Investasi Reksadana Toppers Kembalikan Keceriaan Anak Pasca Gempa Lombok

162
Draft Artikel CSR Reksadana Lombok

Tokopedia bersama Syailendra Capital sebagai badan yang memfasilitasi investasi Reksadana menyalurkan bantuan kepada korban gempa Lombok. Bantuan yang diberikan berupa logistik dan kegiatan trauma healing melalui program Reksadana untuk Lombok yang dihimpun hingga 31 Oktober 2018 lalu.

“Sambil menginvestasikan dananya dalam produk Reksadana di Tokopedia, kami mengajak masyarakat untuk tetap berbagi kepada korban gempa di wilayah Lombok. Dana yang diinvestasikan tersebut tidak akan terpotong, melainkan akan menambah jumlah bantuan dari Tokopedia bagi penyintas bencana. Sudah seharusnya kita tetap saling membantu agar masyarakat mampu bertahan dan pulih dari bencana,” jelas Siti Fauziah, Senior Communication Lead Tokopedia.

Investasi Reksadana Toppers Kembalikan Keceriaan Anak Pasca Gempa Lombok

Sebelumnya, pada 20 Agustus 2018 lalu, Tokopedia bersama komunitas seller telah menyalurkan bantuan logistik bagi korban gempa bumi Lombok di dua titik pengungsian. (Baca: Bantuan Logistik bagi Lombok). Berdasarkan penyaluran bantuan tersebut, Tokopedia menemukan beberapa wilayah yang masih membutuhkan dukungan logistik, karena bantuan terkonsentrasi pada daerah yang dekat dengan pusat kota dan jalan raya.

Salah satu wilayah yang masih membutuhkan bantuan adalah Dusun Bunut Tunjang dan Dusun Leper di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Berdasarkan penilaian Lombok Research Center, warga di titik-titik pengungsian itu masih membutuhkan bantuan logistik khususnya kebutuhan untuk balita, serta pemulihan trauma pasca bencana bagi anak-anak dan lansia.

“Masa pemulihan ini menjadi sebuah permasalahan baru, dimana relawan yang ada di lapangan sudah banyak meninggalkan lokasi. Bantuan yang ada semenjak awal terjadinya gempa pun sudah mulai menipis,” kata Azin Rahman, Program Manager Lombok Research Center.

Pemeriksaan kesehatan bagi lansia terdampak bencana gempa di Lombok

Kini, 90 keluarga di Dusun Leper telah menerima bantuan berupa peralatan tidur, peralatan mandi, makanan, hingga kebutuhan nutrisi balita dan peralatan khusus bagi perempuan. Tidak hanya itu, Tokopedia memberikan bantuan obat-obatan kepada para korban, terutama bagi kelompok lansia. Tim Lombok Research Center juga menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga, dikarenakan sulitnya akses warga untuk fasilitas kesehatan.

“Bantuan terutama kepada lansia dan perempuan seperti ini sangat membantu. Terimakasih sebesar-besarrnya kepada Tokopedia, Syailendra dan LRC yang sudah mau memperhatikan kami disini,” ungkap Kardi, Kepala Dusun Leper di Desa Gunung Malang.

Permainan ular tangga raksasa sebagai media pemulihan trauma anak pasca gempa di Lombok

64 orang anak-anak juga menunjukkan keceriaannya kembali lewat trauma healing yang mengundang komunitas cosplay superhero dari pemuda wilayah setempat. Bantuan ini masih sangat diperlukan oleh anak-anak, mengingat proses tumbuh kembang anak yang harus terus berlanjut.

“Kami sangat berterimakasih kepada masyarakat Indonesia, Tokopedia dan Syailendra Capital yang sudah memberikan keceriaan kepada anak-anak kami disini. Bantuan seperti ini masih sangat dibutuhkan setelah gempa bulan Agustus lalu,” ungkap Najamudin, Kepala Sekolah SD Negeri 4 Labuhan Lombok.

Kondisi bangunan sementara Sekolah Dasar Negeri 4 Labuhan Lombok Pasca Bencana Gempa

Hingga saat ini, anak-anak pun masih belajar di bangunan sekolah sementara yang beratap terpal. Oleh karena itu, Tokopedia berharap masyarakat Indonesia dapat memberikan bantuan dan tetap mendampingi pemulihan warga terdampak bencana di wilayah Lombok.

Bagikan Artikel