• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Rukun Islam: Ketahui Pengertian dan Urutannya

03 August 2023

Share

Rukun Islam: Ketahui Pengertian dan Urutannya

Rukun Islam adalah lima perkara yang wajib dijalankan seorang Muslim. Ketahui lebih lanjut urutan dan penjelasannya di sini!


Rukun islam merupakan lima perkara dasar islam yang menjadi syarat utama untuk menjadi sosok muslim yang sempurna. Kelima perkara ini terdiri dari syahadat, salat, zakat, puasa, dan naik haji bagi yang mampu. 

Bagi Muslimin dan Muslimah, lima rukun ini ibarat pondasi hidup untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT yang dijelaskan secara rinci pada HR. Al Bukhari dan Muslim sebagai berikut. “Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadhan”.

Untuk memahami urutan dan makna yang ada di dalam rukun islam, yuk, simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga: 6 Rukun Iman dalam Islam: Urutan dan Maknanya

Urutan Lima Rukun Islam

Jangan sampai tertukar dengan rukun iman, rukun Islam adalah kegiatan yang wajib dijalankan umat Muslim. Ini penjelasan lengkapnya.

1. Syahadat

rukun islam pertama mengucapkan syahadat

Sumber Gambar: Pexels

Syahadat atau persaksian merupakan hal pertama yang dilakukan sebelum masuk islam. Kalimat ini perlu diucapkan dengan penuh keyakinan dan kehati-hatian. Berikut ini lafadznya:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Asyhadu an laa ilaaha illallahu, wa asyhadu anna muhammadar rasuulullah. Artinya: "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

2. Salat

rukun islam salat sholat

Sumber Gambar: Pexels

Rukun islam yang kedua adalah melaksanakan salat. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), salat adalah ibadah yang harus dilakukan oleh muslim dengan syarat, rukun, dan bacaan tertentu dimulai dari takbir dan diakhiri dengan salam. Dalam satu harinya, seorang muslim wajib menjalankan salat 5 waktu dengan jumlah 17 rakaat sebagai berikut:

  • Salat subuh berjumlah 2 rakaat.
  • Salat zuhur berjumlah 4 rakaat.
  • Salat ashar berjumlah 4 rakaat.
  • Salat magrib berjumlah 3 rakaat.
  • Salat isya berjumlah 4 rakaat.
Baca Juga: Niat, Cara, dan Kriteria untuk Mengganti Puasa Ramadan

3. Puasa

rukun islam puasa

Sumber Gambar: Visit Dubai

Ibadah puasa merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat muslim setiap tahunnya. Puasa yang wajib dilaksanakan adalah selama satu bulan penuh di bulan Ramadan. 

Saat berpuasa, kamu harus menahan rasa lapar, haus, dan hawa nafsu agar bisa mengontrol kegiatan buruk. Selain itu, kamu juga harus bisa menahan amarah dan juga tetap bersyukur.

4. Zakat

rukun islam zakat

Sumber Gambar: Pexels

Setiap bulan Ramadhan, para muslim wajib untuk membayar zakat sesuai dengan takaran yang sudah ditetapkan agar tidak memberatkan umat-Nya. Hasil zakat fitrah akan dibagikan kepada 8 asnaf atau penerima untuk membantu kesulitan sesama muslim agar mendapatkan makanan dan pakaian yang layak.

5. Naik Haji

rukun islam naik haji

Sumber Gambar: The New York Times

Untuk yang kelima, umat islam bisa menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Alasan mengapa naik haji bisa dilakukan bagi yang mampu karena untuk perjalanan ke Tanah Suci memerlukan dana yang cukup besar, Toppers.

Ibadah haji dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Zulhijah untuk berkumpul bersama-sama di Baitullah. Jamaah haji dari Indonesia umumnya menetap di tanah suci selama kurang lebih 40 hari untuk rukun Islam yang satu ini.

Baca Juga: Tata Cara Nikah Mudah di KUA, Gratis!

Itu dia Toppers, rukun islam yang wajib kamu ketahui sebagai lima perkara utama seorang muslim untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Untuk kamu yang ingin beribadah, beli perlengkapan salat, seperti mukena, peci, dan sajadah, hanya di Tokopedia!

tokopedia salam

Temukan semua kebutuhan umat muslim mulai dari perlengkapan ibadah hingga zakat hanya di Tokopedia Salam!

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

© 2009-2024, PT Tokopedia