• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

30 Pertanyaan untuk Pacar, Uji Kesetiaan, Kedewasaan & Kejujuran

20 June 2022

Share

30 Pertanyaan untuk Pacar, Uji Kesetiaan, Kedewasaan & Kejujuran

Mau uji kesetiaan pasangan dan ingin mengenal karakter satu sama lain? Berikut daftar pertanyaan yang bisa kamu ajukan pada pacarmu.


Ada pepatah menyebutkan, “Tak kenal, maka tak sayang.” Ini sama halnya dengan pacaran, kamu perlu lebih mengenal pasanganmu untuk lebih menyayanginya. Ini tidak hanya membuat kamu saling memahami, tapi juga membuat hubunga menjadi lebih sehat.

Mengenal pacar juga dapat membuatmu mengetahui seperti apa karakter pasanganmu, seberapa cocok kamu dan dia, serta apa saja rencana pasanganmu kedepannya terkait masa depannya dan masa depan hubungan kalian.

Untuk itu, kamu bisa menanyakan beberapa pertanyaan untuk mengetahui karakter pacar yang dapat membantu kamu lebih mengenalnya.

Kumpulan Pertanyaan untuk Pacar

Berikut adalah daftar pertanyaan untuk menguji pacar atau calon pasangan hidupmu yang bisa membuat kamu lebih mengenal si dia, sehingga kemudian bisa saling mengerti, serta memahami satu dan lainnya:

1. Seberapa penting kejujuran buat kamu?

Dalam suatu hubungan, kejujuran adalah dasar dari sebuah kepercayaan. Kepercayaan diperlukan agar suatu hubungan berfungsi dan berkembang.

Ketika pasangan kamu selalu jujur dalam situasi apapun, berarti ia mempercayai kamu sebagai pasangan, tidak ada yang ditutup-tutupi darinya, semuanya dilakukan secara terbuka dan sehat.

Baca Juga: Couple Goals yang Bisa Jadi Inspirasi, Dijamin Langgeng!

2. Apakah keputusan besar harus dibuat bersama?

Untuk keputusan yang ranahnya bersifat pribadi, memang tak harus diobrolkan berdua. Tetapi jika urusan tersebut menyangkut kalian berdua, maka keputusan harus didiskusikan terlebih dahulu.

Jangan sampai pasanganmu maupun kamu terlalu dominan. Pikirkan semuanya secara matang dan dengan cara yang baik pula. Jika salah satunya terlalu impulsif, maka keputusan yang dihasilkan pun tidak akan membawa kebaikan untuk kalian berdua dan bisa berujung konflik.

3. Bagaimana jika secara finansial dan pendidikan, aku lebih darimu?

Penting untuk menanyakan hal ini. Beberapa pria terkadang insecure ketika tingkat finansial dan pendidikan pasangannya lebih baik darinya. Hal ini harus dibicarakan di awal hubungan.

Karena jika nanti hubungannya terlalu jauh dan kamu baru mengetahui pasanganmu tidak bisa melihatmu lebih baik darinya, maka hubunganmu berpotensi kandas hanya disebabkan oleh rasa keminderannya.

4. Bagaimana pandanganmu mengenai saling berbagi password sosial media?

Beberapa pasangan ada yang tidak nyaman tentang saling berbagi password sosial media. Sebab menurut pendapat sebagian orang, hal tersebut dianggap posesif dan tidak menghargai privasi masing-masing.

Oleh karena itu, tanyakan pendapat pasanganmu terlebih dahulu terkait hal ini. Jika pada akhirnya kalian memiliki pandangan yang berbeda, bicarakan baik-baik guna mendapatkan jalan tengahnya.

5. Bagaimana jika kelak kita diharuskan untuk menjalin hubungan jarak jauh?

Kebanyakan pasangan pasti berpotensi untuk menjalin hubungan jarak jauh. Entah terpisahkan karena pendidikan, pekerjaan, atau urusan lainnya. Tanyakan hal ini kepada pasanganmu jika pada akhirnya kalian harus LDR.

Jangan sampai hubunganmu yang sudah cukup jauh kandas tiba-tiba hanya karena salah satu dari kalian ternyata tidak bisa bertahan dan berkomitmen dalam LDR.

6. Maukah kamu berkenalan sekaligus menemui kedua orang tuaku di rumah?

Mau berkenalan dengan orang tua adalah salah satu bentuk keseriusan pasangan kamu. Jika ia tidak mau diajak bertemu orang tuamu, dikhawatirkan ia tidak benar-benar serius dengan hubungannya. Orang yang tidak serius dalam menjalani hubungan kemungkinan berpotensi meninggalkanmu secara tiba-tiba.

Baca Juga: Kenali Perbedaan antara Perasaan Cinta dan Sayang

7. Seperti apa bentuk mapan secara finansial menurut pandanganmu?

Hal ini penting ditanyakan apalagi jika kamu memasuki fase akan menikahinya. Bagaimana gambaran mapan secara finansial menurutnya akan membuatmu semakin paham tentang kehidupan yang dikehendakinya. Perlu untuk menyamakan persepsi tentang ini agar ketika sudah menikah dan berkeluarga, tidak ada pertengkaran karena ekonomi atau finansial.

8. Apa yang akan kamu lakukan jika salah satu dari kita mengalami fase jenuh di dalam hubungan ini?

Ketika kamu menjalani hubungan dengan seseorang, penting untuk tahu mau dibawa ke mana hubungan tersebut. Apakah untuk jenjang yang lebih serius atau sekedar bersenang-senang saja. Jika memang tujuan keduanya untuk jenjang yang lebih serius, maka dapat diprediksi sejenuh apapun hubungan kamu, salah satu atau keduanya pasti akan berjuang untuk memperbaikinya

9. Apakah kamu tipikal orang yang boros dan senang berbelanja?

Jika kamu seseorang yang hemat dan memprioritaskan segala sesuatu berdasarkan kebutuhan yang paling urgent tetapi pasanganmu malah memiliki karakter sebaliknya, hal tersebut dapat menciptakan masalah besar bagi kalian berdua. Pastikan kamu berada di halaman keuangan yang sama dengannya untuk menghindari kemungkinan masalah di masa depan.

10. Jika ternyata aku memiliki kekurangan yang jauh dari ekspektasimu, bagaimana cara kamu menyikapinya?

Hampir setiap orang memiliki ekspektasi terhadap pasangannya. Tanyakan kepada pasanganmu bagaimana ia menyikapi kenyataan dirimu yang jauh dari apa yang ia ekspektasikan. Dari jawabannya, kamu akan bisa memprediksi apakah kira-kira hubunganmu dengannya bisa bertahan lama.

11. Apa film favoritmu?

Kamu bisa menanyakan tentang film favorit pacar untuk mengetahui hal apa saja yang dia sukai. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apakah dia memiliki kesamaan denganmu.

Jika film favoritnya tidak sama denganmu, kamu bisa saling bertukar pikiran satu sama lain agar lebih saling memahami.

12. Apa kenangan masa kecil favoritmu?

Mengetahui kenangan masa kecil pacar akan membantu kamu lebih memahami apa saja yang telah dia lalui hingga membentuk dirinya yang saat ini.

Selain menanyakan kenangan favoritnya, kamu juga bisa menanyakan kenangan terburuk untuk lebih mengenal pacarmu.

13. Apa tempat favoritmu?

Kamu bisa menjadikan tempat favoritnya sebagai salah satu tempat untuk berkencan dan menghabiskan waktu bersama. Mengetahui tempat favorit pacar akan membantu kamu lebih mengenal pribadi pasanganmu.

14. Apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu senggang?

Menanyakan kegiatan apa yang pacarmu lakukan di waktu senggang akan membantu kamu mengetahui minat dan kegiatan apa saja yang disukai.

Nantinya, kamu juga bisa mengisi waktu pacaran dengan kegiatan yang dia suka. Entah itu membaca buku, olahraga, main games, dan lain sebagainya.

15. Seperti apa hari yang sempurna untuk kamu?

Mengetahui bagaimana hari yang sempurna untuk pasangan dapat membuat kamu lebih mengenal si dia. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kencan seperti gambaran hari yang dia inginkan.

Baca Juga: Pasangan Zodiak: Daftar Cocok dan Tidak Cocok

16. Apa saja hal yang kamu anggap penting?

Penting untuk kamu mengetahui hal apa saja yang dianggap penting oleh pacarmu.

Pertanyaan ini akan membantu kamu mengetahui apa saja prioritas dalam kehidupannya dan apakah kamu memiliki kesamaan dengannya.

17. Hal apa yang paling kamu sukai dari diriku?

Pertanyaan ini mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sepasang kekasih satu sama lain.

Mengetahui apa yang dia suka darimu akan membantu kamu untuk yakin bahwa dia memang benar menyukaimu dan menyayangimu.

18. Lagu apa yang kamu pikirkan saat memikirkanku?

Saat mendengarkan lagu-lagu tertentu, kamu mungkin akan teringat dengan pasanganmu atau hari-hari yang kamu lalui bersama dengannya.

Kamu bisa menanyakan hal ini kepada pasangan untuk mengetahui hal apa yang paling dia ingat tentang dirimu melalui lagu yang dia pilih.

19. Apakah ada hal tentang diriku yang tidak kamu ketahui, tapi ingin kamu ketahui?

Pacaran sering kali dianggap sebagai proses untuk lebih saling mengenal satu sama lain. Namun ada kalanya pasanganmu mungkin akan merasa sungkan untuk menanyakan satu atau dua pertanyaan tentang dirimu.

Untuk itu, kamu bisa menanyakan pada dirinya apa yang ingin dia ketahui tentang dirimu.

20. Apa kenangan favoritmu tentang hubungan kita?

Mengetahui kenangan favorit dia tentang hubungan kalian berdua akan membuat kamu lebih mengenalnya. Ini juga akan membantu kamu dan pacar untuk mengingat kembali memori indah kalian berdua.

kalung couple

Pererat hubungan dengan si dia dengan kalung couple romantis berikut ini!

Baca Juga: Arti Garis Tangan: Apakah Si Dia Jodoh?

21. Apa pendapat kamu tentang hubungan yang sehat?

Saat menjalin hubungan, hampir semua orang ingin menjalaninya dengan cara yang sehat. Namun ada kalanya pemikiran seseorang tentang hubungan yang sehat tidaklah sama dan malah membuat hubungan tersebut menjadi tidak sehat.

Untuk itu, penting untuk kamu mengetahui gambaran hubungan yang sehat bagi pasanganmu dan mendiskusikan bagaimana kalian akan menjalani hubungan yang sehat bersama.

22. Apa saja hal yang paling kamu syukuri?

Mengetahui hal apa saja yang pasanganmu syukuri akan membantu kamu lebih mengenal pasangan. Kamu dapat melihat betapa bersyukurnya pasangan atas hal-hal yang ia miliki dan apakah kamu menjadi bagian dari hal tersebut.

23. Bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah?

Sangat penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara pasanganmu menyelesaikan masalah. Beberapa orang mungkin akan memilih diam untuk menyelesaikan masalah, sedangkan yang lainnya akan berusaha untuk membicarakannya.

Mengetahui cara seseorang menyelesaikan masalah akan membantu kamu mengetahui seberapa cocok kalian sebagai pasangan. Jangan sampai perbedaan cara menyelesaikan masalah membuat hubungan kalian menjadi berantakan.

24. Bagaimana cara kamu menenangkan diri?

Mengetahui cara menenangkan diri pasangan satu sama lain akan membantu kamu untuk lebih memahami pasangan dan memberikannya waktu untuk menenangkan diri.

Kemudian, kamu dapat membicarakan masalah setelah keadaan sudah mulai tenang dan kondusif.

25. Seberapa penting keluarga untukmu?

Pertanyaan ini akan membantu kamu mengetahui nilai kekeluargaan pasanganmu. Tidak semua orang lahir dalam lingkungan keluarga yang baik, mungkin kamu atau pasanganmu adalah salah satunya.

Untuk itu, mengetahui nilai kekeluargaan bagi pasangan sangat penting untuk membantu kamu memahami pasangan dan membangun hubungan yang sehat.

Baca Juga: Puisi Cinta: Rahasia Meluluhkan Hati Cinta Sejati

26. Apa rencanamu untuk masa depan?

Setiap orang memiliki rencana masa depan yang berbeda, mungkin begitu juga dengan kamu dan pasangan. Ada yang lebih mengutamakan karir. Namun, ada juga yang mengutamakan kehidupan berkeluarga.

Untuk itu, mengetahui rencana masa depan pasanganmu akan membantumu mengetahui kesamaan kalian. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui apakah kamu menjadi bagian dari rencana masa depan pasanganmu atau tidak.

27. Apa rencanamu tentang hubungan kita?

Saat menjalin hubungan, kamu perlu memikirkan bagaimana hubunganmu kedepannya. Apakah yang kamu rencanakan sama dengan apa yang pasanganmu rencanakan. Untuk itu, kamu perlu menanyakan rencana pasangan terkait hubungan kalian.

28. Bagaimana cara kamu mencapai tujuanmu?

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mencapai tujuannya. Dengan mengetahui cara pasanganmu mencapai tujuan, kamu dapat mengetahui bagaimana karakter pasanganmu dan seberapa cocok kalian.

29. Apakah kamu terbuka dengan couple counselling?

Couple counselling biasanya akan membantu menyelesaikan masalah pasangan yang tengah rapuh. Mengetahui bersedia atau tidaknya pasanganmu untuk mengikuti couple counselling akan membantu kamu lebih mengenal pasanganmu.

Pasangan yang bersedia untuk meminta bantuan couple counselling menunjukkan bahwa mereka tidak takut untuk memperbaiki kesalahan yang ada di antara mereka dan ingin membangun hubungan menjadi lebih baik lagi.

30. Apakah kamu akan memberitahu kalau aku bau?

Pertanyaan ini mungkin terdengar bodoh, namun sebenarnya pertanyaan ini akan menunjukkan sikap jujur dari pasanganmu. Memberitahu bahwa pasanganmu bau mungkin akan membuat kamu atau pasangan menjadi sungkan.

Akan tetapi, dalam hubungan yang sehat, kejujuran menjadi elemen penting untuk menjaga hubungan. Memberitahukan kejujuran juga akan membantu kamu dan pasangan untuk  berubah menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Kata-kata Romantis: Ungkapan Manis untuk yang Terbaik

Itu dia Toppers kumpulan pertanyaan untuk pacar agar lebih saling memahami. Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu dapat lebih mengetahui tentang pribadi pacarmu, gambarannya tentangmu, dan apa rencana dia untuk masa depan hubungan.

Saling memahami merupakan salah satu elemen penting saat menjalin hubungan. Ini akan membantu kamu dan pacar untuk lebih saling mengerti dan menguatkan hubungan di antara kalian.

buket bunga

Bikin hatinya meleleh dengan buket bunga pilihan terindah di sini!

Penulis: Nyimas Pamela Anisa Dewi, Rizfa

Share

Surtan SiahaanSurtan Siahaan

Related Articles

10 Kado Valentine untuk Laki-laki, Dijamin Terpukau!
Relationship
10 Kado Valentine untuk Laki-laki, Dijamin Terpukau!
© 2009-2024, PT Tokopedia