Review Samsung Galaxy Note 10 Lite: Alternatif Flagship Terbaik

0
562
review kelebihan dan kekurangan samsung note 10 lite

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lite. Harga lebih murah, hardware khas flagship dan dapat S-Pen!


Dengan harga smartphone flagship yang terus meningkat, Samsung Galaxy Note 10 Lite merupakan pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan handphone berspesifikasi khas unggulan, plus fitur S-Pen.

Layaknya seri Galaxy Note lain, phablet ini menawarkan pena yang sama seperti Galaxy Note 9, dan Samsung telah menurunkan harganya dengan menggunakan kembali beberapa komponen lama, seperti prosesor Exynos 9810 dan kamera belakang Galaxy Note 8.

Note 10 Lite juga dilengkapi dengan beberapa fitur modern, seperti layar Infinity-O, kamera ultra-wide, pengisian super cepat 25 Watt (W) dengan baterai jumbo, hingga software terbaru.

Apakah worth dengan harganya? Cek ulasan lengkapnya berikut ini!

Campaign Gebyar Diskon Elektronik
Temukan barang-barang elektronik dan gadget idaman dengan harga dan diskon menawan di sini!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy S20 Ultra: Smartphone Tercanggih Samsung!

Kelebihan Samsung Galaxy Note 10 Lite

1. Desain Premium

review samsung note 10 lite
Sumber Gambar: TechRadar

Sisi depan Galaxy Note 10 Lite dibaluti dengan layar Infinity-O (6,7 inci) dengan lubang punch di tengah dan bezel kecil. Karena ini bukan benar-benar smartphone flagship, bingkainya sedikit lebih besar di bagian atas dan bawah dibanding milik seri Galaxy Note 10.

Dan itulah mengapa Note 10 Plus lebih pendek meski memiliki layar 6,9 inci. Note 10 Lite juga sedikit lebih tinggi dari Galaxy Note 9, tetapi memiliki layar yang lebih besar 0,3 inci.

Bagian belakang sama sekali tidak memiliki tekstur atau gradien dan terbuat dari plastik saja. Meskipun tidak terbuat dari kaca, dengan pilihan warna Aura Glow dan Aura Black tetap memberikan kesan premium.

2. Layar AMOLED Luas

Galaxy Note 10 Lite tidak memiliki layar Super AMOLED tingkat anyar, tetapi masih cukup bagus. Layar Note 10 Lite memiliki kekuatan AMOLED pada umumnya seperti: sudut layar yang lebar, berwarna hitam pekat, dan mendukung vivid colors.

Secara default, layar akan diatur dalam mode natural, akan tetapi kamu akan mengubahnya menjadi mode vivid yang lebih cerah di pengaturan, semua tergantung pada preferensi kamu.

Potongan lubang punch di bagian atas layar berukuran lebih kecil dari yang dimiliki Galaxy Note 10, Note 10 Plus dan Galaxy S10 Lite. Ukurannya serupa dengan lubang punch pada Galaxy A51.

Bezel, seperti yang disebutkan di atas, sangat minim dan membantu membuat penggunaan satu tangan lebih mudah dengan layar 6,7 inci.

3. S-Pen

kelebihan dan kekurangan note 10 lite
Sumber Gambar: Android Central

Ini yang terpenting, S-Pen merupakan alat yang sangat baik untuk membuat catatan hingga melepaskan sisi artistik dalam diri kamu, dan Note 10 Lite memberimu pengalaman yang sama persis dengan Galaxy Note 9 dan, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

S-Pen diaktifkan dengan Bluetooth, sehingga dapat digunakan sebagai remote control di dalam berbagai aplikasi. Kamu dapat mengubah slide dalam presentasi PowerPoint, menjeda dan memutar video, mengambil gambar dan beralih antara kamera depan dan belakang, serta lainnya dengan menekan tombol S-Pen satu atau dua kali.

Di aplikasi Samsung Notes, kamu juga dapat langsung menerjemahkan catatan yang ditulis tangan dengan S-Pen ke teks menggunakan fitur konversi teks.

Satu-satunya hal yang hilang pada Note 10 Lite adalah dukungan untuk Air Note 10, yang memungkinkan kamu melakukan berbagai tugas dengan menekan tombol S-Pen dan menjentikkan stylus ke arah yang berbeda-beda.

Misalnya, menjentikkannya ke atas atau ke bawah memungkinkan kamu untuk mengontrol volume.

4. Memiliki Kamera yang Versatile

Kamera belakang Galaxy Note 10 Lite merupakan campuran dari sensor kamera lama dan baru: Ada kamera utama 12MP dan kamera telefoto 12MP dari Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 dan kamera ultra-wide 12MP seperti yang dimiliki Galaxy S10 Lite dan Galaxy A51.

Kamera 12MP utama yang dimiliki Note 10 Lite merupakan teknologi andalan pada tahun 2018, dan telah berumur dengan baik. Foto yang diambil di siang hari memiliki reproduksi warna yang cukup akurat dan memiliki rentang dinamis yang baik.

Teknologi Dual Pixel dan aperture kamera f/1.7 juga membantu kamu untuk mengambil foto di area yang gelap. Foto pada area yang dapat menghasilkan dengan detail gambar yang cukup, ditambah juga night mode bekerja dengan baik dengan meningkatkan detail dan kecerahan pemandangan yang sangat berguna pada area gelap.

Walaupun tidak memiliki kamera makro seperti yang ditawarkan Galaxy S10 Lite dan Galaxy A71, kamera telefoto yang dimiliki Note 10 Lite merupakan pilihan yang jauh lebih fleksibel untuk dimiliki. Kamera depan pada Galaxy Note 10 Lite memiliki spesifikasi aperture F2.2, resolusi 32-megapiksel seperti yang dimiliki Galaxy S10 Lite.

Kamu dapat mengambil foto bokeh dengan kamera depan dan kamera belakang, dengan opsi untuk beralih antara telefoto dan sensor ultra-wide saat menggunakan kamera belakang.

Galaxy Note 10 Lite tidak mendukung Live Focus video, dan itu mungkin karena kamera belakang yang sudah berusia dua tahun atau chipset Exynos 9810 tidak dapat mengatasinya. 

Resolusi perekaman video biasa dapat mencapai 4K pada 60fps, dan kamu juga dapat merekam video Super Slow-mo, Hyperlapse, dan Super Steady. Video Super Steady dapat diambil menggunakan kamera ultra-wide. Fitur AR Doodle juga ada di dalam Note 10 Lite.

Kamera Galaxy Note 10 Lite memiliki mode Pro layaknya kamera DSLR yang memberi kamu opsi menyesuaikan pengaturan yang penting bagi foto kamu.

5. Chipset Exynos 9810 yang Masih Relevan

kelebihan dan kekurangan note 10 lite
Sumber Gambar: Pocket-lint

Chipset Exynos 9810 merupakan chip unggulan tahun 2018 yang digunakan pada Galaxy Note 10 Lite dan belum outdated untuk tahun ini.

Galaxy Note 10 Lite berjalan sangat baik dalam penggunaan harian, baik itu membuka aplikasi sosial media, dan dengan varian RAM 6 atau 8GB yang dimilikinya tentu dapat menangani semua judul game yang berat, seperti PUBG dan Fortnite.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy Note 10 Plus: Seri Note Terbesar dan Terkuat

6. Baterai 4.500 mAh dengan Fast Charging

Galaxy Note 10 Lite memiliki kapasitas baterai 4.500 mAh yang sama seperti Galaxy S10 Lite. Note 10 Lite dapat bertahan sepanjang hari dengan penggunaan sedang maupun berat. Dengan konsumsi game dan media selama berjam-jam, smartphone ini masih dapat bertahan seharian dengan menyisakan baterai di sekitar 10-15%.

Berkat pengisian cepat 25W, baterai Note 10 Lite juga dapat diisi ulang dengan cepat. Untuk pengisian dari 0% hingga 100% smartphone ini hanya hanya memakan waktu sekitar 80-85 menit.

7. Harga Lebih Murah

spesifikasi note 10 lite
Sumber Gambar: Zee Business

Dengan harga resmi Rp 8,2 juta, Galaxy Note 10 sangat memikat bagi yang mengidam-idamkan ponsel kelas unggulan dari Samsung dengan fitur cukup lengkap. Bayangkan, harganya bahkan terpaut cukup jauh dari harga varian termurah seri Galaxy Note 10!

Kekurangan Samsung Galaxy Note 10 Lite

8. Tidak Ada Sertifikasi Tahan Air

Samsung Galaxy S10 Note Lite tidak memiliki proteksi terhadap air atau debu. Mungkin ini akan membuat kamu memberi perhatian lebih jika sedang berada di lingkungan yang lembap atau berdebu.

9. Selfie Terlihat Soft

Walaupun Kamera depan pada Galaxy Note 10 Lite memiliki spesifikasi yang sama seperti Galaxy S10 Lite. Hasil jepretan kamera selfie Note 10 Lite menghasilkan gambar relatif lebih lembut, bahkan dengan semua fitur beauty yang sudah dimatikan.

10. Kamera Ultra-wide Kurang Detail

Kamera ultra-wide Galaxy Note 10 Lite tidak memiliki detail gambar yang terbilang memuaskan. Kamu akan melihatnya ketika memperbesar ukuran foto. Mungkin hal tersebut terjadi karena kecilnya resolusi yang dimiliki Galaxy Note 10 Lite.

Akan tetapi, kamera utamanya mampu menangkap gambar dengan kualitas dan detail yang jauh lebih baik.

tukar tambah tokopedia
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy Note 10: Compact, Powerful dan Kaya Fitur

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lite

  • Nama: Samsung Galaxy S10 Note Lite
  • Rilis: Febuari 2020
  • Berat: 186 gram (g)
  • Jenis dan Ukuran Layar: Super AMOLED Infinity-O, 6.7-inci
  • Resolusi Layar: 2.400×1.080 piksel
  • Chipset: Samsung Exynos 9810 (10 nm)
  • Prosesor: Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.7 GHz Cortex-A55)
  • RAM: 6/8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Kamera Belakang: Kamera utama 12MP (OIS, Dual Pixel autofocus, 4K video recording, f/1.7) + lensa telephoto 12MP (2x optical zoom, f/2.4, OIS, Dual Pixel autofocus)+ lensa super wide angle 16MP (123-degree FOV, f/2.2)
  • Kamera Depan: 32 MP (f/2.2)
  • Bluetooth: Bluetooth 5.0
  • USB: USB Type-C
  • Sensor: Accelerometer, Barometer, Fingerprint sensor (in-display), Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, Proximity sensor
  • NFC: Ada
  • Baterai: 4,500 mAh, super fast wired charging (25W)
  • S-Pen: Ada. 4,096 pressure levels, Bluetooth control
  • Harga: Resmi Rp 8.199.000 (cek harga Samsung Galaxy Note 10 Lite selengkapnya)

Baca Juga: Daftar Smartphone Samsung Terbaik, Best Budget hingga Tercanggih

Jadi, dengan sederet keunggulan dan harga menggiurkan, apakah Samsung Galaxy Note 10 Lite membuatmu terpikat untuk menjadikannya daily driver baru?

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Ramanov Barezki