asuransi perjalanan

Mengenal Pengertian serta Manfaat Asuransi Perjalanan

/   Informasi, Keuangan

Pengertian Asuransi Perjalanan – Musim liburan yang sudah menghampiri membuat banyak orang ingin langsung berkemas dan pergi. Namun, ada baiknya bila kita menggunakan asuransi perjalanan sebelum berangkat. Banyak orang yang mengira langkah ini bukan hal penting untuk dipertimbangkan, padahal asuransi perjalanan sangat berguna untuk melindungi diri dan keluarga saat berpergian. Yuk, cek pengertian dan manfaat asuransi perjalanan di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Asuransi dan Manfaatnya

Apa itu asuransi perjalanan?

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang menjamin pemegang polis dan barang-barang kepemilikannya selama berpergian. Beberapa negara tertentu sudah mewajibkan seluruh turis atau mahasiswa yang datang untuk memiliki asuransi perjalanan. Salah satu keunggulan asuransi perjalanan adalah memberi rasa peace of mind sehingga perjalanan lebih tenang dan nyaman.

Asuransi perjalanan biasanya sudah disertakan saat pembelian tiket pesawat, namun seringkali asuransi itu hanya sekadar menangani kecelakaan personal saat perjalanan. Apa ada lagi manfaat asuransi perjalanan? Tentu ada. Cek manfaat asuransi perjalanan di bawah ini;

Manfaat Asuransi Perjalanan

Manfaat asuransi perjalanan yang pertama adalah perlindungan diri dari resiko kecelakaan. Dengan polis tertentu, Toppers juga dilindungi secara finansial bila terjadi kecelakaan dalam pesawat komersil.

Asuransi perjalanan juga meliputi biaya evakuasi, biaya jenguk, hingga perlindungan properti saat berpergian. Selain melindungi pemegang polis, barang bawaan pemegang selama perjalanan juga dilindungi oleh asuransi, jadi misalnya bila bagasi rusak atau hilang, Toppers akan diganti rugi oleh pihak asuransi.

Asuransi

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

Berikut adalah jenis asuransi perjalanan yang dapat Toppers pilih sesuai kebutuhan.

Berdasarkan frekuensi berpergian

Asuransi jenis annual travel insurance dan single trip insurance adalah asuransi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Jenis annual diperuntukkan pada Toppers yang sangat sering berpergian, sedangkan single untuk yang hanya sesekali pergi saja.

Asuransi Perjalanan Keluarga

Asuransi jenis ini disebut individual travel insurance atau group travel insurance. Biasanya, harga yang ditawarkan untuk membeli group travel insurance lebih kompetitif dibanding yang individual, maka dari itu cocok sekali jika Toppers ingin berpergian dengan keluarga.

Student Assist

Asuransi ini diperuntukkan para mahasiswa yang akan melanjutkan studinya ke luar negeri. Biasanya asuransi student assist sudah di-provide oleh pihak kampus luar negeri, terutama mereka yang menerima beasiswa.

Schengen Visa

Schengen Visa adalah jenis visa yang wajib dimiliki pengunjung negara Eropa. Syaratnya cukup banyak dan dapat dilihat rinciannya di situs kedutaan yang bersangkutan, namun Schengen Visa juga meliputi visa perjalanan bagi para pemegang polisnya.

Asuransi Khusus Haji & Umrah

Sesuai namanya, asuransi ini diberikan khusus untuk peserta haji atau umrah. Asuransi perjalanan jenis ini seringkali sudah termasuk dalam paket travel ke tanah suci.

Baca juga: Mengenal Pengertian Asuransi Syariah & Keuntungannya

Kini sudah mengerti tentang asuransi perjalanan serta berbagai manfaatnya, ‘kan? Jangan lupa untuk selalu membeli asuransi sebelum melakukan perjalanan, ya Toppers. Selamat berlibur!

tiket kereta

Asuransi

THEAUTHOR

Fernanda Azaria

Fernanda Azaria has written 89 Article, See all posts