Ketahui Simulasi Reksa Dana dan Keuntungan Investasi-nya

18251
simulasi reksa dana

Simulasi Investasi Reksa Dana – Meski dulu terdengar tidak familiar, kini investasi reksa dana sudah mulai menjadi tren investasi semua kalangan, termasuk juga Millenials. Namun, masih banyak pula yang masih belum memahami cara menghitung keuntungan investasi reksa dana sehingga menimbulkan rasa ragu untuk memulai investasi satu ini.

Untuk mengetahui lebih jelas cara menghitung keuntungan investasi reksa dana, simak simulasi investasi reksa dana berikut ini:

Baca juga: Ingin Investasi Reksa Dana? Pahami Dulu 7 Keuntungan Reksa Dana Berikut!

Simulasi Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana

Saat melakukan investasi reksa dana, yang investasi reksa dana yang ada beli dikenal dengan istilah “Unit Penyertaan”. Istilah ini juga digunakan sebagai satuan kepemilikan reksa dana. Unit penyertaan memiliki nilai-nilai, yaitu NAB (Nilai Aktiva Bersih) dan NAV (Net Asset Value). Perkembangan dari nilai NAB inilah yang akan menentukan naik dan turunnya nilai dari investasi reksa dana yang kamu miliki.

Agar lebih jelas, simak simulasi perhitungan investasi reksa dana berikut ini:

  • Pada tanggal 1 Januari 2017, Anda membeli Reksadana A sebesar Rp. 5.000.000. NAB/unit Reksadana A pada hari itu adalah Rp. 2.500. Maka unit penyertaan yang Anda miliki adalah 5.000.000 di bagi 2.500 = 2.000 unit penyertaan.
  • Pada tanggal 1 April 2018, Anda menjual seluruh Reksadana A yang Anda miliki. NAB/unit Reksadana A pada hari itu adalah Rp 3.200. Maka total investasi yang Anda dapatkan adalah 3.200 x 2.000 = Rp.6.400.000

Dari simulasi reksa dana sederhana di atas, keuntungan investasi Anda adalah Rp.1.400.000, bisa disimpulkan return dari investasi reksa dana Anda adalah 28%. Tips sederhana dalam investasi reksa dana adalah selalu jual unit reksa dana hanya pada saat-saat NAB tengah melonjak.

Baca juga: Langkah-langkah Investasi Reksa Dana yang Mudah dan Aman

Meskipun terdengar rumit, cara menghitung keuntungan investasi reksa dana tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dengan simulasi reksa dana yang sudah kita bahas, bisa disimpulkan juga bahwa investasi reksa dana termasuk investasi yang memiliki nilai keuntungan yang cukup menjanjikan.

Ingin mulai investasi reksa dana? Yuk, mulai investasi reksa dana-mu secara online dengan mudah di Tokopedia.

Bagikan Artikel