Review Oppo A15s: HP Entry Level yang Lengkap dan ‘Sigap’

0
1178
review oppo a15s

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Oppo A15s. Ponsel terjangkau yang ‘lega,’ lengkap dan ‘sigap’ untuk keseharian.


Dalam perilisan seri flagship nya, Oppo seringkali menggunakan desain yang cantik, kamera ditambah AI yang menarik, dan tentunya chipset yang powerful. Meski begitu, Oppo juga memperhatikan kualitas lini entry level-nya agar dapat tampil menarik dan bersaing di pasaran.

Pada 2020 lalu, Oppo merilis salah satu andalan kelas bawah, yaitu Oppo A15 dan dapat bersaing di pasaran untuk smartphone kelas terjangkau tersebut. Pada seri ini, Oppo juga merilis varian Oppo A15s yang memiliki beberapa perbedaan dibandingkan ‘kakaknya.’

Tentunya bagi pencari handphone (HP) terjangkau, hal tersebut menyebabkan banyaknya pilihan yang kini terdapat di pasaran.

Untuk menambahkan referensi kamu tentang Oppo A15s ini, simak review berikut lengkap dengan kelebihan, kekurangan, hingga spesifikasinya!

Baca Juga: Review Redmi Note 9: Siap Jadi Penerus HP Terlaris Sedunia?

Kelebihan Oppo A15s

Bagi yang ingin beralih menggunakan smartphone, Oppo A15s ini memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai andalan sehari-hari. Berikut daftar keunggulannya:

1. Memiliki Bentuk Desain yang Premium

review oppo a15s
Sumber Gambar: Oppo

Pada lini entry level terbarunya, Oppo lebih memerhatikan lagi segi desain yang digunakannya. Jika sebelumnya Oppo hanya memberikan opsi warna untuk merubah penampilannya, kali ini Oppo menyematkan desain yang premium.

Bagian belakang Oppo A15s ini menggunakan bahan plastik dengan finishing glossy yang membuatnya terlihat stylish di kelasnya. Bagian belakang yang didesain sedikit melengkung, membuat permukaannya terasa nyaman ketika digenggam.

Oppo A15s juga menggunakan frame plastik yang mampu menurunkan beratnya menjadi 177 gram (g) dan terasa ringan di tangan. Meski begitu, smartphone entry level dari Oppo ini tetap memiliki build quality yang kokoh dan tidak terasa ringkih di tangan.

2. Sistem Triple Camera yang Serbaguna

review oppo a15s
Sumber Gambar: Oppo

Salah satu yang menjadi pertimbangan ketika beralih menggunakan ponsel pintar adalah sektor fotografi. Tentu saja Oppo juga sudah menyematkan kamera yang dapat memberikan hasil tangkapan yang memuaskan di Oppo A15s.

Oppo A15s ini menggunakan kamera 13 MP sebagai kamera utama, kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP untuk menghasilkan foto portrait yang baik. Untuk yang hobi selfie, Oppo juga menyematkan kamera depan 8 MP yang sudah dilengkapi AI Beautification untuk mempercantik wajah.

Dalam penggunaan kameranya, kamu dapat memilih pilihan mode seperti mode profesional untuk mengatur setting-setting kamera, mode malam untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang minim, panorama, portrait, time-lapse, slow motion, dan masih banyak lagi.

3. Fitur AI yang Variatif

review oppo a15s
Sumber Gambar: Gizbot

Masih seputar kamera, selain mengandalkan performa secara hardware Oppo juga menyematkan fitur-fitur AI yang dapat mengambil gambar lebih baik lagi. Dengan hadirnya AI ini, hasil tangkapan kamera Oppo A15s dapat menjadi lebih baik.

Terdapat fitur-fitur menarik seperti Portrait Bokeh yang dapat membantu memisahkan objek dengan background, HDR untuk menyesuaikan objek dengan kondisi pencahayaan, AI Scene Enhancement yang dapat mengidentifikasi adegan tangkapan, dan fitur Macro yang juga sudah dilengkapi dengan kamera 2 MP-nya.

Fitur-fitur AI ini, tentunya dapat menopang hardware yang digunakan dalam suatu smartphone untuk membantu menghasilkan gambar tangkapan yang baik.

4. Layar Lebar yang Nyaman Dipandang

kelebihan dan kekurangan oppo a15s
Sumber Gambar: Smartprix

Penggunaan waterdrop notch pada bagian depan Oppo A15s ini, membuat bagian depan smartphone terasa lega. Lengkap dengan bezel samping yang sudah tipis, smartphone ini dapat memberikan kenyamanan ketika diajak untuk menonton film atau video yang kamu sukai.

Oppo A15s memiliki bentang layar seluas 6,52 inci dan sudah menggunakan resolusi HD+ yang sangat mencukupi untuk mengonsumsi media. Menggunakan panel IPS, reproduksi warna yang ditampilkan pun masih tergolong baik dan tajam.

Meskipun belum dilengkapi lapisan pelindung seperti Gorilla Glass, Oppo A15s ini tetap dapat mendapatkan proteksi berupa antigores gratis yang sudah terpasang secara bawaan.

5. Baterai Jumbo dan AI untuk Seharian

kelebihan dan kekurangan oppo a15s
Sumber Gambar: Oppo

Ketika memilih smartphone, pasti kamu akan memilih smartphone yang bisa tahan seharian dan bisa menemani aktivitas sehari-hari. Nah, Oppo A15s ini sudah dilengkapi dengan baterai jumbo berkapasitas 4.230 mAh juga fitur AI yang bisa membuat kondisi baterai tetap sehat.

Bagi yang hobi bermain game, scrolling media sosial, hingga menonton menggunakan smartphone, Oppo A15s ini dapat bertahan hingga seharian penuh pemakaian. Untuk pemakaian casual yang tidak terlalu berat, smartphone ini dapat bertahan hingga dua hari.

Oppo juga menyematkan fitur Super Nighttime Standby, di mana AI akan mempelajari waktu tidur kamu dan mengurangi konsumsi daya smartphone ketika kamu tertidur dan tidak menggunakan Oppo A15s ini.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A02s: Ponsel ‘Aman’, Harga Nyaman

6. Prosesor Octa-core yang Cakap

kelebihan dan kekurangan oppo a15s
Sumber Gambar: Oppo

Smartphone entry level Oppo saat ini sudah berkembang jauh dibandingkan yang sudah-sudah. Dengan begitu, seri Oppo A15s ini pun serupa dan telah dilengkapi dengan chipset yang bertenaga agar aktivitas kamu bersama smartphone ini dapat dilakukan dengan lancar dan smooth.

Oppo A15s dibekali ‘otak’ MediaTek Helio P35 dan dapat kamu gunakan untuk bermain kebanyakan game yang tersedia di masa sekarang. Tentunya hal tersebut dapat kamu lakukan dengan menurunkan kualitas grafis dalam game yang akan kamu mainkan.

Meski begitu, game yang dijalankan dalam Oppo A15s ini dapat berjalan dengan lancar dan smooth dan tetap nyaman untuk kamu mainkan.

Untuk Helio P35 sendiri, prosesor ini memiliki inti yang bisa melaju dengan kecepatan hingga 2,3 Gigagertz (GHz). Di mana terbilang cukup kencang bagi sebuah cip yang terpasang di device kelas bawah.

7. Lengkap dengan Sensor Fingerprint dan Face Unlock

kelebihan dan kekurangan oppo a15s
Sumber Gambar: Oppo

Fitur-fitur yang membantu seperti sensor sidik jari dan pengenalan wajah pun dapat kamu temukan di Oppo A15s ini. Fitur ini dapat memudahkan kamu dalam mengakses gawai dan membuka kunci dengan menatapnya atau menyentuh sensor sidik jari.

Fitur fingerprint ini, disematkan Oppo pada bagian belakang smartphone yang memudahkan jari untuk menggapainya. Selain itu, berkat hadirnya AI, Oppo juga dapat menghadirkan dan memaksimalkan fitur face unlock agar lebih mudah untuk digunakan penggunanya.

8. Color OS 7.2 yang Didesain untuk Kenyamanan

spesifikasi oppo a15s
Sumber Gambar: Oppo

Dalam berbagai perangkat Android, setiap manufaktur memiliki UI nya tersendiri. Sama seperti Oppo yang menggunakan ColorOs sebagai UI yang diterapkan dalam lini produk handphone miliknya.

ColorOs sendiri memiliki berbagai macam kostumisasi yang dapat kamu sesuaikan untuk kenyamanan kamu. Terdapat fitur seperti Dark Mode untuk membuat mata lebih nyaman, Smart Sidebar, dan Soloop untuk mengedit video dengan mudah.

Kekurangan Oppo A15s

Sementara itu, ada pun beberapa kekurangan Oppo A15s yang mungkin tidak begitu krusial. Sehingga masih bisa untuk dimakslumi, seperti:

9. Masih Menggunakan Port Micro USB

spesifikasi oppo a15s
Sumber Gambar: Smartprix

Sudah menginjak tahun 2021 dan penggunaan USB Type-C seperti sudah menjadi standar, khususnya dalam smartphone. Namun, untuk smartphone entry level nya ini, Oppo masih menggunakan port micro USB yang terbilang ketinggalan zaman.

Selain itu, port micro USB juga bisa dibilang cukup merepotkan karena hanya bisa dimasukkan dalam satu posisi saja. Di mana port USB Type-C dapat dimasukkan dari berbagai posisi yang bisa memudahkan penggunanya.

10. Absennya Fast Charging

spesifikasi oppo a15s
Sumber Gambar: Oppo

Masih berhubungan dengan koneksi USB, penggunaan port micro USB ini juga menyebabkan absennya fitur fast charging dalam Oppo A15s ini. Absennya fitur ini, mungkin merupakan deal breaker bagi sebagian orang yang perlu pengisian daya dengan waktu yang singkat.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Oppo Reno 5: Lebih Lengkap, Kamera Cakap

Spesifikasi Oppo A15s

  • Nama: Oppo A15s
  • Rilis: 18 Desember 2020
  • Berat: 177 g
  • Material: Bagian depan menggunakan kaca, bagian belakang menggunakan plastik, dan frame menggunakan plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS LCD, 480 nits, 6,52 inci (rasio layar ke bodi ~83,0%)
  • Resolusi Layar: 720×1.600 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • Prosesor: Octa-core (4×2,35 Ghz Cortex-A53 dan 4×1,8 Ghz Cortex-A53)
  • Ram: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB dengan dukungan microSD hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP (f/2.2, lensa wide, PDAF), 2 MP (f/2.4, lensa makro), dan 2 MP (f/2.4, lensa depth)
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.0, lensa wide, HDR)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP. LE. aptX
  • USB: MicroUSB 2.0, USB On-The-Go
  • Sensor: Fingerprint (di belakang), accelerometer, proximity
  • Baterai: 4.230 mAh (charging 10W)
  • Harga: Harga resmi Rp 2.299.000 (cek harga Oppo A15s selengkapnya)

Baca Juga: HP NFC Murah: Koneksi Lengkap, Tak Melulu Premium

Smartphone entry level yang semakin berkembang, membuat pilihan yang ada semakin banyak. Oppo A15s ini cocok untuk menjadi pilihan kamu berkat fitur-fitur yang dimilikinya, terutama dalam sektor kamera dan AI.

Bagi yang hobi bermain game online di handphone, Oppo A15s juga memiliki chipset yang mumpuni dan masih bisa menjalankan game-game online yang tengah ramai dimainkan seperti Mobile Legends, Free Fire, sampai PUBG Mobile dengan pengaturan grafis yang disesuaikan.

Itu dia review Oppo A15s, Toppers! Dengan kelebihan dan kekurangan Oppo A15s yang sudah dijabarkan, apakah smartphone ini cocok untuk kamu?


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Lazuardi