Review Samsung Galaxy A02: Murah, RAM dan Baterai Besar

0
8638
review samsung galaxy a02

Review kelebihan dan kekurangan hingga spesifikasi Samsung Galaxy A02. Smartphone murah serba guna dengan RAM dan baterai besar.


Samsung seperti tidak ada henti-hentinya mengeluarkan series smartphone yang berkualitas dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Kali ini, Samsung kembali mengeluarkan handphone (HP) murah dengan fitur menarik di kelasnya, yakni Samsung Galaxy A02.

Galaxy A02 hadir dengan dukungan layar besar yang memenuhi bagian depan ditambah poni berbentuk waterdrop di atasnya, hampir mirip dengan ponsel masa kini lainnya.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan produk ini, yakni Infinity-V display alias layar berponi, dual camera, memori ‘cukup,’ hingga baterai berkapasitas besar.

Dengan tagline “Sejuta Keseruan Cuma Sejutaan,” apakah benar ponsel ini memberikan  penawaran dan pengalaman yang seru bagi para penggunanya?

Baca Juga: Review Samsung Galaxy M02: Sejutaan, Apa yang Spesial?

Kelebihan Samsung Galaxy A02

Meskipun kali ini Samsung menawarkan gawai entry level dengan harga hanya satu jutaan saja, tapi ia tetap menyediakan fitur-fitur canggih yang dapat diandalkan sehari-hari. Berikut informasi lengkapnya mengenai kelebihan Samsung Galaxy A02:

1. Layar Lega dan Memuaskan

review samsung galaxy a02
Sumber: Samsung

Saat ini ukuran layar menjadi salah satu bagian yang dipertimbangkan dalam memilih ponsel. Ukuran layar yang besar akan membuat pengalaman pengguna jauh lebih menyenangkan saat menggunakannya.

Samsung Galaxy A02 mengusung desain Infinity-V yang menjadi salah satu keunggulan dari ponsel ini.

Layar pada ponsel ini berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1.600 piksel) dan teknologi PLS LCD khas Samsung.

2. Baterai Tahan Lama

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a02
Sumber: Samsung

Kelebihan yang dimiliki Galaxy A02 lainnya adalah kapasitas baterai yang ditawarkan, yakni 5.000 mAh dengan kecepatan pengisian via micro USB 2.0 dengan daya 7,75 Watt.

Kapasitas baterai yang cukup tinggi membuat ponsel satu ini mampu bertahan hingga 12 jam untuk pemakaian normal.

Kamu tidak perlu merasa khawatir lagi karena takut baterai ponsel kamu cepat habis saat menggunakannya.

3. RAM ‘Cukup’ dan Memori Eksternal Besar

Keunikan dari Galaxy A02 ini adalah ia mampu mendukung penambahan microSD hingga 1TB, yang mana jarang dijumpai dari jenis dan merk smartphone lainnya.

Terlebih lagi dengan keunikan dan keunggulan satu ini, bisa dibilang Samsung Galaxy A02 ini menjadi salah satu smartphone dengan harga satu jutaan yang bisa mendukung penambahan microSD sampai 1TB.

Selain itu, untuk memastikan multitasking berjalan masksimal. Ia juga telah didukung RAM sebesar 3 GB, di mana hal ini cukup spesial mengingat banderol harganya.

4. Dua Kamera yang Bisa Diandalkan

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a02
Sumber: Samsung

Samsung Galaxy A02 didukung dengan dua kamera belakang yang memiliki komposisi kamera utama 13 MP dan makro 2 MP, serta kamera depan sebesar 5 MP.

Untuk di kalangan ponsel murah, Galaxy A02 menyediakan kamera dengan kualitas yang cukup baik dan mampu memuaskan para pengguna dengan kualitas foto yang dihasilkan untuk kondisi pencahayaan yang cukup.

5. Adanya Dukungan Triple Slot Card

Bagi sebagian orang triple slot card sangat dibutuhkan. Apabila kamu adalah satunya, bergembiralah karena Galaxy A02 ini memberikan 2 slot kartu SIM dan 1 slot untuk microSD yang dikemas menjadi satu paket.

Triple slot card di kelas entry-level memang tidak terlalu spesial, namun tetap saja Samsung Galaxy A02 perlu diberikan apresiasi dengan adanya fitur ini.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Oppo A15s: HP Entry Level yang Lengkap dan ‘Sigap’

6. Sistem Operasional yang Fungsional

spesifikasi samsung galaxy a02
Sumber: Samsung

Meskipun smartphone satu ini hanya dibandrol dengan harga satu jutaan, namun sudah didukung dengan sistem operasi OneUI 2.0 berbasis Android 10.

Bagi kamu yang belum tau, OneUI adalah interface atau sistem antar muka baru yang dipakai oleh keluaran produk Samsung.

Menurut Senior Designer of UX Design dari Samsung yaitu Jee Won Lee, dengan adanya OneUI ini pengguna hanya akan melihat apa yang butuh mereka lihat, sehingga mereka bisa fokus pada hal-hal yang memang penting.

7. Fitur Face Unlock Responsif

Samsung selalu berusaha memberikan performa terbaik pada produk yang mereka keluarkan, salah satunya pada Galaxy A02 ini.

Samsung Galaxy A02 sudah dilengkapi dengan teknologi face unlock yang canggih yang memudahkan saat membuka kunci layar dengan mendeteksi wajah penggunanya. 

Kekurangan Samsung Galaxy A02

Meskipun memiliki banyak kelebihan untuk smartphone dengan harga murah dan terjangkau. A02 tetaplah bukan produk yang paling sempurna dengan beberapa kekurangan di antaranya:

8. Kurangnya Dukungan Game Booster

Meskipun telah ditenagai dengan chipset MediaTek MT6739W dengan RAM 3GB dan ROM 32GB, sayangnya produk ini tidak terlalu direkomendasikan bagi kamu yang senang bermain game.

Galaxy A02 tidak didukung dengan fitur game booster, sehingga kamu hanya bisa bermain PUBG dengan mode smooth medium dan balance medium yang tidak sampai 10 fps.

Tidak perlu terlalu khawatir kamu juga masih bisa menggunakan Galaxy A02 ini untuk bermain game Mobile Legend atau game lain yang lebih ringan.

9. Tidak Dilengkapi Fitur Fingerprint 

Kekurangan lainnya pada Samsung Galaxy A02 ini masih belum dibekali dengan sensor fingerprint. Padahal smartphone merek kompetitor di kelasnya sudah banyak yang memberikan fitur ini.

Jadi, sangat disayangkan sekali Galaxy A02 belum dibekali fingerprint. Namun, kamu masih bisa menggunakan fitur face unlock yang ada pada produk ini.

10. Tanpa Fast Charging

Meskipun Galaxy A02 memiliki keunggulan dari kapasitas baterai yang tinggi, namun produk ini belum dibekali dengan fitur fast charging. Dengan begitu, akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar daya baterainya bisa full.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Redmi 9: HP Murah yang ‘Gagah’ dengan Fitur ‘Mewah’

Spesifikasi Samsung Galaxy A02

  • Nama: Samsung Galaxy A02
  • Rilis: 20 Januari 2021
  • Berat: 206 gram (g)
  • Material: Depan kaca, belakang plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: 6,5 inch PLS LCD Infinity-V (rasio layar ke bodi ~81,8%)
  • Resolusi Layar: 720 x 1.600 piksel (HD+)
  • Chipset: Mediatek MT6739W
  • Prosesor: Quad-core 1,5 GHz Cortex-A53
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB (microSD, up to 1TB)
  • Kamera Belakang: 13 MP (f/1.9) + 2 MP (f/2.4)
  • Kamera Depan: 5MP (f/2.0)
  • Bluetooth: Versi 5.0
  • USB: microUSB 2.0
  • Sensor: Accelerometer, Gap Sensor, Virtual Proximity Sensing
  • Baterai: 5.000 mAh
  • Harga: Resmi Rp 1.499.000 (cek harga Samsung Galaxy A02 selengkapnya)

Baca Juga: HP Murah RAM Besar Terbaik: Ini Andalan Terbaru

Samsung Galaxy A02 hadir dengan fitur-fitur yang lumayan sebagai dasar fungsi dari sebuah ponsel pintar.

Dengan adanya smartphone ini kamu akan memiliki pengalaman menyenangkan saat menggunakannya, dan sangat cocok bagi kamu yang ingin memiliki pengalaman terbaik untuk menemani kegiatan sehari-hari dengan harga yang sangat terjangkau.

Sekarang kamu bisa membeli Samsung Galaxy A02 dan handphone Samsung lainnya secara online dan penawaran terbaik hanya di Tokopedia!


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono