Review Samsung Galaxy Note 20: Seri Note Paling Murah

0
200
review samsung galaxy note 20

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy Note 20. Dibanderol lebih terjangkau, layak kah diperhitungkan?


Pada pertengahan Agustus 2020, Samsung Indonesia resmi meluncurkan seri terbarunya, yakni Samsung Galaxy Note 20. Smartphone ini telah dibekali fitur stylus fungsional yang membantu para pengguna dengan mobilitas tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

Seri Note 20 hadir dengan dua varian, model reguler Samsung Galaxy Note 20 dan Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Ponsel ini merupakan generasi penerus dari series Galaxy Note 10.

Apakah Samsung Galaxy Note 20 ini mengalami perkembangan mulai dari segi spesifikasi dan fitur yang ditawarkan? Mari kali ini kita bahas kelebihan, kekurangan, dan spesifikasi yang ada pada Samsung Galaxy Note 20 model reguler.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy Note 20 Ultra: Flagship Mewah nan Indah

Kelebihan Samsung Galaxy Note 20

Apakah fitur dan performa dari smartphone satu ini mampu unggul dari generasi sebelumnya? Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy Note 20 bisa menjawab keraguanmu:

1. Layar Lega dengan Infinity-O

review samsung galaxy note 20
Sumber Gambar: Samsung

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Samsung Galaxy Note 10, kali ini Galaxy Note 20 hadir dengan ukuran layar yang lebih besar.

Galaxy Note 20 hadir dengan layar panel Super AMOLED berukuran 6,7 inci. Berkat bezel yang tipis dan layar model Infinity-O membuat tampilan layar pada ponsel ini terlihat lebih lega dan sangat jernih.

Sangat cocok untuk mendukung aktivitas menonton film atau video di Youtube karena layar yang dimiliki begitu lebar dengan kualitas gambar yang jernih.

2. Ruang Penyimpanan Besar

Saat Samsung merilis salah satu series di generasi sebelumnya yaitu seri Samsung Galaxy S20, mereka banyak mendapatkan banyak kritikan pedas karena kapasitas penyimpanan internal yang hanya 128GB saja.

Namun, seolah belajar dari kesalahan, Samsung menawarkan memori internal yang lebih besar pada Galaxy Note 20 yaitu sebesar 256GB.

Kamu yang membutuhkan ruang penyimpanan internal yang banyak untuk menyimpan foto maupun video, smartphone satu ini bisa menjadi pilihanmu.

3. Baterai Tahan Lama

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy note 20
Sumber Gambar: Samsung

Kapasitas baterai juga menjadi salah satu aspek pertimbangan pengguna dalam memilih sebuah ponsel.

Samsung Galaxy Note 20 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 4.300 mAh yang dapat membantu untuk menunjang produktivitas tanpa dibayang-bayangi notifikasi lowbat.

Ponsel dengan baterai lebih dari 4.000 mAh sudah tergolong besar di pasar HP flagship. Selain itu, ia juga sudah dibekali dengan panel Super AMOLED yang menghadirkan fitur tampilan true black sehingga baterai bisa lebih awet.

4. Tahan Benturan

Samsung Galaxy Note 20 hadir dengan desain yang cukup berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

Pada bagian back cover, Galaxy Note 20 terbuat dari material polycarbonate di mana saat dipegang minim sidik jari dan cukup ringan saat digenggam.

Karena material ini pula ketika ponsel ini jatuh, risiko kerusakan dan keretakan pada bagian belakang body ponsel lebih rendah jika menggunakan material kaca.

Pada area back cover ini juga menjadi salah satu pertimbangan bagi beberapa pengguna karena dianggap mengurangi keindahan dan kesan flagship samsung. 

5. Penggunaan S Pen Lebih Fleksibel

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy note 20
Sumber Gambar: Samsung

Selanjutnya, Samsung menghadirkan stylus yang nyaman untuk penggunanya untuk membantu produktivitas yang lebih fleksibel.

Kegunaan dari S Pen ini sendiri adalah untuk mencatat, menggambar, ataupun melakukan navigasi dengan cara yang jauh lebih simpel. Kali ini S Pen juga bisa digunakan pada aplikasi apa saja dan kapan pun yang diinginkan dengan berbagai tambahan gesture baru.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy S21: Pesona Sang Flagship Ideal

6. Fitur Kamera Canggih

Samsung Galaxy Note 20 ini memang unggul dari segi kamera. Ia memiliki kamera beresolusi 64MP yang berfungsi sebagai telephoto yang dikombinasikan dengan 12MP wide dan ultra wide untuk membidik objek dengan jangkauan yang lebih luas.

Berkat adanya dukungan resolusi 8K dan fitur Pro Video saat perekaman mampu mengatur volume suara saat perekaman sedang berlangsung, menyesuaikan mic dengan arah sumber suara, dan lain-lainnya. Kualitas foto ataupun video yang dihasilkan juga sangat jernih.

7. Mendukung Wireless Samsung DeX

spesifikasi samsung galaxy note 20
Sumber Gambar: Samsung

Samsung Galaxy Note 20 bisa dibilang salah satu smartphone yang serba guna. Buktinya, dengan adanya fitur Wireless Samsung DeX ini sangat berguna untuk pengguna karena bisa meningkatkan produktivitas hingga dua kali lipat.

Kamu bisa melakukan presentasi di layar TV yang nantinya ponsel ini bisa digunakan sebagai controller. Bisa juga kamu gunakan sebagai alat navigasi, sementara film kesukaanmu diputar pada Smart TV. Keren sekali bukan?

8. Bodi Lebih Kecil dan Ringan

Untuk ponsel rentang harga 10 jutaan keatas, Samsung Galaxy note ini memiliki bobot yang terbilang wajar yakni sebesar 192 gram sehingga tidak akan terasa cepat pegal saat dipakai terlalu lama.

Jadi, jika kamu sedang mencari smartphone dengan fitur canggih dengan bobot yang lebih ringan, Samsung Galaxy Note 20 bisa menjadi pilihannya. 

Kekurangan Samsung Galaxy Note 20

Model standar ponsel seri Note 20 ini memang memiliki keunggulan yang membuatnya layak diperhitungkan, meski begitu ada kekurangan minim yang sedikit mengganjal seperti:

9. Chipset Tidak Ada Peningkatan

spesifikasi samsung galaxy note 20
Sumber Gambar: Samsung

Chipset yang digunakan pada ponsel ini adalah Exynos 990 yang merupakan generasi terbaik dari Exynos.

Namun, Exynos 990 ini masih tergolong biasa saja dari segi performa dibandingkan dengan ponsel lainnya di kelas yang sama. 

10. Hanya Tersedia Refresh Rate 60 Hz

Laju penyegaran yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 20 ini terbilang masih standar, yaitu 60 Hz.

Harusnya laju penyegaran untuk ponsel rentang harga 10 jutaan sudah bisa menghadirkan refresh rate hingga 90 Hz atau 120 Hz. Refresh rate yang rendah hanya dapat menikmati tampilan pergerakan layar yang biasa-biasa saja.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy S20 Plus: Seri S20 Paling Ideal dan Favorit?

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20

  • Nama: Samsung Galaxy Note 20 
  • Rilis: 18 Agustus 2020
  • Berat: 192 gram (g)
  • Material: Kaca berlapis Gorilla Glass 5 di bagian depan dengan bagian belakang dan frame plastik polycarbonate
  • Jenis dan Ukuran Layar: Panel Super AMOLED 6,7 inci
  • Resolusi Layar: 1080 x 2400 piksel, 20:9 ratio
  • Chipset: Exynos 990 (7 nm+)
  • Prosesor: Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB 
  • Kamera Belakang: Triple camera 12 MP, f/1.8, 26mm (wide); 64 MP, f/2.0, (telephoto); 12 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide).
  • Kamera Depan: 10 MP, f/2.2, 26mm (wide)
  • Bluetooth: Bluetooth 5.0
  • USB: USB Type-C
  • Sensor: Fingerprint, face recognition
  • Baterai: 4.300 mAh (fast charging 25W)
  • Harga: Kini mulai dari Rp 11.650.000 (cek harga Samsung Galaxy Note 20 selengkapnya)

Baca Juga: Smartphone Samsung Terbaik: Termurah hingga Tercanggih

Samsung Galaxy Note 20 cocok bagi kamu yang sedang mencari smartphone flagship dengan spesifikasi yang apik dan stylus, namun banderol harganya lebih terjangkau. Bagaimana Toppers, inikah saatnya upgrade untuk meningkatkan produktivitas?


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono