• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Samsung Galaxy M22: Baterai Besar, Plus NFC

Share

Review Samsung Galaxy M22: Baterai Besar, Plus NFC

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy M22. HP affordable dengan baterai besar dan fitur NFC.


Samsung seri M terkenal atas harganya yang terjangkau dan seri ini mirip dengan seri A. Salah satu smartphone dari seri ini yang memiliki fitur-fitur andalan dan diminati oleh banyak orang adalah Samsung Galaxy M22.

Galaxy M22 dirilis pada 23 September 2021 dan merupakan penerus dari M21. Salah satu fitur yang paling menonjol dari ponsel terjangkau ini adalah baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh. Layarnya AMOLED dan memiliki 90Hz refresh rate.

Namun, di samping kelebihan yang dimiliki Galaxy M22, masih ada kekurangan-kekurangan yang perlu Toppers pertimbangkan. Jika kamu ingin mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah ulasan mengenai Samsung Galaxy M22.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy M12: Layar Smooth, Daya Jumbo

Kelebihan Samsung Galaxy M22

Beberapa kelebihan dari Galaxy M22 yang bisa kamu pertimbangkan, berfokus pada layar, prosesor dan daya baterai, hingga konektivitas:

1. Layar AMOLED 90Hz

Ponsel kelas menengah ini sudah dilengkapi oleh layar AMOLED. Jenis layar ini menampilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan jelas.

Selain itu, layarnya juga memiliki 90Hz refresh rate. Fitur ini membuat tampilan layar 50% lebih mulus dari ponsel lainnya yang hanya memiliki 60Hz refresh rate.

2. Chipset untuk Gaming

Samsung Galaxy M22 memiliki chipset Mediatek MT6769V/CU Helio G80. Chipset Helio G80 ini memang merupakan chipset yang khusus dipakai untuk ponsel entry-level untuk memberikan performa yang kuat.

Dengan chipset tersebut, ponsel 2 juta ini bisa kamu gunakan untuk bermain Genshin Impact dengan grafik tingkat menengah. Oleh karena itu, ponsel ini sudah pasti kuat dalam menangani game-game lain seperti PUBG atau Mobile Legends.

3. Baterai Berkapasitas Besar

Jika kamu sedang mencari ponsel terjangkau dengan daya tahan baterai yang kuat, kamu bisa memilih Samsung Galaxy M22 ini.

Kapasitas dari ponsel ini mencapai 5.000 mAh. Daya tahan dari baterainya juga didukung oleh layar AMOLED yang lebih efisien dibanding layar LCD.

4. Lengkap dengan Fitur NFC

Near Field Communication, atau lebih dikenal sebagai NFC, adalah fitur yang digunakan untuk transfer data. Pada umumnya, fitur ini digunakan untuk bertransaksi secara digital.

Hadirnya fitur NFC pada HP 2 jutaan ini merupakan sebuah keunggulan. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan hal seperti mengecek atau mengisi saldo kartu e-Money, Flazz, atau e-Toll tanpa perlu ke ATM.

5. Kamera Komplet dan Berkualitas

Samsung Galaxy M22 memiliki kamera yang cukup lengkap. Ponsel ini memiliki empat kamera belakang dan satu buah kamera selfie, semua dilengkapi dengan megapiksel dan resolusi yang baik.

Selain itu, salah satu dari kameranya adalah kamera ultrawide. Dengan jenis kamera ini, kamu bisa mengambil foto dengan jangkauan yang lebih luas.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A32: Fitur ‘Wah’ dan Lebih ‘Mewah’

6. Desain yang Estetis

Bodi dari Samsung Galaxy M22 ini terbuat dari polikarbonat atau plastik. Bahan polikarbonat membuat ponsel ini nyaman untuk digenggam.

Selain nyaman, bahan plastik ini dapat mengurangi bercak sidik jari di bagian belakangnya. Bobot dari ponsel ini juga menjadi ringan dan bahan plastik membuat ponsel ini tidak mudah rusak ketika jatuh.

7. Varian Memori Besar + microSD Card

Samsung Galaxy M22 tersedia dengan dua varian memori, 64GB atau 128GB. Untuk varian yang 128GB, kamu juga bisa mendapatkan RAM yang lebih besar.

Walaupun 128GB sudah cukup besar, terkadang masih tidak cukup untuk orang tertentu. Galaxy M22 ini menyediakan slot microSD tambahan untuk kamu yang ingin memori lebih besar.

Kekurangan Samsung Galaxy M22

8. Kepala Charger 15W

Salah satu fitur unggulan dari Samsung Galaxy M22 adalah baterainya yang besar dan fitur fast chargingnya. Kamu bisa mengisi daya ponsel ini dengan daya fast charging 25W.

Namun, kepala charger yang disediakan tidak sesuai dengan kemampuan dari ponsel ini. Kamu hanya mendapat kepala charger 15W. Jika ingin menikmati fitur fast charging dengan maksimal, kamu bisa membeli kepala charger 25W.

9. Resolusi Layar HD+
Gawai pintar ini sudah dilengkapi panel Super AMOLED, sebuah panel premium yang menghasilkan gambar yang sangat baik. Namun, resolusi layar kurang sebanding dengan panelnya.

Layarnya memiliki resolusi 720 x 1600 piksel dan hanya HD+. Tetapi hal ini tidak terlalu bermasalah karena kehadiran panel Super AMOLED-nya.

10. Tidak Dilengkapi Gorilla Glass

Ketahanan dari layar ponsel merupakan aspek yang sangat penting. Apalagi jika kamu termasuk orang yang ceroboh.

Sayangnya, Samsung Galaxy M22 ini tidak dilengkapi oleh proteksi Gorilla Glass. Jadi kalau kamu ingin meningkatkan ketahanan dari ponsel ini, kamu bisa menggunakan tempered glass.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A12: Ponsel Spesial untuk Milenial

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M22

  • Nama: Samsung Galaxy M22
  • Rilis: 13 October 2021 (Global), 23 September 2021 (Indonesia)
  • Berat: 186 gram (g)
  • Material: Glass front, plastic frame, plastic back
  • Jenis dan Ukuran Layar: Super AMOLED, 90Hz, 600 nits (HDR), 6.4 inches, 98.9 cm2 (~83.6% screen-to-body ratio)
  • Resolusi Layar: 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~274 ppi density)
  • Chipset: Mediatek MT6769V/CU Helio G80 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 4GB / 6GB
  • Memori Internal: 64GB / 128GB
  • Kamera Belakang: 48 MP, f/2.0, (wide), PDAF, OIS + 8 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm + 2 MP, f/2.4, (macro) + 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Depan: 13 MP, f/2.2, (wide), 1/3.1", 1.12µm
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • Sensor: Fingerprint (di samping)
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh, fast charging 25W
  • Harga: Mulai dari Rp 2.799.000 (cek harga Samsung Galaxy M22 selengkapnya)
Baca Juga: HP 2 Jutaan Terbaik, Andalan Segala Kebutuhan

Bagi kamu yang sedang mencari HP kelas menengah dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, Samsung Galaxy M22 cocok untuk kamu. Dengan layar Super AMOLED, baterai yang besar, dan fitur NFC, ia terbilang serbaguna.

Kamu bisa mendapatkan Samsung Galaxy M22 atau smartphone Samsung lainnya dengan penawaran harga menarik di Tokopedia!

Beli Samsung Galaxy M22 di Sini

Penulis: Keefe Adrian

© 2009-2024, PT Tokopedia