• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Pengertian Montessori: Metode, Manfaat, dan Jenis Mainan

01 February 2023

Share

Pengertian Montessori: Metode, Manfaat, dan Jenis Mainan

Yuk, kenali metode Montessori berikut ini! Metode pembelajaran anak yang bantu si kecil mencapai potensi terbaik dalam hidupnya.


Apakah Toppers sudah pernah mendengar metode Montessori? Untuk yang memiliki anak usia pra-sekolah biasanya cukup familiar dengan metode yang satu ini! Istilah Montessori sangat populer di ranah pendidikan anak usia dini, dan banyak orang tua yang menerapkan metode tersebut di rumah untuk anak-anak mereka.

Metode ini menjadi salah satu jenis pendidikan anak usia dini yang dikembangkan oleh Dr. Maria Montenssori. Ciri metode ini adalah membebaskan anak untuk memilih apa yang ingin mereka pelajari, agar mereka mampu meraih potensinya dalam kehidupan.

Montessori menekankan kemandirian dan keaktifan anak dengan konsep pembelajaran langsung melalui praktik dan permainan kolaboratif. Penasaran dengan metode Montessori lebih lanjut? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Peralatan Sekolah yang Perlu Dipersiapkan untuk Kelancaran Belajar si Kecil

Mengenal Metode Montessori

Metode ini akan lebih membebaskan anak untuk mengembangkan dirinya secara mandiri dan efektif. Mari kenali metode Montessori lebih jauh seputar metode, manfaat, dan jenis mainan yang dapat diterapkan berikut ini!

Metode yang Dikembangkan Montessori

Metode montessori

Sumber Gambar: Freepik

Dalam kurikulum Montessori, anak akan belajar secara mandiri serta bebas memilih pelajaran apa yang ingin dipelajarinya. Guru berperan sebagai pendamping dan penuntun dalam proses pembelajaran sesuai dengan pilihan anak.

Pada sekolah yang menerapkan metode ini, anak akan belajar secara individu dan berkelompok untuk menggali pengetahuan yang ada disekitarnya dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Di kelas, guru tidak hanya berdiri di depan saja tapi berkeliling menghampiri kelompok per kelompok.

Selain itu, kelas Montessori memiliki banyak aktivitas yang dapat dipilih anak selama di sekolah. Sistem penilaian yang dilakukan sekolah ini juga berbeda dari sekolah biasanya. Pembelajaran Montessori tidak menitikberatkan satu aspek, tapi pada perkembangan anak secara keseluruhan. Mulai dari emosional, sosial, intelektual, hingga fisik.

Manfaat Montessori

Manfaat montessori

Sumber Gambar: Freepik

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak saat mengikuti metode pembelajaran yang satu ini. Karena melalui Montessori, anak tidak dipaksakan pada suatu standar ketat yang tidak sesuai dengan perkembangan dan minatnya, tapi sebaliknya.

Di sekolah Montessori, anak akan belajar sesuai dengan kecepatan belajarnya sendiri sehingga akan menumbuhkan perilaku-perilaku positif pada anak. Seperti kemandirian, empati, menjadi senang belajar, dan mengerti kesetaraan sosial. Adanya kebebasan untuk memilih subjek yang dipelajar membuat anak mau menggali lebih dalam pembelajaran yang sedang dijalankan.

Anak yang belajar dengan metode ini juga dipercaya akan lebih percaya diri, antusias, dan mampu belajar secara mandiri. Mereka dinilai akan berpikir lebih kritis, mampu bekerja sama dalam tim dengan baik, dan berani.

Lebih lanjut lagi, Montessori juga memberikan manfaat lainnya yaitu:

  • Mengembangkan kemampuan sosial-emosional anak
  • Belajar untuk memperbaiki kesalahan dan menilainya sendiri
  • Menjadi individu yang aktif mencari ilmu pengetahuan
  • Anak menjadi lebih aktif dan senang belajar
  • Melatih anak untuk disiplin
Baca Juga: Jenis Lego & Mainan Balok untuk si Kecil Belajar

Jenis Mainan Montessori

Ingin coba menerapkan metode Montessori di rumah? Toppers bisa coba menerapkannya menggunakan mainan edukatif untuk mengembangkan kecerdasan si kecil! Berikut beberapa pilihan mainan Montessori yang dapat membantu optimalkan tumbuh kembang anak:

1. Puzzle

Puzzle

Sumber Gambar: Freepik

Bermain puzzle jadi hal yang menyenangkan untuk anak, kamu bisa menyesuaikan tingkat kerumitannya dengan usia anak. Puzzle sangat baik untuk melatih kemampuan motorik dan sensorik anak. Selain itu, bermain puzzle juga dapat mengasah kemampuan berpikir dan problem solving anak.

2. Balok

Balok

Sumber Gambar: Freepik

Mainan balok memiliki banyak manfaat untuk anak. Seperti melatih kemampuan sensorik, motorik halus, hingga kreativitasnya. Meski terlihat mudah, tetapi menyusun balok dapat membantu mengasah kreativitas si kecil dengan membentuk berbagai macam bidang sesuai imajinasinya.

3. Mainan Alat Musik

Mainan Alat Musik

Sumber Gambar: Freepik

Kebanyakan anak kecil suka dengan mainan yang mengeluarkan bunyi, Toppers bisa memberikan mainan alat musik. Beberapa mainan alat musik seperti piano yang bisa ditekan sangat baik untuk melatih kemampuan sesorisnya. Selain itu, permainan alat musik juga dapat mengasah kemampuan pendengaran anak.

4. Board Book

Board book

Sumber Gambar: Pint Size Production

Board book atau buku papan yang dicetak di atas kertas karton tebal menjadi salah satu mainan Montessori yang dapat menstimulasi kecerdasan si kecil. Biasanya, board book memiliki warna cerah dan gambar realistis di dalamnya yang dapat menarik perhatian si kecil. Momen membaca buku berdua dengan anak juga bisa meningkatkan bonding sambil mengenalkan kata-kata baru untuknya.

Baca Juga: Game Edukasi Anak Android, Mendidik untuk TK sampai Remaja


Nah, itulah informasi seputar metode pembelajaran Montessori yang bisa Toppers terapkan untuk anak usia dini di rumah.

Kamu bisa dapatkan berbagai kebutuhan untuk tumbuh kembang si kecil mulai dari buku parenting, mainan edukasi, hingga susu formula secara mudah di Tokopedia. Yuk, cek Tokopedia sekarang juga dan dapatkan berbagai cashback menarik setiap harinya!

Penulis: Nabilah Muhamad

© 2009-2024, PT Tokopedia