Review Oppo F11 Pro: Smartphone Masa Kini yang Istimewa

307
review oppo f11 pro, kelebihan oppo f11 pro, kekurangan oppo f11 pro

Bawa tampilan modern dan fitur masa kini, dapur pacunya pun canggih, serta ditambah kamera andalan. Simak review kelebihan dan kekurangan Oppo F11 Pro!


Review Oppo F11 Pro – Oppo F11 Pro jadi salah satu smartphone terbaru keluaran 2019 dari pabrikan handphone asal China ini. Jika sebelumnya memiliki tagline “Selfie Expert”, untuk ponsel yang satu ini diberi julukan “Brilliant Portrait.”

Tak hanya jago selfie, diberi sebutan demikian karena F11 Pro dihadirkan dengan kelebihan pada bagian kamera utamanya. Ia dibekali dengan dual camera di bagian belakang beresolusi tinggi. Tak hanya itu, di depan pun ada kamera untuk berswafoto yang kekinian.

Selain fitur andalan pada faktor fotografi, apa lagi yang menjadi kelebihan Oppo F11 Pro? Lalu, apakah ia memiliki kekurangan? Simak review lengkapnya berikut ini!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca Juga: 12 Smartphone Gaming Terbaik 2019 dengan Performa Layaknya PC

Kelebihan Oppo F11 Pro

1. Desain Mewah dan Kekinian

review oppo f11 pro, kelebihan oppo f11 pro, kekurangan oppo f11 pro
Sumber Gambar: Ungeek

F11 Pro tersedia dalam warna thunder black dan aurora green, kedua warna tersebut diambil dari seri flagship Find X. Thunder black hadir dalam warna utama hitam dengan gradasi ungu di atas kanan dan biru di bawah kiri. Sementara, aurora green punya gradasi dari biru ke hijau yang menawan.

Bagian mukanya hanya dipenuhi layar dan bezel di sekelilingnya sangat tipis. F11 Pro ini mengusung desain panoramic screen dengan panel IPS seluas 6,53 inci resolusi Full HD+ dan rasio 19.5:9 ratio yang siap mengakomodasi berbagai kebutuhan.

2. Kamera Beresolusi Tinggi

review oppo f11 pro, kelebihan oppo f11 pro, kekurangan oppo f11 pro
Sumber Gambar: The Verge

Dua kamera 48 MP dan 5 MP (depth sensor) tersemat di punggung F11 Pro, lengkap dengan phase-detection autofocus dan single-LED flash. OPPO mengandalkan sensor gambar utama Sony IMX 586 yang berukuran 1/2 inci beresolusi 48 MP dengan piksel 0.8 μm dan aperture f/1.8.

3. Low Light Fotografi yang Apik

review oppo f11 pro, kelebihan oppo f11 pro, kekurangan oppo f11 pro
Sumber Gambar: The Express Tribune

Karena implementasi pola filter warna Quad Bayer, setiap 2×2 piksel digabungkan dan bekerja sebagai satu piksel. Sehingga menawarkan resolusi 12 MP dengan piksel besar 1,6 μm yang memiliki performa low-light lebih baik.

4. Rising Camera dan Face Unlock

review oppo f11 pro, kelebihan oppo f11 pro, kekurangan oppo f11 pro
Sumber Gambar: Firstpost

Satu hal yang sangat menarik dari  F11 Pro adalah rising camera. Perangkat ini memiliki kamera depan 16 MP (f/2.0) yang tersembunyi di bodi dengan mekanisme pop-up yang akan muncul saat menggunakan kamera depan dan face unlock.

Desain fitur tersebut, tampilan layar Oppo F11 Pro terlihat lebih luas. Layar Oppo F11 Pro terlihat penuh juga berkat dukungan aspek rasio 19.5:9 dan rasio screen-to-body sebesar 90.9%.

5. Performa Mantap

review oppo f11 pro, kelebihan oppo f11 pro, kekurangan oppo f11 pro
Sumber Gambar: Android Authority

Oppo membekali F11 Pro dengan prosesor bertenaga yang mungkin banyak diremehkan orang. Namun, Helio P70 besutan MediaTek yang ada di dalamnya tidak boleh dipandang sebelah mata.

Chipset berfabrikasi 12 nanometer (nm) ini memiliki delapan inti pemrosesan dengan arsitektur Cortex-A73 ditambah Cortex-A53 yang powerful. Ada pun clockspeed dari ‘otak’ ini mencapai 2,1 gigahertz (GHz).

Jadi untuk performa, jeroannya bisa dibilang sudah lebih dari cukup dan sangat bisa diandalkan.

smartphone kamera bokeh
Ciptakan foto bokeh artistik hanya dengan handphone!

Baca Juga: 12 Smartphone Tahan Banting dan Tahan Air Terbaik untuk Aktivitas Outdoor

6. Sistem Operasi Terbaru

OPPO F11 Pro telah menyediakan sistem operasi Android versi teranyar 9.0 Pie. Antarmuka ini dipercantik dengan ColorOS 6 yang tampak lebih clean, menekankan latar belakang putih berpadu dengan warna terang. Dijamin simple dan eye catching.

7. Baterai Tahan Lama dan Pengisian Super Cepat

Kamera super apik dan tampilan layar yang kekinian kurang lengkap rasanya jika baterai tidak tahan lama. Tak perlu khawatir, Oppo F11 Pro ini mempunyai kapasitas baterai besar, yakni 4.000 mAh. Oppo menyebut bahwa F11 pro mampu bertahan seharian tanpa harus sering charge.

Baterainya yang besar kemudian disokong dengan teknologi pengisian daya cepat yang disebut VOOC 3.0 dengan daya 20 Watt (W)! Jadi, hal ini sepertinya tak hanya sekadar gimmick.

Kekurangan Oppo F11 Pro

8. Fingerprint Masih di Luar Layar

Jika bandingkan dengan pesaingnya, perangkat ini cukup kalah di sektor teknologi pengamanan. Pasalnya, F11 Pro belum membawa sensor fingerprint yang tertanam di dalam layar. Ia masih menggunakan sensor kapasitif yang dipasang di bagian belakang.

Namun, hal ini sebenarnya hanya soal peletakan sensor. Untuk kemudahan membuka ponsel sepertinya tak ada beda yang terlalu signifikan antara di depan maupun belakang.

9. Tidak Anti Air dan Debu

Satu hal lagi yang kurang jika melihat harganya, yaitu tidak memiliki ketahanan air dan debu. Memang, mungkin ada vendor lain yang memberi fitur ini di rentang harga yang sama.

Namun, kembali lagi pada fungsinya, F11 Pro bukan lah handphone outdoor. Jadi, fitur tersebut sebenarnya tak terlalu penting. Asal pemakaian dilakukan secara hati-hati dan sewajarnya.

10. Tidak Ada LED Flash di Kamera Depan

Meski menawarkan resolusi kamera depan tinggi dan jernih, akan tetapi belum bisa digunakan buat selfie ditempat gelap. Pasalnya, di bagian depan tidak ada fitur pencahayaan semacam LED flash.

Baca Juga: Review Vivo V15 Pro: Smartphone ‘Garang’ yang Futuristis

Itulah review kelebihan dan kekurangan Oppo F11 Pro yang bisa jadi pertimbangan matang sebelum membelinya. Kesimpulannya, ia sangat cocok bagi kamu yang ingin memilki handphone dengan kamera berkualitas, layar besar, fitur kekinian serta performa dan baterai andal.

Bagaimana, tertarik Toppers? Temukan Oppo F11 Pro dan handphone terbaru lainnya dengan penawaran terbaik hanya di Tokopedia!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Bagikan Artikel