• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Apa Perbedaan Digital Printing & Offset Printing? Ini Penjelasannya!

Share

Apa Perbedaan Digital Printing & Offset Printing? Ini Penjelasannya!

Mau cetak online untuk berbagai kebutuhan? Kamu harus ketahui dahulu jenis printing yang ada. Yuk simak perbedaan digital printing & offset printing berikut!


Perbedaan Digital Printing & Offset PrintingPrinter menjadi salah satu aksesoris pelengkap yang dibutuhkan untuk perlengkapan komputer di rumah. Kegunaan printer tidak lain adalah untuk mencetak dokumen hingga desain yang telah dibuat menjadi bentuk fisik.

Berbeda dengan kebutuhan untuk periklanan, proses printing biasanya menggunakan alat yang lebih advance untuk menciptakan hasil dengan kualitas dan kuantitas yang tinggi. Seperti ketika ingin cetak flyer atau cetak poster, tempat percetakan tidak akan menggunakan printer konvensional dan akan memakai printer yang lebih mumpuni untuk mencetak dalam jumlah banyak dan hasil akhir yang baik.

Digital printing dan offset printing merupakan kedua hal yang dapat ditemukan ketika ingin mencetak kebutuhan marketing seperti poster dan flyer. Kedua jenis printing tersebut memiliki perbedaan yang bisa membuat kamu kebingungan untuk memilih menggunakan metode mana yang cocok.

Dengan begitu, yuk simak penjelasan dari perbedaan kedua metode printing ini agar kamu bisa menentukan mana yang cocok untuk kebutuhan kamu!

jasa printing online
Mau bikin acara, peralatan kantor hingga kebutuhan jualan, tapi bingung print undangan di mana? Print di Tokopedia aja!

BACA JUGA: 11 Printer Terbaik 2020: Andalan Cetak di Rumah maupun Kantor

3 Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

1. Pengertian Offset Printing dan Digital Printing

Offset Printing
Sumber: Pixabay

Untuk memahami perbedaan dari kedua metode printing ini, mari kita mulai dengan penjelasan antara kedua jenis printing ini terlebih dahulu. Kedua jenis printing ini memiliki nama yang berbeda – beda, lalu apa artinya?

Offset printing adalah metode pencetakan dengan menggunakan plat yang telah dicetak menyerupai dokumen atau desain yang kamu miliki sebelum dicetak pada media kertas atau yang lain. Sedangkan, digital printing adalah metode pencetakan digital menggunakan bantuan dari komputer untuk mengirimkan desain pada mesin cetak yang dapat langsung disalin pada media cetak yang telah dipilih.

Dari kedua penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa digital printing lebih modern dengan menggunakan bantuan komputer untuk mengirimkan desain pada mesin cetak. Sedangkan pada proses offset printing, desain dicetak terlebih dahulu kepada plat yang kemudian dapat digunakan untuk mencetak poster atau flyer yang dibutuhkan.

2. Keunggulan Kedua Metode Printing

Sumber: Unsplash

Meski kedua metode pencetakan ini menggunakan media yang berbeda, keduanya memiliki keunggulannya masing – masing. Keunggulan dari kedua metode printing ini dapat membantu kamu memilih metode mana yang dapat kamu gunakan untuk mencetak desain yang telah dibuat.

Pada offset printing, kamu dapat mencetak dalam jumlah yang banyak hingga mencapai lebih dari ribuan lembar. Memiliki kemampuan mencetak kertas yang memiliki tekstur tebal dengan bergramatur tebal hingga mencapai 400 gsm.

Sedangkan pada digital printing, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mencetak karena proses dapat dilakukan lebih singkat berkat mesin digital printing yang sudah modern. Berkat teknologi terbaru, hasil dari digital printing juga jauh lebih tajam dan sempurna.

Kedua metode printing ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan yang ada, jika kamu ingin mencetak banyak maka dapat menggunakan offset printing dan sebaliknya. 

Tokopedia Print - Kebutuhan Perkantoran
Cetak peralatan kantor online di percetakan online Tokopedia Print! Hasil memuaskan dengan hasil cetakan berkualitas dan harga terbaik!

BACA JUGA: Ini Dia Keunggulan Digital Printing untuk Kamu Pemilik Usaha!

3. Perbedaan pada Harga

Sumber: Pixabay

Setelah melihat keunggulan dari kedua metode printing ini, kamu dapat menebak bahwa kedua metode percetakan ini memiliki harga yang berbeda. Dengan harga yang berbeda tersebut, kamu bisa memaksimalkan pengeluaran kamu untuk mencetak kebutuhan yang ada.

Pada offset printing, kamu akan menemukan harga yang lebih tinggi karena kepentingan dalam mencetak plat terlebih dahulu untuk desain yang kamu miliki. Akan tetapi, jika kamu ingin mencetak dalam kuantitas yang banyak, metode offset printing ini akan jauh lebih murah dibanding digital printing.

Untuk digital printing sendiri, dengan kualitas yang ditawarkan tentu memiliki harga yang sepadan dengan apa yang kamu dapatkan. Dengan begitu, jika kamu ingin mencetak desain dengan kuantitas yang banyak, metode digital printing ini akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada ketika kamu mencetak banyak menggunakan metode offset.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa metode offset printing lebih cocok digunakan untuk kamu yang ingin mencetak desain dengan jumlah yang banyak agar harga tetap terjangkau. Sedangkan untuk digital printing akan lebih cocok digunakan untuk mencetak desain penting yang memiliki jumlah lebih sedikit agar kualitas dari hasil cetakan tetap terjaga.

BACA JUGA: 10 Jenis Printer All-in-One Terbaik

Tokopedia Print - Kebutuhan Marketing
Cetak kebutuhan marketing di Tokopedia Print! Tempat percetakan online berkualitas untuk cetak berbagai kebutuhan marketing online.

Jika kamu memiliki kebutuhan untuk mencetak desain dalam jumlah yang banyak, menggunakan offset printing akan jauh lebih terjangkau dibandingkan menggunakan digital printing. Dapat dikatakan jika digital printing dapat kamu gunakan untuk cetak banner atau spanduk berkat kualitas yang diberikan lebih tajam dan sempurna.

Dikarenakan mesin digital printing yang lebih modern, kamu bisa mencetak desain dengan ukuran yang besar tanpa kehilangan detail yang dimilikinya. Jika kebutuhan kamu adalah untuk mencetak poster, flyer, dan lain sebagainya yang membutuhkan jumlah banyak, maka penggunaan offset printing dapat dijadikan pilihan utama.

Jika kamu memiliki desain yang sudah siap untuk dicetak, kamu bisa dengan mudah mencetaknya di Tokopedia, lho! Kamu tidak perlu repot – repot mencari toko percetakan dengan metode offset printing atau digital printing, karena di Tokopedia Print kamu hanya perlu memilih produk apa yang kamu butuhkan! Jadi tunggu apa lagi, ayo cetak desain kamu dengan lebih mudah di Tokopedia Print!

Tokopedia Print - Packaging
Butuh cetak kemasan atau packaging online? Cetak di Tokopedia Print dan dapatkan hasil cetak packaging berkualitas!

Penulis: Lazuardi

© 2009-2024, PT Tokopedia