• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

14 Pekerjaan yang Cocok untuk Kuliah Jurusan Manajemen

Share

14 Pekerjaan yang Cocok untuk Kuliah Jurusan Manajemen

Sedang kuliah jurusan manajemen atau tertarik dengan jurusan ini? Yuk, ketahui pekerjaan yang cocok di bawah ini!


Jurusan Manajemen - Manajemen merupakan jurusan kuliah yang mempelajari kegiatan perusahaan, seperti mengelola, merencanakan, mengatur semua proses di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Jurusan manajemen memiliki prospek pekerjaan cukup luas karena hampir semua bidang industri di Indonesia membutuhkan seorang manajer atau manajemen perusahaan yang baik agar bisa berjalan lancar dan terstruktur.

Apakah kamu sedang berkuliah di jurusan manajemen atau berminat untuk masuk kuliah jurusan ini? Yuk, simak 14 pekerjaan yang cocok untuk kuliah di jurusan manajemen. Cukup banyak dan menjanjikan, lho.

Baca Juga: Contoh CV Mahasiswa yang Masih Kuliah, Untuk Magang dan Part Time

14 Pekerjaan untuk Kuliah Jurusan Manajemen

article

Sumber Gambar: Pexels

Jurusan Manajemen bisa dibilang memiliki prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan di dunia industri Indonesia yang semakin berkembang. Rekomendasi pekerjaan berikut ini sangat cocok untuk kamu yang berkuliah di Jurusan Manajemen, simak selengkapnya:

1. Product Manager

Product manager bertugas pada bagian perencanaan dan pengembangan produk di dalam sebuah perusahaan. Seorang product manager akan mengembangkan produk baru yang memiliki daya tarik tinggi yang merupakan hasil riset penjualan produk di perusahaan tersebut.

2. Accounting Manager

article

Sumber Gambar: Pixabay

Seorang Accounting Manager bertugas untuk mengelola keuangan perusahaan agar bisa berjalan dengan baik. Selain itu, accounting manager juga bertugas untuk mengelola kebutuhan finansial perusahaan, menyiapkan laporan keuangan, dan mengurus perpajakan.

3. Human Resource Manager

Human Resource Manager bertugas untuk mengawasi kinerja karyawan agar bekerja sesuai SOP, ia juga bertanggung jawab untuk mengawasi kegiatan SDM perusahaan, mengelola kompensasi tunjangan, dan keselamatan karyawan di perusahaan.

4. Business Development Manager

Pekerjaan yang satu ini seringkali ditemukan di perusahaan startup atau perusahaan yang membutuhkan branding kepada para pelanggan. Seorang Brand Development Manager bertugas untuk menyusun strategi, melihat perkembangan pasar, melihat peluang bisnis, dan merancang kebutuhan baru sesuai keadaan pasar.

Selain itu, kamu juga akan berkolaborasi dengan mitra untuk meningkatkan bisnis yang ada.

5. Financial Analyst

Financial Analyst dibutuhkan dalam sebuah perusahaan untuk menganalisis keuangan, melakukan pemodelan keuangan perusahaan, dan bekerja sama dengan akuntan untuk memastikan laporan keuangan perusahaan sudah benar dan akurat. Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Financial Analyst adalah SQL, Excel, Access, dan masih banyak yang lainnya.

6. Consultant

article

Sumber Gambar: Pixabay

Consultant manajemen bertugas untuk memberikan saran, menyelesaikan masalah, meningkatkan kinerja perusahaan, dan mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan. Selain itu, konsultan bertugas untuk memberikan saran untuk perbaikan dan memberikan audit kepada klien.

7. Logistic and Distribution Manager

Logistic and Distribution Manager bertugas untuk mendistribusi barang ke pelanggan atau ke tempat lainnya dalam waktu yang tepat. Kamu akan terlibat dalam transportasi, pergudangan, pemantauan pengiriman barang, dan stok. Selain itu, kamu harus memahami rantai pasokan produk antara produsen, pengecer, dan konsumen.

8. Risk Manager

Risk manager bertugas untuk melakukan identifikasi penyebab kerugian perusahaan, mencegah perusahaan melakukan tindakan yang dapat merugikan perusahaan, dan melakukan suatu rencana untuk menyelesaikan permasalahan perusahaan.

9. Data Analyst

Pekerjaan yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai statistika atau matematika. Seorang Data Analyst bertugas untuk menganalisis tren pasar menggunakan statistik deskriptif, menyajikan hasil analisis kepada klien, dan mengerjakan tugas lainnya yang berhubungan dengan data perusahaan. Kamu bisa menjadi seorang Data Analyst di perusahaan swasta atau multinasional, Toppers.

10. Marketing Executive

article

Sumber Gambar: Pixabay

Masuk ke dalam dunia pemasaran, kamu sebagai seorang Marketing Executive bertugas untuk meningkatkan penjualan produk dengan mempromosikannya kepada konsumen, meningkatkan layanan dan mengembangkan strategi penjualan agar mencapai target.

11. Supply Chain Manager

Supply Chain Manager bertugas untuk mengelola peralatan dan logistik perusahaan. Mereka akan memastikan perusahaan menghasilkan produk sesuai permintaan konsumen, mengatur pembelian bahan, dan mengirimkan produk ke konsumen dengan waktu yang tepat.

12. Banker

Berminat untuk kerja di bank? Jika kamu lulusan jurusan manajemen, kamu bisa bekerja sebagai customer service, front office, atau teller di bank. Kamu akan bertugas untuk melakukan layanan keuangan pelanggan, mengecek transaksi, dan juga menerima keluhan pelanggan dengan baik.

13. Cost Lawyer

article

Sumber Gambar: Pixabay

Cost lawyer merupakan pengacara yang bertugas untuk memastikan hubungan bisnis antar klien agar bisa berjalan dengan baik. Mereka akan memberikan perkiraan biaya, anggaran, dan memberikan nasihat kepada klien untuk penyelesaian masalah yang sedang dihadapi.

14. Aktuaris

Sebagai aktuaris, kamu akan memahami risiko keuangan di masa depan agar perusahaan bisa mengambil keputusan terbaik apabila ada situasi keuangan yang buruk. Selain itu, kamu juga akan menganalisis dan memecahkan masalah keuangan di masa depan, Toppers.

Baca Juga: Cara Membuat CV Online yang Gampang dan Menarik untuk Pemula


Nah, itu dia Toppers pekerjaan yang cocok untuk kamu yang berkuliah di Jurusan Manajemen. Setiap perusahaan tentunya perlu manajemen agar produksi dan berjalannya sebuah perusahaan menjadi lancar, sehingga prospek jurusan ini sangat luas.

Untuk kamu yang ingin masuk Jurusan Manajemen, yuk belajar sungguh-sungguh dengan buku SBMPTN dan buku latihan Ujian Mandiri hanya di Tokopedia!

article

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juli 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Juli 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia