• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Jangan Tertukar, Ini Dia Tipe-tipe Charger untuk HP

12 December 2023

Share

Jangan Tertukar, Ini Dia Tipe-tipe Charger untuk HP

Berikut jenis-jenis charger HP dengan fungsi dan bentuk yang berbeda, mulai dari kabel USB Type-A, USB Type-C, sampai wireless. Mana yang cocok untuk hp kamu? Cek selengkapnya di sini!


Kini, smartphone ibarat sahabat digital yang selalu ada di genggaman. Dari pagi sampai malam, perangkat ini menemani kita bekerja, belajar, bergaul, hingga bersenang-senang. Tapi seperti sahabat sejati, hp juga butuh dirawat dan diperhatikan, salah satunya dengan memastikan baterai mereka tetap terisi.

Nah, biar smartphone kamu nggak tiba-tiba kehabisan baterai, sudah menjadi sebuah keharusan bagi kamu untuk punya charger yang tepat. Tapi dengan banyaknya tipe charger yang beredar di pasaran, kamu mungkin bingung mana yang cocok buat smartphone kamu.

Baca Juga:

Jangan khawatir, kamu bisa membaca panduan lengkap tentang berbagai tipe charger HP yang ada. So, simak baik-baik ya, Toppers!

Tipe-tipe Charger HP

1. Konektor Charger

tipe kabel charger hp

Sumber Gambar: Freepik

Bagian pertama yang wajib kamu perhatikan adalah konektor charger. Ini adalah bagian yang terhubung dengan port di smartphone kamu. Ada beberapa jenis konektor yang umum digunakan:


A. USB Type-A


kabel usb type a

Sumber Gambar: Tokopedia

Konektor berbentuk persegi panjang ini mungkin tipe yang paling sering kamu temui. Biasanya digunakan untuk laptop, power bank, dan beberapa smartphone lawas.


B. USB Type-C


kabel usb type c

Sumber Gambar: Tokopedia

Selain Type-A, Type-C menjadi salah satu konektor charger yang kini umum digunakan pada smartphone-smartphone dari segmen mana pun. Bentuknya ramping, dengan konektor 24 pin yang bisa dibolak-balik sehingga kamu bebas menggunakannya dari sisi mana pun. USB Type-C juga semakin populer karena kepraktisannya dan dukungan fast charging.


C. Konektor Lightning


kabel lightning iphone

Sumber Gambar: Tokopedia

Sedangkan jenis yang satu ini, bentuknya lebih kecil dan lebih pipih dengan konektor 30 pin. Kabel ini mungkin tidak bisa sembarangan digunakan karena dibuat secara eksklusif untuk iPhone dan beberapa perangkat Apple lainnya untuk mengisi daya atau transfer data.


D. Micro USB


kabel micro usb

Sumber Gambar: Tokopedia

Meski semakin banyak perangkat yang beralih ke port USB-C, kabel Micro USB masih tetap relevan. Perangkat lama yang masih menggunakan port ini masih banyak digunakan, dan keterjangkauannya menjadi faktor penting.

Baca Juga: Daftar HP Vivo Terbaru Serta Spesifikasi & Harganya

Selain itu, kabel Micro USB juga cocok untuk kebutuhan sehari-hari. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah dibawa-bawa, dan fungsinya yang universal membuatnya kompatibel dengan berbagai perangkat.

2. Output Charger

fast charging

Sumber Gambar: Unsplash

Output charger ini ibarat aliran listrik yang masuk ke smartphone kamu. Semakin besar output-nya, semakin cepat pula daya yang diterima. Ada beberapa istilah yang perlu kamu ketahui:

Ampere (A)

Ini adalah satuan dasar untuk arus listrik. Umumnya, smartphone membutuhkan charger dengan output minimal 1A.

Fast Charging

Teknologi yang bikin smartphone kamu terisi lebih cepat. Biasanya charger dengan output 2A atau lebih sudah mendukung fitur ini.

Quick Charge

Teknologi fast charging khusus dari Qualcomm. Output charger satu ini bahkan sudah mampu mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit, lho!

Sesuaikan output charger dengan kebutuhan smartphone kamu. Kalau kamu sering bepergian dan butuh kecepatan charging, pilih charger dengan output yang lebih besar.

3. Fitur Tambahan

power bank

Sumber Gambar: Unsplash

Zaman sekarang, charger nggak cuma soal charging doang! Ada beberapa fitur tambahan yang bisa bikin pengalaman kamu lebih nyaman:

Multi-port

Si multifungsi yang punya banyak port USB. Sesuai namanya, multi-port bisa charging beberapa perangkat sekaligus, jadi nggak perlu nunggu antrian!

Wireless Charging

Nggak perlu ribet dengan kabel lagi! Cukup letakkan smartphone kamu di charging pad dan secara otomatis terisi daya. Wireless charging cocok banget buat kamu yang suka traveling.

Tak Kalah Menarik:

Power Bank

Si penyelamat saat baterai low di tempat yang nggak ada colokan. Power bank bisa menyimpan daya dan digunakan untuk mengisi daya smartphone kamu kapan saja.

Nah, dari keempat fitur atau perangkat tambahan di atas, kamu bisa pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup kamu.

Tips Memilih Charger HP

iphone dengan kabel charger

Sumber Gambar: Unsplash

Nah, biar nggak salah pilih charger, kamu bisa mengikuti tips berikut:

  • Kompatibilitas: Pastikan charger tersebut kompatibel dengan smartphone kamu. Konektor, output, dan fitur harus sesuai.
  • Kebutuhan daya: Sesuaikan output charger dengan kebutuhan smartphone kamu.
  • Fitur: Pilih fitur tambahan yang sesuai dengan gaya hidup kamu.
  • Kualitas: Beli charger dari brand ternama yang terpercaya.
  • Harga: Sesuaikan harga charger dengan budget kamu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan tentang tipe-tipe charger HP secara lengkap? Dengan memahami jenis-jenisnya, kamu bisa memilih charger yang tepat dan optimal untuk smartphone kamu. Semua tipe pengisi daya di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah di Tokopedia. Jangan lewatkan pula promo hari ini atau Super Gadget Day supaya kamu bisa membeli gadget atau aksesorisnya dengan harga yang terhemat!

© 2009-2024, PT Tokopedia