Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Bertualang di 18 Destinasi Obyek Wisata di Purwakarta
12 September 2019
Share icon
Share
Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: IHateGreenJello

Tempat Wisata di Purwakarta – Sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Barat, Purwakarta terkenal akan julukan sebagai Kota Pensiun. Nama ini sendiri disematkan pada Purwakarta karena suasananya yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kota besar sehingga menjadi destinasi yang sangat tepat untuk menenangkan diri dan beristirahat dari rutinitas.

Selain itu, Purwakarta juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang cukup menarik sehingga cocok dijadikan alternatif tujuan liburan selain Bandung ataupun kota-kota di Jawa Barat lainnya.

Tertarik menelusuri obyek-obyek wisata yang ada di Purwakarta? Simak rekomendasi destinasi wisata di Purwakarta terpopuler berikut:

Destinasi Tempat Wisata di Purwakarta

1. Curug Cipurut

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Detik

Berada di tengah kawasan Gunung Burangrang, destinasi tempat wisata di Purwakarta yang pertama ini menawarkan atmosfer segar nan asri yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Pada kawasan Curug Cipurut ini, Toppers bisa menemukan sekitar tiga buah bagian air terjun, dan salah satu yang tertinggi memiliki ketinggian mencapai 25 hingga 30 meter. Panorama eksotis dari tempat wisata di Purwakarta ini terkenal sebagai salah satu destinasi yang instagramable.

Namun,untuk bisa mencapai lokasi obyek wisata di Purwakarta ini, setidaknya Toppers harus menempus perjalanan sekitar 20 menit dari perkampungan terdekat. Melewati kawasan perkebunan teh nan hijau, tentu perjalanan dengan pemandangan asri menyejukkan ini takkan terasa melelahkan.

Lokasi: Kampung Cileungsing, Desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

2. Curug Tilu

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Liputan 6

Selain Curug Cipurut, ada pula Curug Tilu, destinasi wisata air terjun di Purwakarta yang memiliki pemandangan tak kalah menyegarkan. Berada dikawasan berbatuan khas pegunungan dengan tebing-tebing kokoh disekitarnya, obyek wisata di Purwakarta ini memberikan panorama eksotis yang menawan.

Lokasi: Desa Ciririp, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

3. Curug Suhada

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Fimela

Destinasi wisata air terjun di Purwakarta lainnya adalah Curug Suhada yang memiliki ketinggian mencapai 7 meter. Aliran air dari Curug Suhada ini relatif tenang sehingga wisatawan yang datang bisa dengan bebas main air di kawasan wisata ini.

Ditambah pemandangannya yang juga masih sangat asri, bermain air di Curug Suhada bisa menjadi alternatif liburan untuk menyegarkan kepenatan pikiranmu.

Lokasi: Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat

4. Gunung Lembu

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: BeritaSatu

UntukToppers yang memiliki hobi mendaki gunung, di Purwakarta terdapat Gunung Lembu yang bisa menjadi destinasi obyek wisata Purwakarta yang tepat untukmu. Dari puncak Gunung Lembu, Toppers tak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam dan juga matahari terbit, tetapi juga eksotisme dari Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Ketika malam tiba, Toppers juga bisa melihat cantiknya lampu-lampu yang menyinari desa-desa di sekitar kawasan obyek wisata Purwakarta ini.

Lokasi: Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

5. Gunung Parang

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Super Adventure

Setelah menaklukan Gunung Lembu, masih ada Gunung Parang yang tak kalah menantang. Selain menawarkan keindahan panorama alam Purwakarta dari ketinggian puncaknya, obyek wisata di Purwakarta ini juga terkenal sebagai salah tujuan favorit bagi pecinta olahraga ekstrim panjat tebing.

Lokasi: Desa Sukamulya, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

6. Gunung Bongkok

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Sinar Jabar

Berada tak jauh dari kedua wisata gunung sebelumnya, ada pula Gunung Bongkok yang merupakan gunung batu yang sangat eksotis dan tak kalah menarik dari obyek-obyek wisata Purwakarta sebelumnya.

Meskipun memiliki keindahan panorama yang sangat menawan, untuk bisa mencapai puncak dari tempat wisata di Purwakarta ini Toppers harus melewati perjalanan dan pendakian yang cukup sulit dan menantang. Jadi, pastikan kondisi fisik Toppers prima sebelum memustukan singgah ke Gunung Bongkok.

7. Waduk Jatiluhur

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Native Indonesia

Salah satu obyek wisata di Purwakarta yang sangat populer adalah Waduk Jatiluhur. Waduk buatan pertama yang ada di Indonesia ini dibangun pada 1957 sebagai irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, dan juga bahan baku air minum.

Namun, dengan pemandanagan sekitar yang sangat asri dan aktivitas pembudidayaan ikan, kini Waduk Jatiluhur menjelma menjadi salah destinasi tempat wisata alam yang menarik.

Berbagai aktivitas rekreasi bisa Toppers lakukan di obyek wisata Purwakarta satu ini, mulai dari berbagai aktivitas olahraga air, memancing, atau menelusuri keindahan kawasan ini dengan menggunakan perahu.

Lokasi: Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

8. Waduk Cirata

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Republika

Selanjutnya, ada pula Waduk Cirata yang bisa menjadi tujuan wisata di Purwakarta yang Toppers kunjungi. Dibuat dengan fungsi utama sebagai pembangkit listrik, namun pemandangan di waduk ini sangat indah dan kerap jadi buruan para pecinta fotografi.

Daya tarik lain dari tempat wisata di Purwakarta satu ini adalah ragam kuliner yang dijajakan di sepanjang jalan di tepi Waduk. Berwisata kuliner sembari menikmati pemandangan waduk bisa jadi pengalaman tersendiri yang Toppers dapatkan saat berlibur ke Purwakarta.

Lokasi: Desa Margalaksana, Cipeundeuy, Purwakarta, Jawa Barat

9. Bukit Katumbiri

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Tempat Wisata

Bagi Toppers yang tengah berburu spot berfoto yang instagramable, cobalah singgah ke Bukit Katumbiri. Destinasi tempat wisata di Purwakarta yang baru beroperasi sejak 2018 ini merupakan salah satu tujuan wisata kekinian yang tengah populer di Purwakarta.

Tak cuma menawarkan pemandangan alam yang menawan, ada banyak sekali dekorasi dan properti unik yang tersedia di kawasan wisata di Purwakarta ini yang bisa pastikan foto-foto yang Toppers ambil menjadi instagramable.

Lokasi: Bukit Katumbir, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Baca juga: Destinasi Objek Wisata Alam Kota Bandung yang Bikin Adem

10. Desa Sejuta Batu

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: IHateGreenJello

Dari namanya, Toppers pasti sudah bisa menebak apa daya tarik dari tempat wisata di Purwakarta satu ini. Ya, berkunjung ke Desa Sajuta Batu, Toppers akan disuguhkan pemandangan bukit-bukit batu dan kawasan bebatuan lainnya yang masih sangat dijaga keaslian dan keasriannya ini.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa Toppers lakukan saat berkunjung ke tempat wisata di Purwakarta satu inimulai dari rock climbing, berkembah, mendaki gunung, flying fox, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Lokasi: Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

11. Sumber Mata Air Panas Alami Ciracas

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Native Indonesia

Lelah bertualang di berbagai destinasi tempat wisata di Purwakarta? Istirahatkan dirimu dengan berendam di kolam pemandian air panas alami di Ciracas.

Tak cuma memberikan rasa hangat yang mampu menenangkan saraf-sarafmu, pemandangan di sekitar tempat wisata Purwakarta ini juga cukup indah dan mampu membantu menyegarkan pikiranmu.

Lokasi: Ciracas, Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat

12. Goa Jepang dan Goa Belanda

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Tribunnews

Selain berbagai destinasi tempat wisata alam, Purwakarta juga memiliki wisata sejarah yang tak kalah menarik, yakni goa peninggalan Jepang dan juga Belanda.

Kedua Goa ini dipercaya merupakan tempat para tentara Jepang dan Belanda menyimpan senjata-senjata serta tempat berkomunikasi dengan tentara lainnya menggunakan radio.

13. Mata Air Cijanun

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Sportourism

Destinasi wisata di Purwakarta lainnya yang bisa membantumu menyegarkan pikiran yang penat adalah Sumber Mata Air Cijanun yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit karena Toppers bisa bermain air dengan pemandangan alam perbukitan asri dan juga bebatuan eksotis yang indah.

Lokasi: Kampung Cijanun Lembangsari, Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

14. Bukit Panenjoan

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Jawa Pos

Masih belum puas berburu foto-foto instagramable di Purwakarta? Cobalah mampir ke Bukit Panenjoan yang berada di Kampung Cinangka. Di obyek wisata Purwakarta satu ini, Toppers bisa menjelajahi keindahan pemandangan perkebunan, hunung, perbukitan, waduk melalui jembatan bambu. Dengan pemandangan ini, tak heran banyak spot instagramable yang bisa Toppers temukan di sini.

Lokasi: Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

15. Giri Tirta Kahuripan

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Native Indonesia

Ingin merasakan sensasi berenang di atas awan? Suasana seperti itulah yang bisa ditemukan di obyek wisata Purwakarta selanjutnya ini. Giri Tirta Kahuripan merupakan sebuah resort yang dibangun di atas bukit dan memiliki sebuah kolam renang yang berbatasan langsung dengan tebing sehingga Toppers bisa berenang sembari melihat indahnya pemandangan Purwakarta dari ketinggian.

Lokasi: Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Purwakarta

16. Urban Farming Purwakarta

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Explore Indonesia

Jika Toppers berkunjung ke Purwakarta bersama keluarga, Urban Farming Purwakarta bisa menjadi destinasi wisata keluarga yang cukup menarik untuk Toppers telusuri. Kawasan yang berhiaskan arsitektur rumah-rumah petani ala Eropa yang dicat berwarna-warnii ini menyediakan banyak aktivitas rekreasi yang edukatif untukmu dan keluarga.

Lokasi: Benteng, Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

17. Sentra Keramik Plered

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Tribunnews

Bicara soal oleh-oleh saat liburan ke Purwakarta, kerajinan keramik dan gerabah adalah salah satu yang khas dari Purwakarta. Untuk melihat langsung berbagai hasil kerajinan tradisional ini, Toppers bisa mengunjungi langsung Sentra Keramik Plered di Desa Anjun. Disini Toppers bisa membeli langsung berbagai hasil kerajinan keramik yang telah memiliki kualitas ekspor.

Lokasi: Jl. Raya Anjun-Plered-Purwakarta, Anjun, Kec. Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

18. Kuburan Kereta Api Stasiun Purwakarta

Destinasi tempat wisata di Purwakarta
Sumber gambar: Tribunnews

Rekomendasi tempat wisata di Purwakarta selanjutnya ini terbilang sangat unik. Berlokasi tepat di kawasan stasiun Purwakarta,Toppers bisa menemukan tempat penampungan gerbong kereta yang telah tak beroperasi.

Kawasan yang kini dikenal dengan nama Kuburan Kereta Api ini menjadi salah satu tujuan berburu foto-foto artsy dan kekinian yang diburu banyak wisatawan.

Lokasi: Stasiun Purwakarta, Nagri Tengah, Purwakarta, Jawa Barat

Baca juga: Menyusuri 9 Pemandangan Jalur Kereta Api Terindah di Nusantara

Dengan beragam destinasi wisata di Purwakarta tersebut, tak heran bukan Purwakarta menjadi tujuan liburan favorit. Tempat wisata di Purwakarta mana yang jadi pilihan favoritmu?

Agar rencana liburan ke Purwakarta jadi lebih mudah, gunakan Aplikasi Tokopedia untuk penuhi segala kebutuhan traveling Toppers! Pesan tiket kereta, tiket pesawat, tiket hiburan, hingga booking hotel bisa dilakukan dengan mudah cukup lewat satu aplikasi saja!

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia