• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Realme Narzo 50A: Sejutaan Dapat ‘Banyak’

Share

Review Realme Narzo 50A: Sejutaan Dapat ‘Banyak’

Review kelebihan, kekurangan, spesifikasi dan harga Realme Narzo 50A. HP sejutaan yang andal di performa, baterai dan kamera.

Realme Narzo 50A yang dirilis pada 24 September 2021 secara global, telah diperkenalkan di Indonesia sejak awal November dan mulai bisa ‘dipinang’ pada 11 November 2021. Koleksi smartphone terbaru Realme ini ditawarkan dengan harga terjangkau khas Narzo series.

Ponsel ini ditenagai oleh chipset gaming MediaTek Helio G85 SoC, dengan triple camera, baterai besar, dan kelebihan lainnya yang diulas dalam artikel ini dengan banderol harga kurang dari Rp2 juta. Sehingga ponsel ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki budget terbatas.

Narzo 50A banyak memberikan kelebihan yang memudahkan pengguna saat multitasking atau bermain game. Namun, ia tentu juga masih memiliki kekurangan yang bisa dipertimbangkan sebelum memasukkannya ke keranjang belanja online atau membawanya ke depan kasir. Berikut ini ulasan lengkap beserta spesifikasi dan harganya.

Baca Juga: Review Realme GT Neo 2 5G: Super Ngebut dan Stylish

Kelebihan Realme Narzo 50A

Perkembangan dan inovasi para produsen ponsel kini berkembang dengan pesat. Dengan harga satu jutaan, kini kamu bisa memiliki ponsel ramah di kantor yang bertenaga, berikut kelebihannya:

1. Kapasitas Baterai Beneran Jumbo!

review realme narzo 50a

Sumber Gambar: Realme

Realme Narzo 50A memiliki kapasitas baterai 6.000 mAh yang sangat besar dengan dukungan fast charging 18W. Karena ponsel ini memiliki layar HD+, ponsel ini dapat dipakai untuk menonton YouTube terus menerus selama 27 jam, atau mendengarkan Spotify selama 111 jam.

Singkatnya, ponsel ini memiliki daya tahan yang lama, sehingga kamu tidak perlu repot untuk sering melakukan pengisian daya.

2. Performa Chipset Gaming Bertenaga

kelebihan dan kekurangan realme narzo 50a

Sumber Gambar: Realme

Dari segi performa, Realme Narzo 50A ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G85 yang berfokus pada gaming dalam lini G Series. Chipset ni memaksimalkan performa baterai dengan pengalaman gaming berkat teknologi HyperEngine.

Chipset ini memiliki GPU Arm Mali-G52 dengan kecepatan maksimal 1GHz. CPU delapan-inti dari chipset ini menggabungkan dua prosesor Arm Cortex-A75 bertenaga yang beroperasi hingga 2GHz dan enam prosesor Cortex-A55 yang beroperasi hingga 1,8GHz.

Selain itu, chipset ini mendukung SIM 4G ganda, Google Assistant, dan juga multi-kamera premium dengan perekaman ultra-cepat hingga 240 frame per detik (fps). Sangat hebat, bukan?

3. AI Triple Camera untuk Menangkap Segala Momen

kelebihan dan kekurangan realme narzo 50a

Sumber Gambar: Realme

Jika kita melihat kamera Realme Narzo 50A, handphone ini memiliki sensor utama 50MP, kamera depth 2MP, dan kamera makro 2MP untuk memotret objek yang kecil dari dekat, dan kamera selfie 8MP. Resolusi kamera utamanya terbilang tinggi untuk di kelasnya.

Kedua kamera dalam Realme Narzo 50A dapat merekam video hingga 1080p@30fps, memiliki mode malam, dan semua filter untuk membuat hasil kamera lebih baik.

4. Layar Lebar Memukau

spesifikasi realme narzo 50a

Sumber Gambar: Realme

Untuk kamu yang ingin bermain game dengan layar yang lega, Realme Narzo 50A bisa menjadi pilihan. Ponsel ini memiliki layar berpanel IPS dengan dimensi 6.5 inci, 102.0 cm2 (~81.7% rasio dari layar ke bodi) yang bisa dibilang lega.

Dengan tampilan layar penuh mini-drop fullscreen klasik realme 6,5 inci, kamu akan disajikan pengalaman visual berkualitas tinggi. Layar yang lebar sangat memungkinkan kamu untuk membagikan apa yang sedang kamu lihat atau tonton di dalam handphone bersama teman-teman.

5. Desain Kekinian

spesifikasi realme narzo 50a

Sumber Gambar: Realme

Realme Narzo 50A memiliki desain edgy garis diagonal yang terinspirasi oleh street culture dan energi anak muda masa kini. Ada dua warna yang ditawarkan, yakni Oxygen Blue dan Oxygen Green yang cukup stylish dengan modul kamera berbentuk persegi di bagian kiri atas.

Fitur fingerprint pada perangkat ini sendiri terdapat di bawah kamera belakang dan di samping tulisan Narzo yang cukup mudah digapai oleh jari.

Baca Juga: Review Realme X2 Pro: Ancaman ‘Flagship Killer’ Sesungguhnya
jual power bank

On terus sepanjang hari dengan power bank berkapasitas besar dan kualitas terbaik di sini!

6. Dua Slot SIM Card + Memory Card Tambahan

harga realme narzo 50a

Sumber Gambar: Realme

Ingin memiliki ponsel dengan penyimpanan yang luas? Realme Narzo 50A memiliki ruang penyimpanan internal dengan pilihan 64 GB dan 128 GB yang bisa kamu tambahkan dengan kartu memori tambahan hingga 256 GB. 

Selain itu, ponsel ini juga memiliki 2 slot kartu SIM yang berisikan dua nomor untuk keperluan yang berbeda dalam satu ponsel.

7. Sistem Operasi Terkini

harga realme narzo 50a

Sumber Gambar: Realme

Realme Narzo 50A memakai sistem operasi Realme UI 2.0 berbasis Android 11 yang memiliki banyak keunggulan dan kelebihan dibandingkan seri sebelumnya. Sistem operasi ini punya personalisasi UI untuk membuat wallpaper sendiri dengan memilih warna dari fotomu, memiliki tiga gaya dark mode. Yakni enhanced, medium, dan gentle yang kontrasnya dapat disesuaikan secara otomatis.

Kamu juga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat berkat fitur smart sidebar, sehingga bisa menampilkan dua tab sekaligus yang dapat disesuaikan. Ada juga fitur optimized night charging yang dapat mengontrol pengisian daya di malam hari, sehingga memperpanjang masa pakai baterai.

Tak sampai situ, kamu juga bisa mengaktifkan “pesan baterai lemah” ketika ponsel menyentuh 15%, mengelola izin dengan “mengizinkan hanya sekali” untuk kepentingan privasi, mengaktifkan mode immersive agar tidak terganggu saat bermain game, dan berbagi hotspot via kode QR.

Dari segi penyimpanan, kamu juga bisa mengaktifkan HeyTap Cloud, untuk menyimpan segala pengaturan sistem, dokumen, dan media yang ada di ponsel untuk dicadangkan.

Kekurangan Realme Narzo 50A

Dengan banyaknya kelebihan yang menarik di Realme Narzo 50A, ponsel dengan harga terjangkau ini masih memiliki beberapa kekurangan karena spesifikasi disesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Berikut ini kekurangannta yang bisa menjadi pertimbangan:

8. Belum Mendukung Jaringan 5G

Para produsen bersaing untuk meluncurkan koleksi ponsel terbarunya dengan dukungan jaringan 5G yang lebih cepat dan latensinya rendah. 

Sayangnya, jaringan 5G ini belum masuk ke dalam produk Realme Narzo 50A yang merupakan koleksi ponsel terbaru dari Realme. Namun, sinyal 4G yang dimiliki saat ini sudah cukup cepat digunakan untuk bermain game atau mengerjakan tugas.

9. Hanya Memiliki Speaker Tunggal

Handphone terbaru yang banyak dirilis di Indonesia kini banyak dilengkapi oleh dual speaker yang dilengkapi oleh Dolby Atmos atau perusahaan pendukung audio lainnya. Namun, Realme Narzo 50A hanya memiliki speaker tunggal yang terdapat di bagian bawah handphone.

Hal ini tidak menjadi masalah besar saat mendengarkan musik atau bermain game karena suara yang dihasilkan cukup besar.

10. Tidak Dilengkapi Kamera Ultra Wide

Dengan konsep triple camera yang disematkan oleh Realme dalam ponsel Narzo 50A, ponsel ini belum memiliki sensor kamera ultra wide yang dapat menangkap gambar lebih luas dan tajam dibandingkan kamera wide.

Penggunaan kamera ultra wide sangat cocok digunakan untuk mengambil gambar pemandangan atau untuk berfoto bersama teman-teman, Toppers. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Realme Narzo 50A sudah memiliki kamera sensor 50 MP dengan sensor wide yang sudah cukup luas.

Baca Juga: Review Realme 5 Pro: Bertenaga dan Kamera Superior
beli custom case hp

Baru beli HP atau bosan dengan warna gadget-mu? Temukan custom case HP unik dan keren di sini!

Spesifikasi dan Harga Realme Narzo 50A

  • Nama: Realme Narzo 50A
  • Rilis: 24 September 2021 (Global), 11 November 2021 (Indonesia)
  • Berat: 207 gram (g)
  • Material: Kaca depan Gorilla Glass, bingkai dan penutup belakang plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS LCD 6.5 inci, 102.0 cm2 (~81.7% rasio dari layar ke bodi)
  • Resolusi Layar: 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
  • Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Kamera Belakang: 50 MP (f/1.8, wide, PDAF) + 2 MP (f/2.4, macro) + 2 MP (f/2.4, depth)
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.0, wide)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • Sensor: Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • Baterai: 6.000 mAh (fast charging 18W)
  • Harga: Mulai dari Rp1.989.000 (cek harga Realme Narzo 50A selengkapnya)
Baca Juga: HP Realme Terbaru dan Harganya

Untuk kamu yang memiliki budget terbatas dan ingin membeli ponsel seri terbaru yang bertenaga dan kamera yang andal, Realme 50A bisa menjadi pilihan tepat nan menggiurkan.

Temukan produk Realme Narzo 50A dan produk smartphone Realme terbaru lainnya dengan penawaran harga terbaik hanya di Tokopedia!

Beli Realme Narzo 50A di Sini

jual handphone dan tablet

Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

© 2009-2024, PT Tokopedia