• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Pengertian Management Trainee & Apa Saja Job Desknya

Share

Pengertian Management Trainee & Apa Saja Job Desknya

Management trainee adalah hal yang kerap hangat diperbincangkan. Apa, sih, sebetulnya management trainee? Simak penjelasannya berikut ini!


Management TraineeManagement trainee adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh perusahaan bagi pegawai baru sebagai proses pelatihan untuk mencetak karyawan yang kompeten untuk kelak berada di level manajemen.

Mereka yang mengikuti program management trainee, atau yang disingkat MT, akan di-training oleh para karyawan senior mengenai skill, pengetahuan, dan hal-hal lain yang diperlukan untuk dimiliki agar dapat bekerja dengan optimal di posisi tertentu. Mereka pun kelak akan dievaluasi, dan disaring kembali menjadi kelompok yang lebih kecil.

Banyak sekali fresh graduate dari berbagai universitas yang mengincar posisi ini, Toppers. Mengapa? Karena, posisi management trainee ini bisa jadi semacam fast track untuk mencapai jenjang karir yang diinginkan.

Dengan banyaknya keunggulan yang bisa didapatkan dari mengikuti management trainee, tentu saja ada pula tanggung jawab dan tugas-tugas yang perlu dipenuhi.

baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Usia Produktif?

Tokopedia Print - Kebutuhan Perkantoran
Cetak peralatan kantor online di percetakan online Tokopedia Print! Hasil memuaskan dengan hasil cetakan berkualitas dan harga terbaik!

Job Description Dari Management Trainee

Job Description Dari Management Trainee (Image source_ Pexels)
Sumber Gambar: Pexels

Job desk management trainee adalah sejatinya kembali lagi kepada perusahaan masing-masing, bisa jadi bervariasi. Namun, yang akan dituturkan merupakan gambaran umum mengenai apa yang akan dilakukan oleh seseorang yang mengikuti program management trainee.

Seseorang yang mengikuti management trainee tentu bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas yang diberikan. Yang harus dilaksanakan dalam program management trainee dapat meliputi:

1. Mengikuti Pelatihan, Seminar, ataupun Workshop 

Mengikuti pelatihan, seminar, ataupun workshop (Image source_ Pexels)
Sumber Gambar: Pexels

Pelatihan, seminar ataupun workshop perlu diikuti agar kamu dapat belajar dan berkembang di management trainee seperti yang diharapkan oleh perusahaan. Kegiatan-kegiatan seperti ini juga akan menjadi sarana kamu untuk menggali dan mengembangkan potensi kamu.

2. Belajar dari Karyawan yang Sudah Berpengalaman

Belajar Dari Karyawan Yang Sudah Berpengalaman (Image source_Pexels)
Sumber Gambar: Pexels

Kamu perlu memperhatikan, mengobservasi dan belajar dari staff yang sudah berpengalaman. Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk menimba, lho, bagi kamu.

3. Mengikuti Evaluasi

Mengikuti evaluasi (image source_ Pexels)
Sumber Gambar: Pexels

Management trainee mungkin akan perlu menyelesaikan beberapa evaluasi dalam berbagai bentuk. Hal ini bisa dilakukan untuk mengukur kemampuan, dan juga perkembangan seseorang selama menjalani program management trainee.

4. Mempelajari Perusahaan

Mempelajari perusahaan meliputi mempelajari protokol, kebijakan, dan budaya perusahaan. Dengan mempelajari perusahaan, kamu akan lebih mengenal dan lebih andal dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

5. Mengerjakan dan Menyelesaikan Tugas

Sumber Gambar: Unsplash
Sumber Gambar: Unsplash

Selain harus training dan belajar hal baru, pastinya kamu akan menerima berbagai tugas. Baik itu menyelesaikan berbagai report, menganalisis sebuah kasus, dan lain sebagainya.

baca juga: Simak Pengertian Problem Solving dan Contohnya!


Kriteria Yang Dibutuhkan Management Trainee

Kriteria Yang Dibutuhkan Management Trainee (Image source_ Pexels)
Sumber Gambar: Pexels

Apa Toppers penasaran kriteria seperti apa yang dibutuhkan untuk menjadi management trainee? Kualifikasi secara detail yang dibutuhkan di sebuah perusahaan untuk menjadi management trainee adalah sebenarnya beragam dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Namun, umumnya, kamu perlu menyelesaikan dan memiliki ijazah S1 untuk mengikuti program ini. Ada pula beberapa kualitas dan skills yang sebaiknya Toppers miliki, jika ingin mengikuti program management trainee. Apa sajakah itu?

1. Memiliki Keinginan untuk Mempelajari Hal Baru

Yang pertama, Toppers harus memiliki sikap yang terbuka untuk mempelajari hal-hal baru. Sikap terbuka dan ingin belajar ini akan menunjukkan potensi Toppers untuk berkembang. Hal ini pun akan membantu Toppers untuk memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan yang didapatkan dari mengikuti management trainee.

2. Interpersonal skills yang Baik

Intrapersonal Skills
Sumber Gambar: Unsplash

Selain itu, Toppers pun memerlukan interpersonal skills yang baik. Ini akan menunjukkan kemampuan Toppers dalam bersosialisasi dan networking. Kecakapan dalam berinteraksi pun akan memudahkan proses belajar dan bekerjasama kamu nantinya.

3. Gigih, Ulet dan Bersungguh-sungguh

Toppers pun perlu menunjukkan kegigihan, keuletan dan sikap bersungguh-sungguh. Karena, tentu saja akan ada berbagai tantangan yang harus dihadapi kelak saat mengikuti program management trainee.

4. Dapat Menunjukkan Kualitas Diri

Menunjukkan Skill
Sumber Gambar: Unsplash

Nah, kualitas-kualitas ini tidak cukup hanya dimiliki, ya, Toppers. Tetapi, kualitas tersebut juga harus ditunjukkan. Toppers perlu bisa dengan sebaik-baiknya mendemonstrasikan kualitas Toppers dalam proses seleksi, agar perekrut bisa melihat kualitas dan potensi yang kamu miliki. Proses seleksi bisa meliputi seleksi berkas, interview, assessment, case study, dan lain-lain. Kembali lagi ke perusahaannya masing-masing.

baca juga: 6 Tanda Lingkungan Kerja yang Baik: Tingkatkan Produktivitas


Nah, itu dia tadi pengertian mengenai management trainee secara umum. Apakah kamu tertarik? Dan kembali lagi, apapun yang Toppers pilih, di semua posisi ataupun bagian, baik management trainee ataupun yang lainnya, kerja keras dan konsistensi tetap dibutuhkan. Proses dan usaha pasti akan membuahkan hasil.

kartu pra kerja tokopedia
Temukan berbagai macam pelatihan Kartu Prakerja yang bermanfaat di Tokopedia dan dapatkan sertifikatnya dengan mudah!

Penulis: Talitha Gati

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
Top List
21 Motor Honda Terbaru dan Harganya | Maret 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia