Review Xiaomi Mi 10T: HP dengan Snapdragon 865 Termurah?

0
488
review xiaomi mi 10t

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Xiaomi Mi 10T. Smartphone flagship termurah dengan Snapdragon 865, gaming mulus!


Seperti yang kita ketahui, setiap kali Xiaomi merilis produk barunya, pasar smartphone di dunia dan Indonesia dapat ‘terganggu.’ Karena produk yang ditawarkan seringkali memiliki harga yang ‘tidak masuk akal.’

Sama halnya dengan saat pabrikan handphone (HP) asal China ini meluncurkan Xiaomi Mi 10T dalam jajaran produk flagship mereka. Salah satu yang begitu mencolok adalah prosesor canggih besutan Qualcomm yang dibawanya, kualitas layar menakjubkan untuk kebutuhan gaming, hingga baterai memuaskan.

Berapakah harga Xiaomi Mi 10T yang akan membuat para Mi Fans terkagum-kagum? Simak daftar keunggulan hingga kekurangan, serta spesifikasi lengkap dari ponsel unggulan dengan harga menengah ini!

Baca Juga: Review Redmi Note 9: Siap Jadi Penerus HP Terlaris Sedunia?

Kelebihan Xiaomi Mi 10T

Dengan harganya yang terjangkau, ini menjadi salah satu kelebihan Xiaomi Mi 10T yang tak terbantahkan. Namun, tak hanya soal harga, masih banyak kelebihan lainnya yang dapat kamu temukan pada Mi 10T sebagai berikut:

1. Prosesor Kelas Atas yang Canggih

kelebihan dan kekurangan xiaomi mi 10t
Sumber Gambar: Xiaomi

Salah satu chipset smartphone tercepat yang bisa kamu dapatkan sekarang adalah lini Snapdragon 865 dari Qualcomm. Merupakan chipset flagship dengan performa yang tinggi, tentunya device yang menggunakannya dapat beroperasi secara ‘ngebut.’

Xiaomi Mi 10T sudah ditenagai oleh Snapdragon 865 yang dapat menemani aktivitas bermain games kamu dengan lancar. Dibantu dengan pengolah grafis Adreno 650, semua game yang kamu mainkan di Mi 10T dapat berjalan dengan lancar jaya!

2. Layar Luas dengan Refresh Rate 144 Hz!

Xiaomi Mi 10T sudah dilengkapi dengan layar berukuran 6,67 inci plus refresh rate super tinggi, yaitu 144 Hertz (Hz)! Menjadikannya salah satu ponsel dengan kecepatan refresh tertinggi di pasaran.

Bermain game dengan pengaturan grafis tinggi tak akan menjadi masalah sama sekali dengan kemampuan layarnya yang smooth ini. Semua aktivitas yang mengandalkan kualitas layar juga sama sekali tak akan menemui kendala.

Selain itu, layar Xiaomi Mi 10T juga sudah mendukung HDR10+ dan memiliki bentang warna NTSC 96% dan DCI-P3 98% untuk kualitas gambar yang ditampilkan sangat baik dan tajam.

Adapun fitur kecerdasan buatan (AI) berupa AdaptiveSync yang secara otomatis mencocokan setiap aplikasi dengan frame rate layar paling sesuai untuk menghemat konsumsi daya.

3. Baterai Besar dengan Pengisian Kilat

kelebihan dan kekurangan xiaomi mi 10t
Sumber Gambar: Xiaomi

Baterai merupakan hal terpenting untuk membuat smartphone yang kita gunakan dapat bertahan menemani kegiatan kita sehari-hari. Nah, baterai juga menjadi salah satu kelebihan Xiaomi Mi 10T yang dapat kamu nikmati.

Memiliki kapasitas jumbo, 5.000 miliampere hour (mAh), Mi 10T juga mendukung pengisian daya cepat hingga 33 Watt (W). Tidak hanya itu, pengisian daya yang cepat tersebut juga didukung dengan disediakannya kepala charger bawaan dengan kemampuan sama.

4. Sudah Mendukung Konektivitas 5G dan WiFi 6

Teknologi jaringan terbaru setelah 4G ini mungkin masih belum bisa dinikmati kecepatannya di Indonesia dan belum banyak ponsel yang dirilis membawa fitur ini.

Akan tetapi, Mi 10T yang membawa teknologi 5G akan sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin menggunakan ponsel dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

Jadi, di saat jaringan 5G di Tanah Air sudah siap, Mi 5T akan mampu memenuhi kebutuhan internet super cepat di era digital ini.

Adapun konektivitas nirkabel WiFi 6 yang berjuluk high-efficiency wireless akan sangat memanjakan kamu dalam menikmati konten multimedia maupun berkomunikasi lewat video jarak jauh.

5. Sistem Quad Camera yang Powerful

kelebihan dan kekurangan xiaomi mi 10t
Sumber Gambar: Xiaomi

Dibekali dengan empat kamera di bagian belakang dan satu buah kamera selfie, kamera Xiaomi Mi 10T ini dapat membantu kamu dalam menunjukkan kreativitasmu. Sensor utama smartphone ini memiliki ukuran 64 MP, yang didampingi oleh lensa ultra wide 123 derajat 13 MP, dan kamera makro 5 MP.

Xiaomi Mi 10T juga dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 20 MP yang dapat menangkap hasil selfie yang tajam dan jernih. Dengan resolusi kamera utama yang besar, kamu dapat menangkap gambar lebih tajam dan jelas lagi.

Masih sama dengan sang ‘kakak,’ Mi 10, kamera Mi 10T ini memiliki kemampuan untuk merekam video hingga 8K dengan frame rate 30fps dan 1080p hingga 960fps yang sudah dilengkapi juga dengan gyro-EIS untuk perekaman stabil di resolusi 1080p dan 4K.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: HP Gaming Murah Terbaik: Andal Tak Harus Mahal

6. Penyimpanan yang Lega dan Ngebut!

Selain chipset, salah satu faktor yang mendukung performa smartphone adalah RAM yang dimilikinya. Dengan ram yang besar dan cepat, aplikasi yang kamu buka dapat kamu akses kembali dengan cepat tanpa perlu mengulang kembali aplikasi tersebut.

Xiaomi Mi 10T yang sudah menggunakan ram LPDDR5 yang kencang juga kapasitas 8GB yang memungkinkan kamu untuk mengakses kembali aplikasi yang sudah kamu buka seperti sedia kala tanpa perlu khawatir aplikasi tersebut mengulang kembali pada halaman awal.

Selain itu, Xiaomi Mi 10T juga sudah dilengkapi penyimpanan generasi canggih UFS 3.1 berkapasitas 128 GB yang dapat menyimpan koleksi media dan aplikasi di smartphone lebih banyak lagi.

7. Dukungan Teknologi LiquidCool

spesifikasi xiaomi mi 10t
Sumber Gambar: Xiaomi

Hardware dengan spesifikasi tinggi akan berisiko jika tidak dibarengi dengan sistem pendingin yang baik. Untungnya, hal ini tak luput dari perhatian Xiaomi dengan menanamkan teknologi LiquidCool pada Mi 10T agar ia tetap adem meski bekerja pada intensitas tinggi.

8. Spesifikasi Flagship Harga Menengah

Salah satu kelebihan Xiaomi Mi 10T yang tidak dapat kamu temukan di produk smartphone lainnya, adalah harganya. Seperti yang kita ketahui, Xiaomi seringkali merilis smartphone dengan harga yang tidak masuk akal.

Begitu pun dengan Xiaomi Mi 10T yang dibanderol dengan harga Rp. 5.999.000 saja dimana smartphone lain dengan harga tersebut masih belum memiliki spesifikasi segahar Xiaomi Mi 10T.

Dengan harganya yang terjangkau tersebut, Xiaomi sukses membawa smartphone resmi dengan chipset Snapdragon 865 termurah di Indonesia.

Kekurangan Xiaomi Mi 10T

Di balik semua keunggulan mentereng, Mi 10T juga memiliki beberapa kekurangan minor yang mungkin masih bisa ‘dimaafkan’ mengingat harganya yang terbilang begitu terjangkau:

9. Masih Menggunakan Panel IPS LCD

review xiaomi mi 10t
Sumber Gambar: Xiaomi

Sudah tidak bisa dimungkiri bahwa panel terbaik yang terdapat dalam smartphone adalah panel berjenis LED. Dengan kontras warna yang tinggi, ketajaman yang gambar, dan warna hitam yang jauh lebih pekat, membuat panel tersebut menjadi panel terbaik.

Namun, berbeda dengan kakaknya, Mi 10, Xiaomi Mi 10T ini masih menggunakan panel IPS LCD untuk layarnya. Meski begitu, dukungan HDR10+ dengan bentang warna yang tinggi dan refresh rate 144Hz membuat kekurangan ini benar-benar tertutupi.

10. Absennya Fitur Wireless Charging

Salah satu fitur yang dapat memudahkan pengguna, wireless charging juga harus absen dari Xiaomi Mi 10T. Padahal, ini adalah salah satu fitur yang biasanya terdapat pada ponsel kelas flagship.

Meski begitu, Xiaomi tetap memberikan kepala charger yang sudah mendukung pengisian cepat hingga 33W dalam kemasan penjualannya. Jadi, meskipun tidak dapat mengisi daya secara nirkabel, kamu tetap bisa mengisi daya Xiaomi Mi 10T ini dengan cepat.

Baca Juga: HP Kamera Terbaik: Fotografi Canggih dalam Genggaman

Spesifikasi Xiaomi Mi 10T

  • Nama: Xiaomi Mi 10T
  • Rilis: 13 Oktober 2020
  • Berat: 216 gram (g)
  • Material: Kaca depan dan belakang Gorilla Glass 5, dan bingkai aluminium
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS LCD 6,67 inci (Rasio layar ke bodi ~85,2%)
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 piksel (144 Hz, HDR10+)
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 865 (7 nm)
  • Prosesor: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585, dan 4x.1.80 GHz Kryo 585)
  • Ram: 8 GB LPDDR5
  • Memori Internal: 128 GB UFS 3.1
  • Kamera Belakang: 64 MP (lensa wide 26 mm, f/1.9, PDAF) + 13 MP (lensa ultra wide 123 derajat, f/2.4) + 5 MP (lensa makro, f/2.4, auto focus)
  • Kamera Depan: 20 MP (lensa wide 27 mm, f/2.2, HDR)
  • Bluetooth: 5.1 A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
  • USB: USB Type-C 2.0, dan USB On-The-Go
  • Sensor: Fingerprint (di samping), accelerometer, gyro, proximity, compass, dan barometer
  • Baterai: Li-Po 5.000 mAh (Fast Charging 33W)
  • Harga: Harga resmi Rp 5.999.000 (cek harga Xiaomi Mi 10T selengkapnya)

Baca Juga: Power Bank Terbaik: Dukung Mobilitas Tinggi

Itu dia review Xiaomi Mi 10T dengan kelebihan dan kekurangan juga spesifikasi lengkap yang dimilikinya. Dengan ulasan di atas, apakah kamu sudah memutuskan untuk membeli produk smartphone andalan dari Xiaomi ini?

Dengan harganya yang sangat terjangkau, kita tidak bisa mengeluhkan kekurangan yang dimiliki smartphone ini. Karena berkat harganya sendiri, para pengguna ponsel mid-range dapat meng-upgrade ke produk flagship tanpa merogoh kocek lebih dalam.

Bagaimana Toppers, sudah siap mencoba performa gahar di Xiaomi Mi 10T yang terjangkau ini?


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Penulis: Lazuardi