengan luas di Makassar.

3. Bannang-Bannang

Oleh-Oleh Khas Makassar
Sumber gambar: Tribunnews

Hingga sekarang, oleh-oleh khas Makassar ini masih diproduksi dengan cara-cara tradisional, walaupun terkadang di beberapa bagian sudah dibantu mesin modern. Makanan ini berbentuk seperti benang yang dianyam, dengan rasa manis dari Gula Aren.

Kue Bannang-Bannang menjadi sajian wajib dalam acara-acara besar ala adat Makassar, seperti pernikahan.

4. Otak-Otak

Makanan satu ini memang khas hidangan nusantara. Tidak heran bila tentu saja Makassar, sebagai daerah pesisir pantai, punya variannya sendiri.

Otak-Otak ala Makassar biasanya dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri, memberikan kekhasan yang berbeda dari varian daerah lainnya.

5. Baruasa

Oleh-Oleh Khas Makassar
Sumber gambar: Belanga

Kue Baruasa adalah kue berbentuk bulat yang terbuat dari bahan dasar kelapa parut, telur, dan Tepung Beras. Kue ini biasa disajikan pada acara-acara penting seperti lebaran dan pernikahan dan kerap jadi oleh-oleh dari Makassar untuk para pelancong. Toppers bisa dengan mudah menemukan Kue Baruasa di sudut Kota Makassar.

6. Beppa Tori

Oleh-Oleh Khas Makassar
Sumber gambar: Kompasiana

Kue asli adat Toraja ini dibuat dari bahan dasar gula merah dan Tepung Terigu. Kalau di Jawa, kue ini biasa disebut kue cucur. Belakangan, kue yang kerap jadi alternatif oleh-oleh khas Makassar ini sering dijuluki “churros” tradisional ala Toraja, karena bentuk serta penyajiannya yang mirip.

tiket kereta api

7. Mantao Pare

Kue Mantao Pare dengan bentuknya yang bulat serta berwarna putih, sekilas terlihat mirip dengan Bapkao, hanya lebih kecil. Kue Mantao Pare bisa dimasak dengan cara dikukus maupun digoreng.

Saat ini, Mantao Pare telah memiliki banyak varian rasa, seperti cokelat, pandan, bahkan daging yang bisa Toppers pilih untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Makassar.

Makanan Ringan

8. Kacang Sembunyi

Namanya yang unik berasal dari letak kacangnya yang berada di dalam adonan tepung terigu. Bentuk Kacang Sembunyi mirip dengan molen pisang. Jajanan populer ala Makassar ini disajikan dengan balutan karamel manis, memberikan rasa nikmat yang menggoyang lidah, cocok dijadikan oleh-oleh khas Makassar untuk kerabat.

9. Bagea

Oleh-Oleh Khas Makassar
Sumber gambar: Cookpad

Oleh-oleh khas Makassar satu ini merupakan kue yang terbuat dari bahan dasar sagu. Tekstur Kue Bagea yang keras membuatnya lebih populer di kalangan anak muda ketimbang orang tua atau lansia. Bagea biasanya dihidangkan bersama dengan Teh, dimakan dengan terlebih dahulu dicelupkan pada teh tersebut.

10. Coto Makassar Instant

Tentu semua sering mendengar, atau bahkan pernah merasakan kuliner khas Makassar ini. Yap, soal rasa memang Coto Makassar sudah terkenal dimana-mana. Nah, inovasi terbaru dari Makassar adalah membuat Coto Makassar versi instant, jadi sangat cocok dibawa bepergian sebagai oleh-oleh dari Makassar.

11. Abon Raos

Pertama kali mendengar namanya, banyak orang yang mengira produk ini berasal dari tanah Sunda. Namun, meski namanya mengambil dari bahasa sunda kata “enak”, Abon Raos kaya akan citarasa rempah-rempah khas Makassar. Abon Sapi ini disajikan dengan rasa pedas yang sangat nendang dan menjadi pilihan oleh-oleh asal Makassar favorit.

12. Kopi Toraja

Kopi Toraja

Buat  pecinta kopi, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Kopi Toraja. Yak, kopi ini sangat populer untuk oleh-oleh. Jadi, buat Toppers yang berencana untuk berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Makassar.

13. Sirup Markisa Malino

Selain Kopi Toraja, produk minuman asli Makassar yang sangat terkenal adalah Sirup Markisa Malino. Pilihan oleh-oleh khas Makassar satu ini terbuat dari buah Markisa yang ditanam di kawasan perkebunan Malino. Selain rasa manisnya, kandungan vitamin dalam sirup ini juga sangat menyehatkan.

Wedang Jahe

14. Sirup DHT

Banyak orang yang terkecoh dengan kemasannya yang bergambar aneka ragam buah. Sirup legendaris khas Makassar ini hanya ada varian rasa pisang ambon berwarna merah pekat. Buat Toppers yang doyan sirup pisang, Sirup DHT ini cocok untuk jadi buah tangan saat liburan ke Makassar.

15. Karya Seni Khas Toraja

Oleh-Oleh Khas Makassar
Sumber gambar: Wacana Makassar

Budaya Toraja terkenal akan beberapa kerajinannya. Di antara kerajinan tangan yang menjadi favorit para pelancong adalah replika Kapal Pinisi dan Rumah Tongkonan. Tenang saja, untuk kamu yang ber-budget kecil bisa mencari ukiran Gantungan Kunci yang tak kalah uniknya!

16. Kain Tenun Bugis

Kain Tenun Bugis tentunya menjadi oleh-oleh wajib bagi yang akan berkunjung ke Makassar. Kain Tenun varian adat Bugis ini dibuat dengan bahan sutra terbaik, menciptakan tekstur yang lembut dan nyaman untuk dipakai. Kain ini cocok untuk dijadikan sarung, pakaian, dan selain sebagai oleh-oleh dari Makassar, kain ini juga cocok sebagai kado pernikahan.

Baca juga: Mengenal 10 Motif Batik Nusantara

Nah itulah rekomendasi oleh-oleh khas Makassar favorit dari Tokopedia. Gimana? Sudah menentukan apa saja yang akan dicari? Sebelum berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk cek perlengkapan travelling-mu dan langsung pesan tiket pesawat dengan harga termurah hanya di Tokopedia. Selamat berlibur!

Banner Tiket Pesawat
© 2009-2024, PT Tokopedia