Review Samsung Galaxy S21: Pesona Sang Flagship Ideal

0
450
review samsung galaxy s21

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy S21. Paling murah, ini hal yang membuatnya layak jadi flagship ideal.


Sudah tidak asing bagi manufaktur smartphone untuk merilis lebih dari satu varian flagship miliknya. Biasanya, terdapat beberapa varian tambahan seperti varian Plus dan varian Ultra yang memiliki beberapa tingkatan di atas varian standarnya.

Sama halnya dengan varian Samsung Galaxy S21 yang baru-baru ini dirilis Samsung sebagai flagship mereka di tahun 2021. Di mana juga terdapat dua varian di atasnya. Dengan begitu, Galaxy S21 jadi yang termurah dalam lini ponsel unggulan pabrikan asal Korea ini.

Beberapa hal yang menarik perhatian dari seri Galaxy S21, yaitu mulai dari peningkatan performa chipset, desain hingga bagian penyimpanan.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy S20 Plus: Paling Ideal dan Favorit?

Kelebihan Samsung Galaxy S21

Beberapa hal yang menjadi kelebihan dari Samsung Galaxy S21 sebagai pertimbangan bagi Toppers yang ingin upgrade dari seri terdahulu maupun baru mau merasakan pengalaman menggunakan smartphone seri unggulan:

1. Dapur Pacu yang Jauh Lebih Kompeten

review samsung galaxy s21
Sumber Gambar: Samsung

Ketika tahun sebelumnya performa chipset milik Samsung kurang diterima dengan baik, kini Samsung memperbaikinya melalui Exynos 2100. Prosesor ini mendapatkan peningkatan artificial intelligence (AI), konektivitas 5G, grafik, kamera, hingga kekuatan pemrosesan.

Peningkatan AI pada kamera Samsung Galaxy S21, dapat terjadi berkat chip satu ini yang memungkinkan perangkat mengambil gambar dan video menggunakan tiga lensa sekaligus.

Dibangun di atas fabrikasi 5 nanometer (nm), Exynos 2100 juga memiliki konsumsi daya yang lebih rendah hingga 20% yang membuat baterai lebih hemat.

Performa ‘otak’ ponsel ini juga meningkat hingga 40% lebih baik dari perangkat sebelumnya. Begitupun dengan GPU yang digunakan yang juga meningkat hingga 40% untuk melibas game 3D yang power hungry.

2. Desain Menawan dan Finishing Elegan

review samsung galaxy s21
Sumber Gambar: Unsplash/@anhnhat1205

Tidak bisa dimungkiri, Samsung telah merilis smartphone miliknya dengan bentuk dan desain yang cantik. Biasanya, pengguna dapat merasakan kesan yang sleek dan elegan ketika memegang dan menggunakannya.

Jika dilihat dari bagian depan, Samsung Galaxy S21 ini akan terlihat seperti pendahulunya dengan layar 6,2 inci lengkap dengan lubang untuk kamera selfie. Namun, Samsung Galaxy S21 kembali menggunakan layar konvensional dan sudah tidak lagi melengkung pada bagian sisinya.

Bagian yang terlihat mencolok, adalah bagian belakang yang mengadopsi desain Contour-Cut di mana bagian frame dibuat menyatu dengan bagian kamera. Tidak hanya membuatnya unik, desain baru ini juga membuat Samsung Galaxy S21 terlihat lebih cantik dan segar.

Soal finishing, jika diperhatikan, bagian belakang Samsung Galaxy S21 ini terlihat berbeda dengan para pendahulunya. Hal tersebut dikarenakan flagship Samsung tahun ini telah mengusung finishing matte yang membuatnya terlihat lebih elegan.

Selain terlihat elegan, finishing matte juga memungkinkan perlindungan yang lebih baik dari kotoran-kotoran yang mudah menempel pada bagian belakang handphone, seperti noda minyak di tangan.

3. Kualitas Layar yang Ciamik

review samsung galaxy s21
Sumber Gambar: Samsung

Selain dari desain yang cantik, smartphone Samsung juga biasanya unggul dalam masalah layar. Penggunaan panel AMOLED pada handphone yang dirilisnya, membuat produk Samsung menjadi salah satu ponsel dengan layar terbaik yang ada di pasaran.

Pada Samsung Galaxy S21, panel yang digunakan sudah dikembangkan dan kini menjadi lebih baik lagi. Dengan menggunakan Dynamic AMOLED 2x, layar pada smartphone ini dapat tampil lebih cerah, lebih jelas, dan warna yang lebih vibrant.

Selain itu, panel ini juga tetap mendukung refresh rate hingga 120 Hertz (Hz) yang dapat membuat pengalaman pengguna lebih smooth lagi. Bagi yang hobi menonton film, bermain game, ataupun sekedar scrolling sosial media, Galaxy S21 akan sangat memanjakanmu.

4. Peningkatan Software pada Triple Camera

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy s21
Sumber Gambar: Samsung

Dalam segi hardware, kamera Samsung Galaxy S21 ini serupa dengan pendahulunya. Dengan pengaturan triple camera miliknya, Samsung Galaxy S21 ini memiliki kamera utama 12 MP, kamera ultra wide 12 MP, dan kamera tele 64 MP.

Mengikuti langkah Google, Samsung pun meningkatkan kemampuan AI yang dimilikinya untuk membantu penangkapan gambar dan video yang lebih baik lagi. Terdapat fitur Single Take yang menggunakan seluruh lensa secara bersamaan untuk mengambil foto dan video.

Peningkatan pada software ini juga memungkinkan kamu untuk mengambil video atau foto menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Tidak hanya itu, processing untuk gambar Night Mode pun dapat menjadi lebih baik dan dapat menghasilkan gambar yang lebih jelas dengan noise yang rendah.

5. Baterai Sama, Tapi Lebih Awet

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy s21
Sumber Gambar: Samsung

Memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh, dengan chipset powerful yang hemat daya, Samsung Galaxy S21 ini dapat menemani kegiatanmu dari pagi hingga malam tiba. Selain itu, dengan adanya fitur Adaptive Refresh Rate yang dapat mengatur refresh rate sesuai kegunaan, juga dapat menghemat konsumsi daya lebih baik lagi.

Untuk pengisian daya, baterai Samsung Galaxy S21 ini dapat kamu isi menggunakan kabel dengan teknologi Super Fast Charging, ataupun secara nirkabel dengan teknologi Fast Wireless Charging 2.0 yang memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, chipset Exynos 2100 yang terdapat didalam Samsung Galaxy S21 ini juga memiliki peran penting dalam keawetan baterai yang dimilikinya.

Dengan peningkatan performa, chipset ini juga dapat menjaga daya tahan baterai berkat fabrikasi 5 nm dan juga peningkatan AI yang dimilikinya.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy Note 20 Ultra: Flagship Mewah nan Indah

6. User Interface Lebih Clean

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy s21
Sumber Gambar: Samsung

Jika dibandingkan dengan User Interface lainnya, One UI milik Samsung ini merupakan salah satu UI paling clean. Dengan sentuhan animasi khas Samsung, UI ini dapat dikatakan sebagai Stock Android versi Samsung.

Dalam UI ini, Samsung juga menyertakan fitur-fitur yang dimilikinya, seperti Samsung Knox yang merupakan platform keamanan untuk mobile yang canggih.

Adapun fitur Samsung DeX yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat dengan monitor dan menjadikannya perangkat yang berfungsi layaknya sebuah komputer.

7. Pilihan Penyimpanan Lebih Besar

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy s21
Sumber Gambar: Samsung

Ketika Samsung Galaxy S20 series dirilis, banyak yang menyayangkan keputusan Samsung hanya menghadirkan versi penyimpanan 128 GB. Padahal, biasanya orang menggunakan ponsel kelas atas dalam jangka waktu lebih panjang dan membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar.

Untungnya, Samsung menebus kekurangan itu dengan menghadirkan versi penyimpanan 256 GB untuk Galaxy S21. Di mana ini adalah besaran kapasitas ‘normal’ bagi ukuran ponsel seharga belasan juta.

8. Perlindungan Maksimal IP68 dan Gorilla Glass Victus

spesifikasi samsung galaxy s21
Sumber Gambar: Samsung

Bagi yang suka membawa ponsel ke kamar mandi ataupun ingin memotret ketika berenang, Samsung Galaxy S21 ini merupakan pilihan yang tepat. Hal ini berkat sertifikasi IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air.

Meski hal ini tidak begitu spesial karena juga hadir di seri sebelumnya, tapi fitur yang dipertahankan oleh Samsung ini adalah penting bagi sebuah smartphone flagship.

Tak cukup hanya tahan debu dan air, Samsung juga melindungi bagian layar Galaxy S21 dengan Gorilla Glass Victus alias generasi terbaru dan tercanggih dari Corning.

Dalam tes lab yang dilakukan oleh Corning, perusahaan menyebut Gorilla Glass Victus dapat bertahan saat dijatuhkan di permukaan kasar dari ketinggian 2 meter.

Kekurangan Samsung Galaxy S21

Di balik banyaknya kelebihan dari Samsung Galaxy S21, terdapat dua hal yang mungkin bisa ‘mengganggu’ keputusanmu saat sudah ingin meminang smartphone ini:

9. Resolusi Layar yang Menurun

spesifikasi samsung galaxy s21
Sumber Gambar: The Verge

Meskipun sektor layar mendapatkan peningkatan secara kualitas, namun resolusi yang dimiliki Samsung Galaxy S21 justru menurun. Pada versi basic-nya ini, Samsung menyematkan panel Full HD+, di mana generasi sebelumnya memiliki resolusi QHD+.

Meski begitu, penurunan resolusi ini juga memiliki dampak pada ketahanan baterai dan harga dari Samsung Galaxy S21 yang lebih murah dari pendahulunya.

Selain itu, dengan panel yang digunakan, resolusi Full HD+ ini tetap dapat memanjakan mata penggunanya dengan menyuguhkan gambar yang tajam dan warna yang mencolok.

10. Build Quality dan Packaging Content Dipangkas?

spesifikasi samsung galaxy s21
Sumber Gambar: Samsung

Bagi yang belum tahu, varian dasar dari flagship Samsung tahun ini menggunakan bagian belakang plastik. Samsung memilih untuk menggunakan polikarbonat untuk bagian belakang flagship nya tahun ini.

Meski begitu, build quality dari Samsung Galaxy S21 ini tetap kokoh, tidak terasa ringkih ketika digenggam, dan tetap berkesan mahal. Bagian belakang ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat flagship Samsung tahun ini memiliki harga yang lebih murah.

Tidak hanya itu, tahun ini Samsung juga memutuskan untuk tidak menyediakan charger bawaan pada kemasan penjualannya. Selain dapat menurunkan harga, hal ini juga dilakukan Samsung untuk mengurangi peningkatan limbah elektronik dan menjadi lebih hijau.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy Note 10 Lite: Alternatif Flagship Terbaik

Spesifikasi Samsung Galaxy S21

  • Nama: Samsung Galaxy S21 5G
  • Rilis: 29 Januari 2021
  • Berat: 169 gram (g)
  • Material: Kaca depan menggunakan Gorilla Glass Victus, bagian belakang polikarbonat, dan frame aluminum
  • Jenis dan Ukuran Layar: Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, HDR10+, 6.2 inci (rasio bodi ke layar ~87.2%)
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 piksel (Full HD+)
  • Chipset: Exynos 2100
  • Prosesor: Octa-core (1×2.9 GHz Cortex-X1, 3×2.80 GHz Cortex-A78, dan 4×2.2 GHz Cortex-A55)
  • Ram: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB dan 256 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.8, Lensa wide 26 mm, Dual Pixel PDAF, OIS) + 64 MP (f/2.0, lensa telephoto 29 mm, PDAF, OIS, 1x Optical Zoom, 3x Hybrid Zoom) + 12 MP (f/2.2, lensa ultra wide 120 derajat, Si[er Steady Video)
  • Kamera Depan: 10 MP (f/2.2, lensa wide 26 mm, Dual Pixel PDAF, Dual Video Call, Auto-HDR)
  • Bluetooth: 5.0 A2DP, LE
  • USB: USB Type-C 3.2, USB On-The-Go
  • Sensor: Fingerprint (Under Display, Ultrasonic), Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass, Barometer, Samsung DeX, Samsung Wireless DeX, ANT+, Bixby Natural Language Commands and Dictations, dan Samsung Pay
  • Baterai: 4.000 mAh (Fast Charging 25W, Fast Wireless Charging 15W, dan Reverse Wireless Charging 4.5W)
  • Harga: Harga resmi mulai dari Rp 12.999.000 (Cek harga Samsung Galaxy S21 selengkapnya)

Baca Juga: Rekomendasi Power Bank Terbaik: Dukung Mobilitas Tinggi

Nah, itu dia review Samsung Galaxy S21 lengkap dengan kelebihan dan kekurangan juga spesifikasinya, Toppers! Apakah kamu tertarik untuk upgrade?

Jika kamu menggunakan Samsung Galaxy S20, mungkin peningkatan yang terdapat dalam smartphone ini tidak akan terasa signifikan. Namun, jika kamu menggunakan gawai berumur 2-3 tahun, pastinya peningkatan pada Galaxy S21 akan sangat terasa secara langsung.

Bagaimana Toppers? Apakah Samsung Galaxy S21 ini pilihan yang cocok untuk menemani tahun yang baru?


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Lazuardi