Apa Itu Eyelash Extensions? Simak Pengertian, Tipe & Fakta Menarik!

0
192
Eyelash Extension

Banyak para wanita memilih eyelash extensions untuk tampil percaya diri diberbagai kesempatan. Tapi, apa itu eyelash extensions? Simak penjelasannya berikut!


Eyelash Extensions – Demi tampil cantik dan menarik di setiap kesempatan, banyak para wanita yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk mewujudkan penampilan yang diidamkan. Seperti memiliki alis yang simetris dan tegas, rona pipi dan bibir yang memukau, dan juga bulu mata yang lentik dan tebal.

Salah satu cara mensiasati bulu mata yang pendek dan cenderung datar atau lurus, bisa dengan menggunakan penjepit bulu mata atau teknik eyelash extensions. Nah, sebenarnya apa sih eyelash extensions itu? Untuk simak pengertian, tipe, dan fakta atau hal menarik lainnya tentang eyelash extensions, yuk simak penjelasannya berikut!

BACA JUGA: 15 Cara Memanjangkan Bulu Mata, Pakai Minyak Zaitun hingga Kemiri

Pengertian dan Penjelasan Eyelash Extensions

Eyelash Extension
Sumber: Freepik

Kata extension sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu tambahan, sambungan, dan perpanjangan. Nah, sesuai dengan namanya eyelash extensions, berarti mengartikan perpanjangan, menambah, atau menyambung bulu mata. Dalam menambah bulu mata asli dengan yang tambahan, tidak menggunakan bulu mata asli. Melainkan menggunakan bulu mata palsu atau buatan.

Pada proses penambahannya, akan dilakukan satu persatu helai pada bulu mata ditempelkan atau ditanamkan di bulu mata yang asli. Proses penempelannya menggunakan lem bulu mata atau perekat khusus. Hasil eyelash extension ini sering menjadi pilihan karena tetap terlihat natural, jadi tidak terlihat seperti bulu mata palsu.

Ada dua istilah dalam penambahan atau penempelan bulu mata palsu ke asli. Yaitu eyelash extension dan temporary lash. Banyak yang beranggapan bahwa teknik ini sama, padahal metode dan prosesnya berbeda. Kedua cara ini memang sama, menempelkan yang palsu ke yang asli, namun untuk eyelash extension dapat bertahan lebih lama, tidak akan copot atau rusak disaat kamu tidur. Sedangkan untuk temporary lash bisa dilepas atau dipasang sesuai kebutuhan.

Perbedaan lainnya juga terletak pada area pemasangan. Jika eyelash extensions menambahkan bulu mata buatan tepat di atas bulu mata yang asli, sedangkan untuk temporary lash direkatkan pada garis bulu mata.

Untuk jangka waktu bertahannya, untuk eyelash extensions dengan perawatan yang tepat bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya. Sedangkan untuk temporary lash cenderung memiliki sifat satu kali pakai saja.

Nah, sudah tau kan Toppers pengertian dari eyelash extensions. Berikut simak juga tipe-tipe dari eyelash extensions yang bisa kamu jadikan pilihan!

Tipe Eyelash Extensions

Eyelash extension
Sumber: Freepik

Selain pengertiannya, pastinya kamu ingin tau dong tipe-tipe apa saja yang ada pada eyelash extensions. Nah, sebenarnya tidak ada rumus atau keharusan tipe eyelash mana yang harus kamu pilih.

Caranya, kamu harus kenali dahulu tipe atau bentuk dari mata dan bulu mata yang dimiliki. Apakah mata kamu cocok dengan penggunaan bulu mata yang lentik, tebal dan panjang, atau hanya tebal dan lentik saja.

Jika eyelash extension merupakan pengalaman pertamamu, kamu tak perlu khawatir. Setiap salon kecantikan atau salon khusus eyelash extension pastinya menawarkan berbagai tipe eyelash extension. Mulai dari varian panjangnya, tingkat ketebalan dan kelentikan bulu mata, hingga material yang digunakan. Bisa berupa synthetic silk atau juga synthetic mink. Tapi pada umumnya, untuk jenis eyelash extensions bisa dibedakan menjadi beberapa kategori, tergantung pada seberapa tebal bulu mata yang kamu inginkan. Seperti ukuran 2mm – 5mm dan kelentikannya mulai dari 2D – 10D.

Tipe Eyelash
Sumber: Freepik

Dalam memilih tipe eyelash extensions, perhatikan juga mengenai kenyamananmu dalam menggunakannya. Jangan sampai karena ingin memiliki bulu mata yang sangat tebal dan lentik justru mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas, mengganggu pemandangan, dan lain sebagainya. Sesuaikan lah kenyamanan dan tampilan pada bulu mata yang kamu inginkan dengan tingkat percaya dirimu!

BACA JUGA: 10 Cara Merawat Kuku Tangan & Kaki agar Panjang Memesona

Fakta Menarik Tentang Eyelash Extensions

Sebagai pengalaman pertamamu untuk sambung bulu mata, ada beberapa fakta nih yang perlu kamu ketahui. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Membutuhkan Proses yang Lama Namun Memberikan Hasil Maksimal

Eyelash extensions
Sumber: Freepik

Dalam proses pengerjaan eyelash extensions ini tidak sebentar waktunya. Pengerjaannya bisa memakan waktu hingga 2 jam lamanya. Hal ini dikarenakan membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi untuk menyambung atau menempel bulu mata satu persatu.

Meskipun prosesnya lama, eyelash extensions memberikan hasil yang maksimal. Tampilan bulu mata terlihat sangat natural, nyaman, dan bisa membuat orang-orang tertipu dengan eyelash extensions yang kamu pilih!

2. Daya Tahan Bulu Mata Tergantung Pada Perawatannya

Eyelash
Sumber: Freepik

Untuk daya tahan bulu mata memang tidak bisa dipastikan berapa lama. Semua bergantung pada teknik perawatan yang dilakukan. Untuk awal, usahakan bulu mata jangan terkena air sedikit pun selama satu hari penuh. Jangan gunakan makeup pada area mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan juga mascara.

Untuk merapihkan bulu mata sehari-hari, kamu bisa gunakan sikat bulu mata atau spoolie.

3. Tersedia dengan Berbagai Pilihan Tipe Eyelash

Eyelash
Sumber: Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa memilih berbagai tipe bulu mata. Mulai dari varian bentuknya, tingkat ketebalan, dan kelentikan bulu mata. Semakin menjamurnya permintaan eyelash extension, pastinya berbagai salon kecantikan atau salon khusus eyelash extension sudah menyediakan berbagai tipe eyelash extension untuk berbagai jenis dan bentuk mata.

BACA JUGA: 11 Cream Penghilang Flek Hitam Terbaik: Wajah Cerah dan Muda


Itu dia Toppers, penjelasan mengenai arti eyelash extentions, tipe dan juga fakta menariknya! Saat sudah menanam bulu mata, pastikan kamu juga merawatnya secara rutin dan tepat ya Toppers! Gimana, berani coba?

serum bulu mata
Tampil lebih ‘badai’ dan memikat dengan serum bulu mata terbaik di sini!