Review Samsung Galaxy A12: Ponsel Spesial untuk Milenial

0
881
samsung galaxy a12, review samsung galaxy a12

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy A12. Smartphone terjangkau berfitur spesial untuk kalangan milenial.


Menjelang pergantian tahun Samsung kembali memberi kejutan untuk para pecinta gadget di Tanah Air. Bukan sebuah smartphone premium maupun tablet canggih, melainkan ponsel berharga terjangkau.

Ponsel murah dengan spesifikasi andalan yang dimaksud, yaitu Galaxy A12. Di mana device ini berhasil mencuri perhatian orang-orang melalui fitur andalan quad camera tampil minimalis nan elegan.

Buat kamu yang penasar bagaimana Samsung Galaxy A12 mendobrak pasar dengan ponsel canggih yang harga murah meriah. Simak ulasan terkait kelebihan dan kekurangan, hingga spesifikasi lengkapnya!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A10s: Murah, Andal dan Enggak Neko-neko

Kelebihan Samsung Galaxy A12

Pertanyaan terbesar yang ada di benak kamu mungkin apakah fitur andalan kamera Samsung Galaxy A12 mampu menangkap gambar dengan sempurna? Atau seberapa tangguh kinerja ponsel ini untuk kebutuhan sehari-hari, berikut ini jawabanya:

1. Teknologi Quad Camera 48 MP

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a12
Sumber Gambar: Tech Toy Reviews

Empat buah kamera yang terpasang pada samsung Galaxy A12 siap digunakan untuk memenuhi hasrat kamu terhadap fotografi dan videografi.

Selain resolusi tinggi hingga mencapai 48 MP, multi kamera A12 mampu menangkap gambar panorama dalam mode wide hingga 123 derajat dengan hasil akhir yang halus dan tampilan warna tajam di bawah sinar matahari.

Terdapat juga mode Food yang khusus dipergunakan untuk memotret makanan, sehingga terlihat lebih menarik dengan konfigurasi pencahayaan yang tepat.

Tidak sampai di situ, Kamera Samsung Galaxy 12 dapat merekam gambar dengan performa HD tanpa khawatir video pecah atau tampak kabur.

2. Memori Penyimpanan Besar

Kamera bagus tentu saja tidak akan cukup tanpa disokong oleh kapasita memori tinggi. Tidak hanya tersedia dalam 32GB, samsung Galaxy A12 juga memiliki ukuran penyimpanan internal 54GB hingga 128 GB.

Masih belum puas? Tenang kamu juga masih bisa menambahkan memori eksternal hingga kapasita 1TB.

Meskipun masih banyak juga ponsel serupa dengan kapasitas penyimpanan lebih besar, namun tetap tidak ada salahnya mencoba produk yang satu ini. Melihat harganya juga tidak terhitung murah.

3. Perlindungan Layar Mumpuni

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a12
Sumber Gambar: Di Dong Viet

Kaca pelindung Corning Gorilla Glass merupakan material yang paling umum digunakan pada smartphone entry-level termasuk Samsung. Kaca ini merupakan kualitas standar untuk melindungi layar dari goresan kuku atau benda-benda disekitarnya.

Proteksi Gorilla Glass keluaran Corning ini memiliki karakteristik ringan, kuat, tipis, dan kompatibel digunakan untuk layar sentuh.

4. Kualitas Terdepan dengan Harga Murah

Dengan teknologi canggih, kapasitas besar, dan sudah terpasang teknologi Quad kamera siapa sangka smartphone ini hanya dibandrol dengan harga Rp 2 jutaan.

Dibandingkan dengan samsung Galaxy A51 yang rilis pada tahun sebelumnya dan dengan spesifikasi hampir mirip, harga ini memang terhitung lebih mahal.

Namun, dengan spesifikasi dan desain unik yang elegan tentunya hal tersebut masih wajar dan masuk akal.

5. Performa Baterai Tahan Lama

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a12
Sumber Gambar: The Gioi Di Dong

Kelebihan selanjutnya smartphone ini dipasang baterai 5.000 mAh yang mampu mendukung aktivitas dan mobilitas lebih lama.

Selain itu, terdapat juga teknologi fast charging hingga 15 W dan sudah menggunakan kabel USB Type-C. Sehingga kamu bisa memangkas waktu pengisian daya lebih cepat.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A20s: Smartphone Murah, Gaya Menengah

6. Chipset Bertenaga dan Hemat Daya

Dipacu oleh mesin Mediatek Helios P35 dengan clock speed hingga kecepatan 2,3 Ghz, serta dibekali dengan ruang penyimpanan yang besar, Samsung Galaxy A12 mampu digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Ponsel pintar ini juga ringan dan nyaman digunakan untuk bermain game dengan bantuan grafis yang cukup mumpuni. 

7. Desain Unik

spesifikasi samsung galaxy a12
Sumber Gambar: Samsung

Apa yang membedakan Samsung versi ini dengan yang lainnya? Tentu saja desainnya. Seperti tidak pernah kehabisan gaya, kali ini Samsung Galaxy A12 hadir dengan varian warna unik seperti biru, hitam, dan putih.

Kamu juga dapat menemukan perbedaan lainnya pada bagian belakangnya, yaitu area bergaris dan polos yang sengaja dibuat agar lebih nyaman digenggam dan terlihat elegan meskipun ponsel ini terbilang murah.

8. Sensor Fingerprint

Ada juga sensor fingerprint yang terpasang pada bagian sisi ponsel. Sensor ini dilengkapi dengan teknologi yang mampu mendeteksi sidik jari kamu dengan cepat dan tepat.

Walaupun fingerprint merupakan hal yang umum dan sudah banyak terpasang pada ponsel pintar keluaran terbaru, namun untuk kategori entry-level fitur ini tetaplah barang spesial yang tidak boleh sampai terlewatkan.

Kekurangan Samsung Galaxy A12

Di balik beberapa kelebihannya yang dominan, terdapat beberapa hal kecil yang menjadi kekurangannya, meskipun tidak bisa dibilang begitu signifikan:

9. Hasil Selfie Kurang Memuaskan?

spesifikasi samsung galaxy a12
Sumber Gambar: The Gioi Di Dong

Meskipun menggunakan multi kamera belakang canggih namun pengguna harus dikecewakan dengan hasil kamera depan yang kurang memuaskan. Pasalnya, resolusi kamera depan Samsung Galaxy A12 hanya sebesar 2 MP.

Tentunya kualitas ini tidak mendukung kamu untuk mendapatkan hasil optimal terutama jika digunakan pada tempat redup.

10. Masih Menggunakan Material Polycarbonate

Kekurangan lainnya dari kategori ponsel pintar entry level adalah penggunaan material standar atau plastik berbahan polycarbonate. Tapi, hal ini tentu bisa dimaklumi karena statusnya yang sebagai smartphone terjangkau.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: HP Murah RAM Besar Terbaik: Ini Andalan Terbaru 2021

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

  • Nama: Samsung Galaxy A12
  • Rilis: 21 Desember 2020
  • Berat: 205 gram (g)
  • Material: Kaca depan Corning Gorilla Glass, bagian belakang plastik polycarbonate, bagian bingkai plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: PLS IPS 6,5 inci (rasio layar ke bodi ~85.8%)
  • Resolusi Layar: 720 x 1.600 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6765 Helio P35 
  • Prosesor: Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • Ram: 4 GB atau 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB atau 128 GB
  • Kamera Belakang: 48 MP (f/2.0, lensa wide 26mm, AF) + 5 MP ( f/2.2, lensa ultra wide 123˚) +2 MP (f/2.4, lensa makro) + 2 MP (f/2.4, lensa depth), LED flash, panorama, HDR.
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: USB Type-C  2.0
  • Sensor: Fingerprint (di samping layar), accelerometer
  • Baterai: 5.000 mAh (fast charging 15W)
  • Harga: Resmi mulai dari Rp 2.499.000 (cek harga Samsung Galaxy A12 selengkapnya)

Baca Juga: HP Kamera Terbaik: Fotografi Canggih dalam Genggaman

Nah, itu dia Toppers beberapa keistimewaan Samsung Galaxy A12 mulai dari performa kamera yang menjanjikan, serta berbagai fitur dan keunggulan lainnya yang mungkin menarik perhatian untuk memilihnya sebagai daily driver terbaru.


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Andina Naza Apriliani