Resep dan Cara Membuat Telur Gulung

13681
resep cara membuat telor gulung

Resep Telur Gulung – Toppers pasti kangen kan dengan jajanan favorit jaman SD gurih nan lezat, dan suka dijual oleh abang-abang di depan sekolah? Apa lagi kalau bukan… Telur gulung! Ya, salah satu jajanan yang paling seru kalau dimakan selagi panas sambil ngobrol bareng teman di sekolah. Namun, karena sekarang susah untuk cari abang penjual telur gulung atau kamu mungkin ragu akan kebersihannya jika beli di luar, kamu sekarang bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk simak resep dan cara membuat telur gulung tusuk ala jajanan zaman SD berikut ini!

Rasanya yang renyah di luar dan lembut di dalam serta gurihnya rasa pada telor, membuat jajanan satu ini banyak digemari semua kalangan. Ada yang menyebutkan bahwa kunci dari kelezatan telor gulung adalah pada tepung maizena dan kandungan airnya. Yuk langsung coba bikin!

Resep Cara Membuat Telur Gulung

Bahan-bahan untuk membuat telur gulung:

Cara membuat telur gulung:

  1. Pertama, pecahkan 3 telur ke dalam mangkuk, kocok telur hingga rata.
  2. Selanjutnya, tambahkan merica, garam, dan kaldu bubuk secukupnya sesuai selera.
  3. Tambahkan tepung maizena yang sudah dicairkan terlebih dahulu perlahan-lahan dan kocok sampai berbusa hingga adonan tercampur rata.
  4. Tuang kira-kira 50 ml air mineral, lalu kocok kembali adonan sampai teksturnya benar-benar cair.
  5. Panaskan minyak goreng dengan api agak tinggi seperti saat menggoreng deep fry. TIPS: Tuangkan minyak goreng ke dalam penggorengan dengan cukup banyak, karena telor gulung ini akan dibuat menggunakan teknik deep fry.
  6. Siapkan tusuk sate, tuang 3 sendok telur dengan cara diputar ke bagian tengah minyak agar telur bisa tersebar. Setelah itu, segera ambil telur dengan tusuk sate dan gulung telor ke pinggir penggorengan. TIPS: Hindari memasak telor terlalu matang, karena akan membuat sulit ketika proses menggulung.
  7. Ulangi langkah di atas hingga tusuk sate dan adonan telur habis.
  8. Sajikan dengan saus sambal pedas manis atau tomat sebagai pelengkap.
  9. Voila! Telur gulung siap dihidangkan.
sambal bu rudy

Selain telur gulung biasa, masih banyak varian telur gulung lain yang bisa kamu coba. Seperti berikut ini:

Aneka Resep Telur Gulung

1. Telur Gulung Mie

Mie dan telur memang merupakan paduan masakan yang tak pernah bisa terpisahkan. Kalau kamu ingin membuat telur gulung dengan tambahan mie, bisa membuatnya dengan cara merebus mie terlebih dahulu, lalu gulung ke tusuk sate secukupnya. Selanjutnya cara diatas bisa kamu lakukan.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

2. Telur Gulung Sosis

Selain digoreng dengan mie, sosis juga bisa menjadi pilihan kamu untuk memvariasi telur gulung. Bercampur sosis, telur gulung jadi semakin lezat juga bergizi dengan kandungan proteinnya. Sedikit tips, jika kamu tidak ingin telur gulung yang terlalu asin, kamu tidak perlu menambahkan garam lagi pada adonan telur, karena sosis sendiri sudah cukup asin. Masih sama seperti membuat telur gulung mie, pada telur gulung sosis kamu harus merebus sosis terlebih dahulu hingga matang, lalu tusuk sosis ke tusuk sate. Kemudian, lanjutkan dengan cara yang sama seperti membuat telur gulung tusuk biasa.

3. Telur Gulung Mozzarella

Terakhir, kamu bisa bikin telur gulung dengan resep kekinian, yaitu menambahkan topping keju mozzarella pada telur gulung. Hmm.. Kebayang kan? Gimana lumernya lelehan keju pada telur? Pastinya, bikin kamu melting pada gigitan pertama. Biar gak penasaran, yuk langsung coba bikin di rumah!

Baca juga: 7 Makanan Pedas Terlezat untuk Kamu Pecinta Kuliner Pedas

Nah, itu dia resep dan cara mudah bikin telur gulung yang bisa Toppers coba dirumah! Bahannya mudah dicari dan cara bikinnya juga gampang, gak ada alasan lagi buat kamu untuk gak mencoba! Happy cooking, Toppers!

rendang telur

Bagikan Artikel