• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Gurih, Empuk, dan Tahan Lama

20 March 2024

Share

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Gurih, Empuk, dan Tahan Lama

Cara membuat ketupat ini wajib kamu coba untuk Lebaran nanti. Simak juga tips membuat ketupat yang gurih, enak, dan tahan lama!


Ketupat sudah menjadi menu wajib dan tradisi turun-temurun umat Islam saat hari raya lebaran, baik saat Idul Fitri maupun Idul Adha. Pasalnya, menu ini sangat cocok dihidangkan dengan berbagai lauk seperti opor, rendang, satay dan makanan lainnya. 

Tidak heran, jika banyak pasar yang menjual ketupat menjelang Hari Raya. Ketupat sendiri ternyata memiliki filosofi yang mendalam. 

Faktanya, ketupat adalah singkatan dari ‘Ngaku Lepat’ yang artinya minta maaf atau mengakui kesalahan. Selain itu, bentuk ketupat yang terbuat dari pola anyaman dimaknai sebagai kerumitan akan kesalahan yang pernah diperbuat.

 Selain dari makna ketupat itu sendiri, ada beberapa tips membuat ketupat agar enak, gurih, dan tahan lama. Tentunya, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah.

Baca Juga: Resep Kastengel Keju Premium, Renyah dan Lumer di Mulut!

Cara Membuat Ketupat dan Resep Lengkapnya

resep dan cara membuat ketupat

Sumber: Lensa Purbalingga

Sama seperti makanan lainnya, kamu juga perlu mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu sebelum memasak ketupat. Berikut bahan-bahan yang diperlukan agar ketupat menjadi lebih sedap.

  • Waktu Persiapan: 90 menit
  • Waktu Memasak: 3-5 jam
  • Porsi: 10 ketupat
  • Kalori: 80-100 kalori per buah

Bahan-bahan Membuat Ketupat

Cara Membuat Ketupat

  1. Cuci beras hingga bersih.
  2. Rendam beras dalam satu wadah yang terisi air bersih dan daun pandan hingga 60 menit.
  3. Lalu, tambahkan garam dan aduk hingga merata.
  4. Tiriskan selama 15 menit hingga garam meresap.
  5. Masukkan beras dan daun pandan ke dalam kulit ketupat.
  6. Rebus air. Ketika setengah mendidih, masukkan ketupat yang sudah diisi beras dan pastikan ketupat terendam air.
  7. Kemudian, rebus sekitar 4–5 jam.
  8. Jika sudah, angkat ketupat dan siram dengan air dingin untuk membersihkan lendir yang menempel pada daun kelapa.
  9. Diamkan beberapa saat dan gantung ketupat agar ketupat kering.
  10. Selesai! Ketupat siap dihidangkan bersama dengan lauk lain.

Baca Juga: Cara Membuat Lontong untuk Pelengkap Masakan Lebaran, Praktis!

Tips Mudah Membuat Ketupat Lebaran

tips membuat ketupat lebaran

Sumber: Asian Inspiration

Lebaran tanpa ketupat rasanya kurang lengkap. Ketupat yang gurih dan empuk menjadi suatu kenikmatan tersendiri ketika dihidangkan bersama dengan lauk lain. Nah, berikut tips membuat ketupat anti gagal:

1. Pilih beras berkualitas

Faktor terpenting yang wajib kamu perhatikan dalam membuat ketupat adalah bahan yang akan kamu pilih. Agar ketupat memiliki tekstur empuk, pilihlah beras yang berkualitas seperti jenis Pandan Wangi, Rojolele, atau Mentik Spesial

Pastikan terlebih dahulu beras bersih dari gabah dan sudah dicuci hingga air beras tidak keruh, Toppers. Lalu, rendam beras dengan air dingin selama satu jam. Untuk menambah tekstur kenyal, kamu bisa tambahkan sedikit kapur sirih.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Kuning untuk Lebaran, Sederhana tapi Nikmat!

2. Gunakan anyaman daun kelapa muda

Pilihlah anyaman ketupat yang berwarna hijau cerah atau daun kelapa muda sebab hal ini akan membuat beras tidak tumpah saat berada dalam proses masak. Selain itu, daun muda juga tidak akan mudah rusak dan patah ketika direbus bersama beras. 

Ketupat yang dihasilkan daun kelapa muda pun akan lebih terasa empuk dan tahan lama. Jangan lupa, pastikan anyaman janur cukup rapat agar beras tidak tumpah

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Kentang Ati, Bumbu Meresap dan Sedap!

3. Perhatikan isi ketupat dan air saat merebus

Kamu bisa isi ⅔ bagian ketupat dengan beras pulen. Beras pulen biasanya akan mengembang dengan sempurna sehingga jangan terlalu penuh menaruh beras ke dalam ketupat. 

Saat memasak, tuang air panas hingga seluruh air merendam ketupat dan masak selama 2-3 jam. Jika air berkurang, tambahkan air panas lagi secukupnya. Untuk lebih mudah, kamu bisa menggunakan panci bertekanan atau pressure cooker agar ketupat lebih cepat matang.

4. Siram ketupat dengan air dingin

Ketika selesai dimasak, siram ketupat dengan air dingin agar lendir yang menempel pada daun dapat tersingkir. Teknik menyiram ketupat dengan air dingin juga dapat membuat ketupat tahan lama.

5. Cara menyimpan ketupat

Cara lain agar ketupat dapat bertahan lama adalah dengan menggantungkannya di tempat yang terbuka dan berangin. Hal ini bertujuan agar sisa air rebusan lebih cepat hilang. 

Selain itu, kamu juga bisa menyimpannya di kulkas dan dibungkus dengan plastik. Hangatkan kembali dengan cara dikukus.

Baca Juga: Resep Kue Kacang Lembut dan Renyah untuk Lebaran, Anti Gagal!

Nah, itu dia Toppers, resep dan tips membuat ketupat lebaran yang gurih, enak dan tahan lama yang bisa jadikan momen lebaranmu semakin terasa.

 Selain tips di atas, kamu juga dapat menghidangkan kue kering khas lebaran, seperti nastarputri salju, atau kue kacang, yang bisa kamu bisa beli semuanya dengan mudah di Tokopedia!

Penulis: Amir Faruqi Aziz

© 2009-2024, PT Tokopedia